Tema 3 Subtema 2 Pb 3 Tanggal 20 September 2019
Upaya masyarakat dalam pembangunan
sosial
3.2 menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
indonesia.
Setiap hari masyarkat melakukan berbagai aktivitas sosial maupun
ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Semua aktivitas yang
menggabungkan aspek sosial dan ekonomi dengan tujuan meningkatkan taraf hidup
atau kesejahteraan sosial disebit dengan pembangunan sosial. Kesejahteraan
sosial meliputi kebutuhan material dan kebutuhan spiritual yang terpenuhi.
Dengan terpenuhinya kebutuhan material dan spiritual,memungkinkan masyarakat
untuk mengembangkan diri. Berikut contoh aktivitas manusia dalam upaya
pembangunan sosial.
- Kegiatan penyuluhan kesehatan
- Kegiatan koperasi
- Kegiatan ekonomi di pasar
Aktivitas
Masyarakat dalam pembagunan sosial
Salah satu
aktivitas masyarakat dalam pembangunan sosial adalah kegiatan ekonomi di pasar.
Pasar merupakan tempat terjadinya jual beli
Berikut ini
adalah pelaku kegiatan ekonomi dan jenis aktivitasnya.
Keragaman adat istiadat di Indonesia
3.3 menelaah
keragaman sosial budaya masyarakat
Adat
istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sudah berlangsung lama di masyarakat.
Adat istiadat bertujuan untuk mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut.
Adat istiadat antarkelompok masyarakat ada yang sama ada yang berbeda. Misalnya
adat istiaadt masyarakat oasing di banyuwangi merupakan perpaduan antara budaya
jawa, madura, dan bali. Sementara adat istiadat masyarakat Jawa timur dan Jawa
tengah banyak memiliki kesamaan.
Berikut ini
adalah beberapa contoh pelaksanaan adat istiadat di beberapa daerah
Menentukan
isi pesan pada iklan media cetak
3.4
menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau
elektronik.
Menyusun
teks iklan nonkomersi tidak boleh bertentangan dengan nilai sosial dan budaya.
Salah satu jenis iklan nonkomersil adalah iklan layanan masyarakat. Teks iklan
ini berisi ajakan, pesan soial, dan imbauan kepada masyarakat untuk menjalani
atau mencapai kondisi hidup yang lebih bai dan meningkatkan kepedulian
masyarakat terhadap isu sosial yang dimuat di dalam iklan tersebut.
Iklan berisi
pemberitahuan kepada masyarakat. Iklan mengandung pesan yang ingin disampaikan
pembuat iklan kepada masyarakat. Isi iklan bisa berupa penawaran barang atau
jasa. Isi iklan juga bisa berupa informasi kepada masyarakat untuk melakukan
sesuatu.
Perhatikanlah
gambar iklan di atas.
Kita bisa
menentukan isi pesan menyimak contoh iklan di atas. Isi pesan iklan dapat
ditentukan berdasarkan gambar, kalimat, dan bahasa yang digunakan. Kita bisa
menentukan isi pesan pada iklan seperti contoh berikut :
Perbedaan
bahasa iklan media cetak dengan bahasa sehari-hari adalah.
Berikut ini
adalah perbedaan bahasa pada iklan media cetak dengan bahasa sehari-hari.
No comments:
Post a Comment
see you