Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Tema 5 Subtema 2 Pb 1 tanggal 18 November 2019
3.7 menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
hubungan saling makan dan dimakan antara makhluk hidup disebut rantai makanan
rantai mkanan terdapat dalam suatu ekosistem
rantai makanan pada ekosistem sawah ditunjukkan oleh gambar di bawah ini
3.5 menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
dalam rantai makanan terdapat produsen, konsumen, dan pengurai. Produsen merupakan tumbuhan yang mampu membuat makanan sendirimelalui proses fotosintesis. konsumen tingkat I merupakan hewan pemakan tumbuhan (hebivora). konsumen tingkat II merupkan hewan pemkan konsumen tingkat I, konsumen tingkt III merupkan hewan pemakan konsumen tingkat II. konsumen tingkat III mati tubuhnya akan mmbusuk . Pada proses pembusukan tubuhnya akan diurai oleh organisme misalnya bakteri dan jamur. hubungan antara produsen, konsumen dan pengurai digambarkan seperti pada bagan di atas
skala adalah perbandingan peta dengan jarak sebenarnya
s = Jp/ Js
s skala dengan satuan 1: ............ artinya setiap satu cm mewakili ..... cm jarak sebenarnya
Jp jarak peta satuannya cm
Js Jarak sebenarnya Km atau m
contoh soal
Tema 5 Subtema 2 Pb 1 tanggal 18 November 2019
3.7 menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
hubungan saling makan dan dimakan antara makhluk hidup disebut rantai makanan
rantai mkanan terdapat dalam suatu ekosistem
rantai makanan pada ekosistem sawah ditunjukkan oleh gambar di bawah ini
Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh
ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang
mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur
dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama
rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan
lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada,
akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai
makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada
jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua,
dan seterusnya.
Ada satu lagi komponen yang berperan
besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang
menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan
yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah.
Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.
Ayo Mencoba
Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.
Ayo Mencoba
Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.
Paragraf
|
Pokok
Pikiran
|
1
|
Rantai
makanan di sawah
|
2
|
Fitoplankton
produsen makanan
|
3
|
Urutan
peristiwa memakan dan dimakan
|
4
|
Peran
pengurai dalam rantai makanan
|
3.5 menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
dalam rantai makanan terdapat produsen, konsumen, dan pengurai. Produsen merupakan tumbuhan yang mampu membuat makanan sendirimelalui proses fotosintesis. konsumen tingkat I merupakan hewan pemakan tumbuhan (hebivora). konsumen tingkat II merupkan hewan pemkan konsumen tingkat I, konsumen tingkt III merupkan hewan pemakan konsumen tingkat II. konsumen tingkat III mati tubuhnya akan mmbusuk . Pada proses pembusukan tubuhnya akan diurai oleh organisme misalnya bakteri dan jamur. hubungan antara produsen, konsumen dan pengurai digambarkan seperti pada bagan di atas
skala adalah perbandingan peta dengan jarak sebenarnya
s = Jp/ Js
s skala dengan satuan 1: ............ artinya setiap satu cm mewakili ..... cm jarak sebenarnya
Jp jarak peta satuannya cm
Js Jarak sebenarnya Km atau m
contoh soal
1.
Rumah Ani dengan sekolahnya memiliki jarak 400 m. Apabila
jarak rumah Ani dengan sekolah digambar 10 cm pada denah. Maka berapakah nilai
skala denahnya?
2.
Rumah Dina dan sekolahnya memiliki jarak 420 m.
Kemudian Dina membuat denah rumahnya menuju sekolah. Apabila panjang jalan
rumah Dina kesekolah pada denah 21 cm. Berapakah skala yang digunakan Dina?
3.
Kota A dengan kota B memiliki jarak 85 km. Apabila jarak kota
A dengan kota B digambar dengan skala 1 : 1.000.000 pada peta. Maka jarak
petanya ialah ... cm.
4.
Kota X dan kota Y memiliki jarak 90 km. Apabila jarak kota X
dengan kota Y digambar dengan skala 1 : 1.000.000 pada peta. Maka jarak petanya
ialah ... cm.
5.
Sebuah peta memiliki nilai skala 1 : 1.250.000. Apabila
jarak antara dua kota dalam peta ialah 10 cm. Maka jarak sebenarnya antara dua
kota ialah ... km.
6.
Kota P dengan kota Q memiliki jarak pada peta 25 cm. Apabila
skala yang digunakan ialah 1 : 650.000. Maka jarak sebenarnya antara kota P dan
kota Q adalah ... km
7.
Sebuah sekolah Prima Jaya akan membangun lapangan basket yang
berbentuk persegi panjang. Untuk panjang dan lebar lapangannya berturut turut
30 dan 25 cm. Apabila besar skala denah 1 : 90, maka luas lapangan basket yang
akan dibangun ialah ... m².
No comments:
Post a Comment
see you