TEMA 6 :
Panas dan Perpindahannya
SUB 3 :
Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Pembelajaran : 2
Hari / tanggal : Kamis, 23 Januari 2020
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari
media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 menyebutkan kata kunci dari teks
penjelasan secara tepat.
|
4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.3.1 menyajikan hasil kesimpulan isi teks
penjelasan secara mandiri.
|
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1 menjelaskan benda-benda yang dapat
bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara tepat.
|
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang
perpindahan kalor.
|
4.6.1 Melaporkan hasil benda-benda yang dapat
bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara tepat.
|
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Memahami gambar cerita.
|
3.1.1 mengidentifikasi ciri-ciri gambar cerita
secara tepat.
|
4.1 Membuat gambar cerita.
|
4.1.1 Membuat gambar cerita secara tepat.
|
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya.Termos
memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat
digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap
saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda
yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis.Benda
ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat
menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula.Dengan dinding dalam
termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas
tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.Panas yang dikeluarkan oleh air
panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan
mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa
saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya
digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin
agar tetap dingin.
Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James
Dewar.Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya
tetap hangat.Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat
merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin
seperti di Eropa.
Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat
botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding
ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk
mencegah agar panas tidak menjalar.Sementara dinding sebelah dalam botol
tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas.Botol hampa udara itulah
yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos.Botol hampa udara buatan
James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di
Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting
dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan
isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan
yang tepat.
Jawab:
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya.Termos
adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung.Pencipta termos pertama kali
pada tahun 1902 adalah James Dewar. James Dewar menemukan cara membuat botol
hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa
udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu
Pengetahuan, di London.
Jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada anggota kelompok yang
telah dibentuk. Apakah kamu menemukan sesuatu yang menarik setelah kamu
mendengarkan penjelasan dari teman-temanmu yang lain? Apakah kamu memiliki
pemahaman yang sama tentang isi bacaan tersebut?
Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan
jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!
1. Apakah fungsi sebuah termos? Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu? Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.
Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu
tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali,
apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama
dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan
sifat benda sebagai konduktor atau isolator.Benda apakah itu?
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat
ini.Selimut memerangkap udara.Udara adalah isolator, sehingga tidak
menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.Dengan demikian, badanmu tetap
terasa hangat.
Terbuat dari apakah panci?Panci terbuat dari bahan logam,
misalnya aluminium.Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan
menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari
plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika
memegangnya.
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat
menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang
ideal.Karena itu, mesin dibuat dari bahan konduktor sebagai penghantar
panas.Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor
dan isolator.Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai
penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Mengamati
Amatilah
benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu.Gunakan tabel berikut untuk
mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah
kesimpulannya!
Nama
Benda/Alat di
Sekolah
|
Sifat
Hantaran
|
Kegunaan
|
Bel
Listrik
|
Konduktor
|
Penanada
waktu masuk atau istirahat
|
Sarung
tangan
|
Isolator
|
Menjaga
tangan tetap hangat
|
Thermos
Es
|
Isolator
|
Menjaga
es tidak mencair
|
Jaket
|
Isolator
|
Menjaga
badan tetap hangat
|
Solder
|
Konduktor
|
Menyambung/memasang
komponen elektronik
|
Nama
Benda/Alat di
Rumah
|
Sifat
Hantaran
|
Kegunaan
|
Setrika
|
Konduktor
|
Merapikan
baju
|
Panci
|
Konduktor
|
Memasak
dan merebus air
|
Thermos
|
Isolator
|
Menjaga
air tetap panas
|
Spatula
|
Isolator
|
Mengambil
masakan dari wajan
|
Selimut
|
Isolator
|
Menjaga
badan tetap hangat
|
Presentasikan hasil pengamatanmu di dalam kelompok.Lalu,
amatilah hasil pengamatan teman-teman pada kelompok.Catatlah hal menarik yang
disampaikan teman-temanmu untuk memperkaya pengetahuanmu.
Kesimpulan :
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain
melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
No comments:
Post a Comment
see you