Monday, March 23, 2020

Tema 8 subtema 3 Pb 5

Assalamualaikum wrwb. semoga kita selalu sehat ya, aamin. tetap stay di rumah, jangan berada di kerumunan, cuci tangan, dan pergunakan waktumu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk memutus berkembangya rantai Covid-19.
semangat home learning day 5. Biasakan Untuk membaca sampai selesai ya. 

Senin, 23 Maret 2020

Pembelajar 5 subtema 3 Tema 8

Mengetahui tingkat pemborosan air
3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup

Keberadaan air sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menggunakan air dengan boros. Kamu juga tidak boleh membuang-buang air hanya sekadar untuk bermain.
Untuk mengetahui tingkat pemborosan air dapat dilakukan dengan percobaan sederhana
Percobaan sederhana tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·         sediakan satu buah botol berukuran 300 ml
·         kemudian buatlah lubang kecil menggunakan paku pada botol bekas. Selanjutnya letakkan sebuah gelas di bawah lubang pada botol bekar tersebut. 
·         Tuangkan air pada botol sampai penuh. Catat waktu yang diperlukan tetesan air dari botol bekas untuk memenuhi gelas.

Percobaan ini bisa dicoba langsung dirumah ya, belajar sambil bermain

Laporan kegiatan percobaan

Nama Percobaan: Tingkat pemborosan air
Tujuan Percobaan: mengetahui tingkat pemborosan air
Alat dan Bahan:
1. Gelas                                              1 buah
2. Paku kecil                                      1 buah
3. Botol berukuran 300 ml                 1 buah
4 Air                                                   300 ml
Langkah percobaan :
1. Membuat lubang kecil pada botol bekas
2. Meletakkan gelas di bawah lubang botol bekas untuk menampung air yag menetes
3.Menuangkan air kedalam botol bekas
4. Mencatat waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.

Hasil percobaan:
Gelas terisi penuh tetesan air dalam waktu 30 menit

Kesimpulan:
Dengan kebocoran berupa tetesan air, air akan terbuangsia-sia hingga 300 ml setiap 30 menit. Air yang terbuang dalam satu hari dapat mencapai 14 liter. Inilah yang disebut dengan pemborosan air.

Cara memelihara ketersediaan air bersih
Air sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita menggunakan air untuk mandi, mencuci, dan memasak. Meskipun air selalu tersedia di alam, kita harus menggunakan air secara bijaksana. Jika kita menggunakan air secara boros, cadangan air tanah kan menipis. Lama kelamaan, kita akan kekurangan air bersih. Selain itu perilaku boros air juga mengakibatkan naiknya biaya untuk membayar listrik maupun tagihan PDAM.

Latihan soal IPA
1. Tuliskan persyaratan air secara fisik, secara kimiawi, dan secara mikrobiologi. Tuliskan dalam bentuk peta konsep!
2. Tuliskan 5 contoh kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan terganggunya siklus air!

Cara memelihara Ketersediaan Air Bersih
3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi

Masalah kekurangan air bersih banyak disebabkan populasi penduduk yang meningkat sehingga kebutuhan air semakin bertambah. Belum lagi perubahan iklim ektrem dan pemanasan global serta gaya hidup yang tidak ramah lingkungan
Oleh karena itu sangat diperlukan pelestarian air bersih agar tidak terjadi krisi air bersih. Beberapa upaya  memelihara ketersediaan air bersih dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Menjaga kebersihan lingkungan sehingga air di lingkungan sekitar kita tidak tercemar oleh limbah yang dapat menurunkan kualitas air bersih.
2. Menggunakan air seperlunya pada saat mandi dan menggosok gigi.
3.Saat mencuci piring dan gelas, isi penuh panci untuk membilas dengan air. Membilas sisa sabun atau detergen di dalam panci lebih hemat air dibandingkan menggunakan air yang mengalir dari kran
4.Periksa saluran pipa air apakah ada yang bocor. Jika ada maka segera diperbaiki, jangn biarkan terlalu lama karena setiap tetesan air akan terbuang percuma.
5.Tampung semetara air sisa cucian saat mencuci sayuran. Air buangan ini dapat dipakai untuk kebutuhan yang lain seperti untuk menyiram tanaman
6. Membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar dan sumber-sumber air bersih yang ada.
7. Mencegah adanya penebangan pohon secara liardan mengadakan reboisasi pada hutan yang gundul. Sehingga hujan yang turun dapat meresap ke dalam tanah sehingga ketersediaan air tetap terjaga


Tugas Bahasa Indonesia
Bacalah tek berikut dengan seksama!

Emas Biru itu Mulai Langka
Seperti udara, air begitu melimpah di muka bumi ini. Namun, keduanya bernasib sama, yaitu terabaikan. Di banyak tempat apalagi diperkotaan, sungguh sulit mnemukan air berkualitas baik. Sumber kehidupan ini telah banyak yang tercemari oleh sampah organik dan zat beracun, hingga akhirnya berbalik menjadi sumber kematian.
Air tawar sesungguhnya memang amat penting artinya, karena air tawar digunakan oleh makhluk hidup di muka bumi ini. Orang baru melihat betapa berharganya Emas Biru ini ketika jiwanya terancam saat terajadi kemarau panjangkarena air dipermukaan hingga di bawah tanah dn lahan pertanian pun kering kerontang. Nyatanya, kekeringan yang disusul bencana kelaparan mulai kerap terjadi dan kian meluas ke berbagai wilayah di dunia, tak terkecuali di negeri ini.
Saat ini penggunaan air di dunia naik dua kali lipat lebih dibandingkan dengan seabad silam. Namun ketersediannya justru menurun. Akibatnya, terjadi kelangkaaan air yang harus ditanggung oleh lebih dari 40% penduduk bumi. Kondisi ini akan kian parah menjelang tahun 2025 karena 1,8 miliar orang akan tinggal dikawasan yang mengalami kelangkaan air secara absolut.
Kekuragan air telah berdampak negatif terhadap semua sektor, termasuk kesehatan. Tanpa akses air minum yang higienis mengakibatkan 3800 anak meninggal tiap hari oleh penyakit.

Setelah membaca teks di atas Tuliskan informasi penting yang kalian temukan dalam bentuk peta pikiran
Seperti berikut ini !

 


                                                                                                                                                                                                                  
C. Langkah-Langkah membuat gambar cerita
3. 1 Memahami gambar cerita

1. Persiapan alat dan Bahan 
Menyiapkan bahan  dan alat untuk menggambar. Beberapa alat dn bahan menggambar dengan teknik kering, antara lain pensil berukuran 2B sampai 6B, pulpen atau spidol, krayon atau bahn lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Beberapa bahan dan alat menggambar dengan teknik basah antara ;ain cat air, tinta atau media lain yang memerlukan air sebagai pngencer, berbagai jenis kuas, dan palet cair air.
2. Menentukan tema
Menentukan tema cerita yang akan di buat.pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain. Tema berkaitan erat dengan objek gambar. Objek gambar bisa berupa benda mati maupun benda hidup.
3. Pembuatan sketsa
Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa. Sketsa hendaknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.langkah membuat sketsa sangat berpengaruh bagi tahap-tahap menggambar selanjutnya.
4. Penyelesaian gambar
Dari beberapa gambar sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang terbaik kemudian disempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menmbah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.

Latihan tematik SBdP
Buatlah gambar cerita yang bertemakan tentang menjaga ketersediaan air bersih bagi lingkungan
tugas dikumpulkan pada saat sudah masuk pembelajaran di sekolah senin 30 Maret 2020


Pembelajaran Matematika 
Menyajikan data dalam bentuk Diagram gambar (piktogram)

Alya dan teman-temannya hampir setiap hari mengujungi perpustakaan. Mereka belajar bersama di perpustakaan. Perpustakaan sekolah Alya menyediakan fasilitas meja dan kursi untuk belajar siswa. Setiap hari siswa memiliki kesempatan untuk meminjam buku di sana.
Berikut ini data peminjaman buku di perpustakaan.
Hari Senin sebanyak 25 siswa
Hari Selasa sebanyak 20 siswa
Hari Rabu sebanyak 30 siswa
Hari Kamis sebanyak 15 siswa
Hari Jumat sebanyak 10 siswa
Hari Sabtu sebanyak 45 siswa

Data di atas dapat disajikan dalam  bentuk diagram gambar Piktogram. Diagram gambar data diwakili oleh gambar sehingga nampak menarik
Data di atas dapat di sajikan dalam tabel berikut ini 

Contoh
Perhatikan tabel di bawah ini
Tabel Jumlah siswa di SD Nusantara 02.
Kelas
Putra
Putri
I
25
20
II
15
35
III
20
20
IV
30
10
V
20
20
VI
25
25

Buatlah data pada tabel di atas dalam bentuk diagram gambar (piktogram)
Kesimpulan:

Data yang sudah kita peroleh dapat kita simbolkan dengan gambar. setiap satu gambar dapat mewakili beberapa data. misalkan 1 gambar dapat mewakiti 5 gambar,  1 gambar dapat mewakili 10  gambar.
Mari kita berlatih 

Latihan Matematika:

1. Perhatikan soal di bawah ini 
2. Berikut ini adalah data pembeli di kantin sekolah selama 1 minggu
Hari
Hasil Yang dicapai
Senin
70
Selasa
80
Rabu
60
Kamis
50
Jumat
90
Sabtu
70
Buatlah diagram gambar (piktogram) dari data di atas!

3. Data Jumlah mobil di desa Karang Anyar Lampung Selatan dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut.
a.Tahun 2011 sebanyak 5.000 mobil
b.Tahun 2012 sebanyak 6.500 mobil
c.Tahun 2013 sebanyak 9.000 mobil
d.Tahun 2014 sebanyak 10.000 mobil
e.Tahun 2015 sebanyak 11.000 mobil
Gambarkan data tersebut dalam bentuk piktogram

4. Buatlah diagram gambar dari data berikut
Penjualan bunga hias pada bulan Februari 2020 “Toko Bunga Rose Florist”
Jenis Bunga
Mawar
Melati
Asoka
Jumlah (batang)
200
250
150



Selamat mengerjakan 

No comments:

Post a Comment

see you