Assalamualaikum wrwb. semoga kita selalu sehat ya, aamin. tetap stay di rumah, jangan berada di kerumunan, cuci tangan, dan pergunakan waktumu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk memutus berkembangya rantai Covid-19.
semangat home learning day 5. Biasakan Untuk membaca sampai selesai ya.
Senin, 23 Maret 2020
Pembelajar 5 subtema 3 Tema 8
semangat home learning day 5. Biasakan Untuk membaca sampai selesai ya.
Senin, 23 Maret 2020
Pembelajar 5 subtema 3 Tema 8
Mengetahui tingkat pemborosan air
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
makhluk hidup
Keberadaan
air sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kamu tidak
boleh menggunakan air dengan boros. Kamu juga tidak boleh membuang-buang air
hanya sekadar untuk bermain.
Untuk
mengetahui tingkat pemborosan air dapat dilakukan dengan percobaan sederhana
Percobaan
sederhana tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·
sediakan satu buah botol berukuran 300 ml
·
kemudian buatlah lubang kecil menggunakan paku
pada botol bekas. Selanjutnya letakkan sebuah gelas di bawah lubang pada botol
bekar tersebut.
·
Tuangkan air pada botol sampai penuh. Catat
waktu yang diperlukan tetesan air dari botol bekas untuk memenuhi gelas.
Percobaan
ini bisa dicoba langsung dirumah ya, belajar sambil bermain
Laporan
kegiatan percobaan
Nama
Percobaan: Tingkat pemborosan air
Tujuan
Percobaan: mengetahui tingkat pemborosan air
Alat dan
Bahan:
1. Gelas 1
buah
2. Paku kecil 1
buah
3. Botol berukuran 300 ml 1 buah
4 Air 300
ml
Langkah
percobaan :
1. Membuat lubang kecil pada botol bekas
2. Meletakkan gelas di bawah lubang botol bekas
untuk menampung air yag menetes
3.Menuangkan air kedalam botol bekas
4. Mencatat waktu yang diperlukan oleh tetesan air
untuk memenuhi gelas tersebut.
Hasil
percobaan:
Gelas terisi
penuh tetesan air dalam waktu 30 menit
Kesimpulan:
Dengan
kebocoran berupa tetesan air, air akan terbuangsia-sia hingga 300 ml setiap 30
menit. Air yang terbuang dalam satu hari dapat mencapai 14 liter. Inilah yang
disebut dengan pemborosan air.
Cara
memelihara ketersediaan air bersih
Air sering
kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita menggunakan air untuk mandi,
mencuci, dan memasak. Meskipun air selalu tersedia di alam, kita harus
menggunakan air secara bijaksana. Jika kita menggunakan air secara boros,
cadangan air tanah kan menipis. Lama kelamaan, kita akan kekurangan air bersih.
Selain itu perilaku boros air juga mengakibatkan naiknya biaya untuk membayar
listrik maupun tagihan PDAM.
Latihan soal
IPA
1. Tuliskan persyaratan air secara fisik, secara
kimiawi, dan secara mikrobiologi. Tuliskan dalam bentuk peta konsep!
2. Tuliskan 5 contoh kegiatan manusia yang dapat
mengakibatkan terganggunya siklus air!
Cara
memelihara Ketersediaan Air Bersih
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
Masalah
kekurangan air bersih banyak disebabkan populasi penduduk yang meningkat
sehingga kebutuhan air semakin bertambah. Belum lagi perubahan iklim ektrem dan
pemanasan global serta gaya hidup yang tidak ramah lingkungan
Oleh karena
itu sangat diperlukan pelestarian air bersih agar tidak terjadi krisi air
bersih. Beberapa upaya memelihara
ketersediaan air bersih dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Menjaga kebersihan lingkungan sehingga air di
lingkungan sekitar kita tidak tercemar oleh limbah yang dapat menurunkan
kualitas air bersih.
2. Menggunakan air seperlunya pada saat mandi dan
menggosok gigi.
3.Saat mencuci piring dan gelas, isi penuh panci
untuk membilas dengan air. Membilas sisa sabun atau detergen di dalam panci
lebih hemat air dibandingkan menggunakan air yang mengalir dari kran
4.Periksa saluran pipa air apakah ada yang bocor.
Jika ada maka segera diperbaiki, jangn biarkan terlalu lama karena setiap tetesan
air akan terbuang percuma.
5.Tampung semetara air sisa cucian saat mencuci
sayuran. Air buangan ini dapat dipakai untuk kebutuhan yang lain seperti untuk
menyiram tanaman
6. Membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak
mencemari lingkungan sekitar dan sumber-sumber air bersih yang ada.
7. Mencegah adanya penebangan pohon secara liardan
mengadakan reboisasi pada hutan yang gundul. Sehingga hujan yang turun dapat
meresap ke dalam tanah sehingga ketersediaan air tetap terjaga
Tugas Bahasa
Indonesia
Bacalah tek
berikut dengan seksama!
Emas Biru itu Mulai Langka
Seperti udara, air begitu
melimpah di muka bumi ini. Namun, keduanya bernasib sama, yaitu terabaikan. Di
banyak tempat apalagi diperkotaan, sungguh sulit mnemukan air berkualitas baik.
Sumber kehidupan ini telah banyak yang tercemari oleh sampah organik dan zat
beracun, hingga akhirnya berbalik menjadi sumber kematian.
Air tawar sesungguhnya memang
amat penting artinya, karena air tawar digunakan oleh makhluk hidup di muka
bumi ini. Orang baru melihat betapa berharganya Emas Biru ini ketika jiwanya
terancam saat terajadi kemarau panjangkarena air dipermukaan hingga di bawah
tanah dn lahan pertanian pun kering kerontang. Nyatanya, kekeringan yang
disusul bencana kelaparan mulai kerap terjadi dan kian meluas ke berbagai
wilayah di dunia, tak terkecuali di negeri ini.
Saat ini penggunaan air di dunia
naik dua kali lipat lebih dibandingkan dengan seabad silam. Namun
ketersediannya justru menurun. Akibatnya, terjadi kelangkaaan air yang harus
ditanggung oleh lebih dari 40% penduduk bumi. Kondisi ini akan kian parah
menjelang tahun 2025 karena 1,8 miliar orang akan tinggal dikawasan yang
mengalami kelangkaan air secara absolut.
Kekuragan air telah berdampak negatif terhadap
semua sektor, termasuk kesehatan. Tanpa akses air minum yang higienis
mengakibatkan 3800 anak meninggal tiap hari oleh penyakit.
Setelah membaca teks di atas Tuliskan informasi
penting yang kalian temukan dalam bentuk peta pikiran
Seperti berikut ini !
C. Langkah-Langkah membuat gambar
cerita
3. 1 Memahami gambar cerita
1. Persiapan
alat dan Bahan
Menyiapkan
bahan dan alat untuk menggambar.
Beberapa alat dn bahan menggambar dengan teknik kering, antara lain pensil
berukuran 2B sampai 6B, pulpen atau spidol, krayon atau bahn lain yang tidak
memerlukan air atau minyak. Beberapa bahan dan alat menggambar dengan teknik
basah antara ;ain cat air, tinta atau media lain yang memerlukan air sebagai
pngencer, berbagai jenis kuas, dan palet cair air.
2. Menentukan
tema
Menentukan tema
cerita yang akan di buat.pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan
dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau
pengalaman diri sendiri dan orang lain. Tema berkaitan erat dengan objek gambar.
Objek gambar bisa berupa benda mati maupun benda hidup.
3. Pembuatan
sketsa
Setelah menentukan
tema, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa. Sketsa hendaknya dibuat lebih
dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.langkah membuat sketsa sangat
berpengaruh bagi tahap-tahap menggambar selanjutnya.
4. Penyelesaian
gambar
Dari beberapa
gambar sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang terbaik kemudian
disempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menmbah garis
atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.
Latihan tematik
SBdP
Buatlah gambar
cerita yang bertemakan tentang menjaga ketersediaan air bersih bagi lingkungan
tugas dikumpulkan pada saat sudah masuk pembelajaran di sekolah senin 30 Maret 2020
Pembelajaran Matematika
Menyajikan
data dalam bentuk Diagram gambar (piktogram)
Alya dan
teman-temannya hampir setiap hari mengujungi perpustakaan. Mereka belajar
bersama di perpustakaan. Perpustakaan sekolah Alya menyediakan fasilitas meja
dan kursi untuk belajar siswa. Setiap hari siswa memiliki kesempatan untuk
meminjam buku di sana.
Berikut ini
data peminjaman buku di perpustakaan.
Hari Senin sebanyak
25 siswa
Hari Selasa
sebanyak 20 siswa
Hari Rabu
sebanyak 30 siswa
Hari Kamis
sebanyak 15 siswa
Hari Jumat
sebanyak 10 siswa
Hari Sabtu
sebanyak 45 siswa
Data di atas
dapat disajikan dalam bentuk diagram
gambar Piktogram. Diagram gambar data diwakili oleh gambar sehingga nampak
menarik
Data di atas dapat di sajikan dalam tabel berikut ini
Contoh
Perhatikan
tabel di bawah ini
Tabel Jumlah
siswa di SD Nusantara 02.
Kelas
|
Putra
|
Putri
|
I
|
25
|
20
|
II
|
15
|
35
|
III
|
20
|
20
|
IV
|
30
|
10
|
V
|
20
|
20
|
VI
|
25
|
25
|
Buatlah data
pada tabel di atas dalam bentuk diagram gambar (piktogram)
Kesimpulan:
Data yang sudah kita peroleh dapat kita simbolkan dengan gambar. setiap satu gambar dapat mewakili beberapa data. misalkan 1 gambar dapat mewakiti 5 gambar, 1 gambar dapat mewakili 10 gambar.
Mari kita berlatih
Latihan Matematika:
1. Perhatikan soal di bawah ini
2. Berikut ini
adalah data pembeli di kantin sekolah selama 1 minggu
Hari
|
Hasil Yang dicapai
|
Senin
|
70
|
Selasa
|
80
|
Rabu
|
60
|
Kamis
|
50
|
Jumat
|
90
|
Sabtu
|
70
|
Buatlah
diagram gambar (piktogram) dari data di atas!
3. Data Jumlah
mobil di desa Karang Anyar Lampung Selatan dari tahun ke tahun adalah sebagai
berikut.
a.Tahun 2011 sebanyak 5.000 mobil
b.Tahun 2012 sebanyak 6.500 mobil
c.Tahun 2013 sebanyak 9.000 mobil
d.Tahun 2014 sebanyak 10.000 mobil
e.Tahun 2015 sebanyak 11.000 mobil
Gambarkan
data tersebut dalam bentuk piktogram
4. Buatlah
diagram gambar dari data berikut
Penjualan
bunga hias pada bulan Februari 2020 “Toko Bunga Rose Florist”
Jenis Bunga
|
Mawar
|
Melati
|
Asoka
|
Jumlah (batang)
|
200
|
250
|
150
|
Selamat mengerjakan
No comments:
Post a Comment
see you