MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Kamis, 16-07-2020
Kelas : 1 A
PENGENALAN HURUF
Masih berdasarkan permendikbud republik Indonesia Nomor. 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru maka siswa kelas 1 masih dalam masa-masa pengenalan baik lingkungan sekolah maupun cara belajar. Pembahasan kali ini tentang pengenalan huruf kepada siswa kelas 1 bertujuan untuk mengetahui tingkatan pemahaman sswa dalam membaca dan menggabungkan huruf menjadi kata maupun kalimat.
kartu yang dipakai tetapi kartu huurufnya ditempel dikarton
Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesematakkali ini media yang akan digunakn yaitu karton dengan berbagai macamhuruf. Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.
Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1. N-A-M-A = NAMA (dieja N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan nama masing-masing siswa. Dala hal ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh: NAURA QURRATA AINI
2. P-A-N-G-G-I-L-A-N = PANGGILAN (dieja P-A --- PA- NG ---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N --- PANGGILAN
Siswa mencari huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3. N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN (dieja N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA, --N----- TEMAN)
Siswa mencari 2 nama teman yang ada dikelas, nama yang dimaksud adalah nama panggilan saja.
Conoh : PUTRI dan NAFIIS
Siswa akan diajak satu persatu kedepan kelas untuk menunjukkan nama kartu yang dimaksd kepada teman-temannya kemudian siswa menuliskan kembali dibuku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.
Hari/ Tanggal : Kamis, 16-07-2020
Kelas : 1 A
PENGENALAN HURUF
Masih berdasarkan permendikbud republik Indonesia Nomor. 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru maka siswa kelas 1 masih dalam masa-masa pengenalan baik lingkungan sekolah maupun cara belajar. Pembahasan kali ini tentang pengenalan huruf kepada siswa kelas 1 bertujuan untuk mengetahui tingkatan pemahaman sswa dalam membaca dan menggabungkan huruf menjadi kata maupun kalimat.
kartu yang dipakai tetapi kartu huurufnya ditempel dikarton
Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesematakkali ini media yang akan digunakn yaitu karton dengan berbagai macamhuruf. Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.
Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1. N-A-M-A = NAMA (dieja N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan nama masing-masing siswa. Dala hal ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh: NAURA QURRATA AINI
2. P-A-N-G-G-I-L-A-N = PANGGILAN (dieja P-A --- PA- NG ---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N --- PANGGILAN
Siswa mencari huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3. N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN (dieja N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA, --N----- TEMAN)
Siswa mencari 2 nama teman yang ada dikelas, nama yang dimaksud adalah nama panggilan saja.
Conoh : PUTRI dan NAFIIS
Siswa akan diajak satu persatu kedepan kelas untuk menunjukkan nama kartu yang dimaksd kepada teman-temannya kemudian siswa menuliskan kembali dibuku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.
No comments:
Post a Comment
see you