Friday, July 23, 2021

Tema 1 Subtema 1 Pb 5

 Materi Ajar

Tema 1                        :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia

Sub Tema 1                :  Organ Gerak Hewan
Pembelajaran ke        :  5 (Mapel IPA KD 3.1, SBDP KD 3.2 dan Bahasa Indonesia KD 3.1)
Hari/Tanggal              : Jumat, 23Juli 2021

Assalamualaikum wr.wb .
selamat pagi anak soleh dan soleha semoga kita dalam keadaan sehat wal afiat ya. Alhamdulillah kita bertemu kembali hari ini. Baiklah kita akan lanjutkan pembelajaran kita hari ini ya. Jangan lupa sebelum belajar anak soleh dan soleha mandi, sarapan, solat Dhuha dan murojah surah Al Insiqoqnya ya.

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks, siswa diharapakan dapat menentukan ide pokok bacaan dengan tepat
2. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi dan membandingkan organ gerak kelinci dan siput dengan tepat
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengenal jenis-jenis corak gambar cerita dengan benar.

Bacalah Teks Bacaan berikut ini:

Siput Bukan Hewan Lemah

Siput dianggap hewan menjijikkan dan lamban bagi sebagian orang. Karena gerakannya yang lamban, orang-orang sering membandingkannya dengan kelinci. Siput dianggap menjijikkan karena tubuhnya dipenuhi lendir. Meskipun demikian, siput sebenarnya memiliki keistimewaan dan kelebihan.Kelebihan dan keistimewaan tersebut tidak dimiliki oleh hewan lainnya.

Siput merupakan hewan yang berjasa menguraikan serpihan dedaunan. Ia memakan dedauan dan menjadikannya serpihan yang kecil. Serpihan ini akan mudah diuraikan oleh bakteri pengurai. hasil penguraian berfungsi sebagai pupuk alami yang membuat tanah menjadi subur.

Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dan mempertahankan diri dari serangan pemangsa. Siput memiliki lendir yang melindungi tubuhnya. Lendir tersebut berfungsi sebagai pelindung tubuhnya yang lunak ketika berjalan. Tubuhnya juga ditutupi oleh cangkang. Cangkang siput berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan. Cangkang siput berfungsi sebagai tempat persembunyian dari ancaman lingkungan dan predator. 

Berdasarkan teks abacaan di atas tentukan gagasan pokok pada paragraf bacaan tersebut:
Paragraf 1  :

Paragraf 2:

Paragraf 3:

Berdasarkan teks bacaan di atas. Pergunakan pengetahuan untuk menentukan karakteristik apa saja yang membedakan atara siput dengan kelinci. Tuliskan dalam bentuk tabel berikut ini



Karakteristik


Jenis

 

 

Organ gerak

 

 

Cara gerak

 

 

Bentuk organ gerak

 

 

Kecepatan gerak

 

 


Baiklah kita sudah mengidentifikasi dn membandingkan organ gerak pada siput dan kelinci. Sekarang mari kita pergunakan literatur yang kalian miliki untuk menentukan contoh  hewan avertebrata yang sesuai dengan organ gerak yang mereka miliki.

Organ gerak hewan Avertebrata 
1. Organ gerak kaki dan sayap:  ....., ....., .....
2. Organ gerak perut : ....,......, .....
3. organ gerak tantakel : ...., ....., .....



Corak Gambar Cerita atau Ilustrasi

Corak gambar cerita atau ilustrasi teridi dari 4 macam yaitu:
1. Gambar realis
adalah gambar cerita yang dibuat sesuai dengan keadaan aslinya. Baik bentuk, ukuran, maupun tata letaknya.
2. Gambar Karikatur
adalah gambar cerita yang melebih-lebihkan atau mengubah bentuk/objek aslinya.Gambar karikatur biasanya menampilkan objek berupa seseorang dengan karakter lucu dan aneh.Biasanya gambar karikatur mengandung kitikan dan sindiran.

3. Kartun
adalah gambar cerita yang berfungsi untuk menghibur. gambar kartun biasanya berfungsi utuk humor. kartun sering disebut gambar animasi. objek gambar kartun dapat berupa gambar hewan atau manusia.


4. Gambar dekoratif
adalah gambar yang dibuat dengan mengubah bentuk objek aslinya tanpa menghilangkan ciri khasnya. corak dekoratif merupakan corak yang ditemukan di dalam rumah kita 

MATERI PERJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MENYAMAKAN PENYEBUT

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama.

CONTOH:
1/2+3/4=…..

Caranya dengan mencari  KPK dari  2 dan 4.

Kelipatan 2 adalah 2,4,6,8,10,12,14,,16,18,20.
Kelipatan 4 adalah 4,8,12,16,20,24,28,32,36,40.
KPK dari 2 dan 4 adalah 4

Jadi penyelesaiannya seperti dibawah ini.


Jadi jawabannya
1/2+3/4=5/4
Untuk lebih jelas simak vidio pembelajaran berikut ini!

Setelah menonton video kerjakan soal yang Ibu guru sajikan di bawah ini Dengan membuka link berikut:

klik link ini : https://forms.gle/vnpmDa5kTM2Mc2Yd8

Baiklah sampai disini pembelajaran kita hari ini silahkan kerjakan tugas mandiri kalian di buku tulis. Jangan lupa kumpulkan tugas kalian dalam bentuk foto yag sudah di kolase ya. dikirim melalui whatsapp ibu guru kelas. 
jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan menjalankan solat 5 waktu ya.
selamat mengerjakan dan selamat berakhir pekan

wasslamualaikum wr.wb.


 

 

No comments:

Post a Comment

see you