MATERI AJAR
HARI/TANGGAL : SENIN, 16 AGUSTUS 2021
TEMA : 2 UDARA BERSIH BAGI KEHIDUPAN
SUBTEMA : 1
PEMBELAJARAN : 1
MUATAN : IPA (3.2) DAN BAHASA INDONESIA (3.2)
Apa kabar anak sholeh dan sholeha ? Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT. Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.
Anak soleh dan solehah mari kita awali kegiatan belajar kita dengan berdoa. Yuuk angkat tangannya, tundukkan pandangannya..Kita baca doa bersama-sama.
“ROBBI ZIDNII ‘ILMAN WARZUQNII FAHMAA, WAJ’ ALNII MINASS-SHOLIHIIN”
Walau pembelajaran kita secara daring ibu guru harap semua tetap melaksanakan belajar dengan rajin.
Dan ingat selalu cuci tangan dan memakai masker serta jaga selalu kesehatan.
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks siswa dapat membuat pertanyaan menggunakan kata tanya dengan tepat.
2. Setelah membaca teks siswa dapat menganalisis organ pernapasan yang digunakan oleh hewan dengan tepat.
Tema 2 Subtema 1 Pb 1
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
Hewan | Bernapas menggunakan | Skema Pernapasan |
Cacing Tanah | Permukaan kulit | Kulit cacing harus selalu basah dan berlendir. Karena kulit cacing yang basah dapat mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida Udara masuk ke kulit – oksigen diikat oleh darah –terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida dan pembuluh darah – oksigen diedarkan ke seluruh tubuh karbondioksida keluar melalui kulit |
Serangga | Trakea | Oksigen memasuki trakea melalui spirakel – oksigen diedarkan ke seluruh tubuh melalui trakea – karbondioksida dari sel akan mengalir ke trakeola dan dikeluarkan melalui lubang spirakel. |
Reptil | Paru-paru | Udara masuk melalui hidung – lalu ke batang tenggorokan - ke paru-paru |
Burung | Paru-paru dan pundi-pundi udara | Kantong udara burung berfungsi untuk tempat penyimpanan udara, mencegah hilangnya panas tubuh, dan memperkeras suara. Saat tidak terbang burung menghirup udara sebanyak-banyaknya. Udara tersebut kemudian disimpan di kantong udara. Saat terbang burung menggunakan udara yang disimpan di kantong udara. Udara masuk melalui hidung –masuk ke tenggorokan –sebagian udara masuk ke paru-paru sebagian masuk ke kantong udara – oksigen di paru-paru diikat oleh darah – terjadi pertukaran oksigen dipembuluh darah – oksigen diedarkan keseluruh tubuh- karbondioksida dikeluarkan melalui hidung. |
Ikan | Insang | Air masuk melalui mulut – air mengalir ke insang – oksigen dalam air diikat oleh darah – terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam darah – oksigen diedarkan ke seluruh tubuh, karbondioksida dikeluarkan melalui insang |
Amphibi | Paru-paru dan kulit | Insang bernapas menggunakan paru-paru Katak juga dapat bernapas menggunakan kulit Kulit katak selalu basah untuk memudahkan menyerap oksigen. |
Mamalia | Paru-Paru | Mamalia bernapas dengan paru-paru, hidung pada mamalia dilengkapi dengan katup. Katup tersebut menghalangi air , pada saat mamalia menyelam untuk dapat masuk ke dalam organ pernapasannya |
Latihan soal
1. mengapa tubuh cacing selalu basah?
2. Apa alat pernapasan yang digunakan katak pada saat berenang di dalam air?
3. Jelaskan cara pernapasan burung pada saat terbang?
4. mengapa ikan lele mampu bertahan hidup di lingkungan yang berlumpur?
Berikut ini ink untuk penilaian harian muatan PKn dan SBdP ya mohon kiranya setelah mengerjakan bisa di scerenshot hasilnya dan dikirim dengan ibu guru
1. Muatan PPKN
https://forms.gle/aoazSZzHZsG1Znk66
2. Muatan Sbdp
https://forms.gle/63BPLwgGvsCieBDz5
selamat mengerjakan dan jangan lupa bahagia
No comments:
Post a Comment
see you