Hari/Tanggal : Jumat, 9 September 2021
Tema : 3
Subtema : 1 Pembelajaran 3
Muatan : B. Indo, IPS, dan PKn
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Dengan membaca teks bacaan dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan interaksi manusia dengan lingkungannya.
2.Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu melaporkan interaksi manusia dengan lingkungannya dan mendeskripsikan keragaman.
3. Dengan membuat cerita bergambar, siswa menyajikan hasil pengamatan tentang keanekaragaman di lingkungan sekitar.
4. Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa menyebutkan hal-hal penting dalam iklan media cetak.
Menyebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial
3.2 menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial.
Interaksi adalah hubungan timbal balik (saling memengaruhi) atara satu individu (kelopok) dengan individu (kelompok) lain. Interaksi terjadi di lingkungan di rumah, di sekolah, di lingkungan masyarakat, di lingkungan budaya, dan dilingkungan ekonomi.
Interaksi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Baik kebutuhan primer , sekunder, maupun tersier.
Jika tidak melakukan interaksi kebutuhan manusia tida terpenuhi. Contoh penjual harus berinteraksi dengan pedagang bahan makanan di pasar. Pedagang beras di pasar untuk mendapatkan barang dagangan yang baik harus berinteraksi dengan petani.
Interaksi manusia dengan lingkungan alam dilakukan melalui penyesuaian diri (adaptasi) dengan lingkungan. Contohnya petani menanam padi menyesuaikan dengan waktu tanam. Nelayan melaut menyesuaikan dengan cuaca. Penggalian pasir disungai, membuka lahan baru dengan membakar hutan, dann penebangan hutan secara liar.
Interaksi sosial adalah interaksi antara manusia dengan lingkungan sosial yang melibatkan perorangan dan kelompok. Interaksi manusia dengan lingkungan sosial terjadi jika idividu atau kelompok saling berkomunikasi ( berhubungan).
Faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi adalah
Keinginan untuk meniru orang lain (imitasi)
Keinginan untuk memengaruhi orang lain (sugesti)
Keinginan untuk bersama dengan orang lain (identifikasi)
Rasa tertarik kepada orang lain (simpati).
Bentuk interaksi di lingkungan keluarga
Bentuk interaksi di lingkungan sekolah
Interaksi di lingkungan masyarakat
Bacalah Teks berikut ini
Makanan merupakan sumber energi dan nutrisi bagi manusia dalam melakukan aktivitas. Makanan memiliki peran penting di dalam tubuh manusia untuk mempertahankan hidup. Meskipun demikian, tidak semua makanyang dikonsumsi dapat memberikan asupan gii yang baik bagi tubuh. Hendaknya kita mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Untuk memenuhi kebutuhannya manusia tidak dapat bekerja sendiri. Manusia selalu melakukan interaksi dengan lingkungan sosial dan dengan lingkungan alam.sebagai contoh dalam kegiatan budidaya padi. Interaksi dengan lingkungan sosial terjadi ketika petani sedang bercakap-cakap dengan pemiliki traktor atau pemiliki hewan untuk membajak sawah, petani lainnya, penjual pupuk, penyuluhu pertanian, dan pedagang besar. Sementara itu interaksi dengan lingkungan alam berlangsung saat petani mengolah lahan sawah agar siap ditanami dan diolah diberi pupuk.
Latihan 1
Setelah membaca teks di atas tentukan jenis interaksi yang dilakukan di lingkungan pada tabel berikut ini dengan memberikan tanda V
3.3. Menelaah keragaman sosial di masyarakat
Mengenal bentuk keragaman di lingkungan sosial
Berikut ini adalah bentuk-bentuk keberagaman yang sering ditemukan dilingkungan
1. Keberagaman di rumah
Setiap anggota keluarga mengerjakan tugas yang berbeda-beda misalnya ibu memasak, ayah membersikan halaman depan, dan anak-anak mengepel. Perbedaan sifat, hobi, kebiasaan merupakan hal yang paling sering ditemukan dirumah
2. Keberagaman di sekolah
Contohnya perbedaan ruang kelas, perbedaan tingkat kelas, perbedaan agama, perbedaan ukuran badan.
3. Keragaman di masyarakat
Karakter dan kepribadian yang berbeda-beda
Jika keberagaman tidak disikapi dengan benar akan menimbulkan perselisihan antar anggota keluarga, antar anggota teman, perselisihan antar anggota masyarakat. Sikap toleransi sangat dibutuhkan untuk memahami perbedaan, toleransi adalah sikap saling memahami.
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan dari paparan iklan media cetak atau elektronik
Menentukan unsur-unsur pada iklan media cetak
Latihan 2
Iklan media cetak yang baik sebaiknya memenuhi tiga unsur utama yaitu kalima, gambar, dan kata kunci.
Iklan di atas berisi tentang ajakan untuk mengonsusi singkong sebagai pengganti nasi.
No comments:
Post a Comment
see you