Kelas/Semester : 4/I
Kegiatan Pembelajaran : P5
P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menyebutkan dimensi P5
Peserta didik dapat memeragakan gerakan senam P5
Peserta didik dapat mengenal bagian tumbuhan
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Mengenal Bagian Tumbuhan
Daun
Daun adalah bagian tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Biasanya, daun akan berwarna hijau karena mengandung klorofil, yaitu zat warna hijau tumbuhan. Daun terdiri dari tiga bagian, di antaranya pelepah, tangkai, dan helai daun.
Daun memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan, loh, yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Nah, kamu tahu nggak, apa itu fotosintesis? Simpelnya, fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan menggunakan bantuan sinar matahari.
Pada proses fotosintesis, terjadi pertukaran gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) melalui stomata. Jadi, stomata ini ibarat hidung kita, ya. Nantinya, fotosintesis akan menghasilkan berbagai zat, seperti glukosa (gula), air, dan oksigen yang bermanfaat untuk kita.
Oh, iya, daun juga memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang menyirip, sejajar, melengkung, ataupun menjari.
- Contoh tumbuhan dengan daun menyirip: daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dsb.
- Contoh tumbuhan dengan daun sejajar: rumput, padi, daun kelapa, daun jagung, daun tebu, dsb.
- Contoh tumbuhan dengan daun melengkung: daun sereh, daun genjer, daun gadung, dsb.
- Contoh tumbuhan dengan daun menjari: daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun kapas, dsb.
AKTIVITAS 2
TANAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
Jenis kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri Waktu : 3 JP
Bahan : Tabel data tanaman di lingkungan sekitar
Peran guru : Fasilitator
Persiapan
1. Guru menyiapkan lembar kerja peserta didik berupa tabel tanaman
Pelaksanaan
1. Guru memulai projek dengan menanyakan tanaman apa yang mereka ketahui
2. Guru mengajak peserta didik untuk berkeliling, melihat tanaman apa saja yang ada di lingkungan sekolah
3. Setelah berkeliling, peserta didik kembali ke dalam kelas untuk berdiskusi tanaman apa saja yang ada di sekolah.
4. Peserta didik membuat daftar nama-nama tumbuhan.
5. Kemudian peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan.
6. Kemudian mereka tuliskan pada lembar kerja.
7. Kegiatan ini juga dapat dilakukan peserta didik di rumah dengan bantuan orang tua.
Nama tanaman Gambar Daun
No comments:
Post a Comment
see you