Thursday, August 3, 2023

Kegiatan P5

 Kelas/Semester                   : 4/I

Kegiatan  Pembelajaran    :  P5

P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat  menyebutkan dimensi P5

Peserta didik dapat memeragakan gerakan senam P5

Peserta didik dapat mengenal bagian tumbuhan 



Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Bergotong-royong.
  4. Mandiri.
  5. Kreatif 
  6. Bernalar kritis


Mengenal Bagian Tumbuhan 




Daun

Daun adalah bagian tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Biasanya, daun akan berwarna hijau karena mengandung klorofil, yaitu zat warna hijau tumbuhan. Daun terdiri dari tiga bagian, di antaranya pelepah, tangkai, dan helai daun. 

Daun memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan, loh, yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Nah, kamu tahu nggak, apa itu fotosintesis? Simpelnya, fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan menggunakan bantuan sinar matahari. 

Pada proses fotosintesis, terjadi pertukaran gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) melalui stomata. Jadi, stomata ini ibarat hidung kita, ya. Nantinya, fotosintesis akan menghasilkan berbagai zat, seperti glukosa (gula), air, dan oksigen yang bermanfaat untuk kita.

Oh, iya, daun juga memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang menyirip, sejajar, melengkung, ataupun menjari.

  • Contoh tumbuhan dengan daun menyirip: daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dsb.
  • Contoh tumbuhan dengan daun sejajar: rumput, padi, daun kelapa, daun jagung, daun tebu, dsb.
  • Contoh tumbuhan dengan daun melengkung: daun sereh, daun genjer, daun gadung, dsb.
  • Contoh tumbuhan dengan daun menjari: daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun kapas, dsb.

bentuk-bentuk-daun


AKTIVITAS 2

TANAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

Jenis kegiatan                                           : Tatap Muka dan Tugas Mandiri Waktu       : 3 JP

Bahan                                                         : Tabel data tanaman di lingkungan sekitar

Peran guru                                           : Fasilitator

 

Persiapan

1.       Guru menyiapkan lembar kerja peserta didik berupa tabel tanaman

 

Pelaksanaan

1.       Guru memulai projek dengan menanyakan tanaman apa yang mereka ketahui

2.       Guru mengajak peserta didik untuk berkeliling, melihat tanaman apa saja yang ada di lingkungan sekolah

3.       Setelah berkeliling, peserta didik kembali ke dalam kelas untuk berdiskusi tanaman apa saja yang ada di sekolah.

4.       Peserta didik membuat daftar nama-nama tumbuhan.

5.       Kemudian peserta didik mengidentifikasi  bagian-bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan.

6.       Kemudian mereka tuliskan pada lembar kerja.

7.       Kegiatan ini juga dapat dilakukan peserta didik di rumah dengan bantuan orang tua.


Nama tanaman

Gambar Daun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment

see you