Hari/Tanggal : Selasa, 29 Agustus 2023
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Tumbuhan
2. Matematika : pembagian
Capaian Pembelajaran:
IPAS
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra)
2. Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
A. mempercepat batang mengantarkan air
B. memperlambat penguapan di daun
C. mempermudah akar menyerap air
D. mempercepat laju air ke buah
A. akar
B. daun
C. batang
D. buah
A. batang sebagai alat transportasi
B. daun sebagai tempat fotosintesis
C. batang sebagai penyokong
D. daun sebagai tempat pertukaran gas
No | Bagian tumbuhan |
---|---|
1 | Batang |
2 | Daun |
3 | Akar |
4 | Buah |
5 | Bunga |
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 2, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 5
A. daun
B. bunga
C. akar
D. buah
A. sirih
B. beringin
C. kelapa
D. wortel
A. batang berongga dan lunak
B. batangnya beruas-ruas
C. batangnya keras dan kuat
D. batangnya berkayu
A. menyimpan cadangan makanan
B. tempat membuat makanan
C. menyerap nutrisi
D. perkembangbiakan tumbuhan
A. bunga
B. duri
C. akar
D. batang
A. pertumbuhan pada batang, akar, dan daun
B. perkembangbiakan pada batang dan akar
C. melindungi dirinya dengan daun
D. perkembangan pada akar, daun, dan batang
A. batang
B. akar dan daun
C. akar dan bunga
D. batang dan akar
A. cabai
B. jagung
C. mangga
D. jeruk
A. buah
B. batang
C. akar
D. daun
A. akar
B. batang
C. buah
D. biji
A. getah karet
B. buah jambu
C. biji kedelai
D. batang serai
A. sistem perakaran yang kuat
B. ranting yang banyak
C. batang yang kokoh
D. tidak memiliki bunga
A. serabut
B. tunggal
C. tunggang
D. gantung
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
A. menyirip
B. melengkung
C. menjari
D. sejajar
1) Mengalirkan makanan dari daun ke batang
2) Mengalirkan air dari daun ke batang
3) Mengalirkan unsur hara dari tanah
4) Mengalirkan mineral dari akar ke seluruh tubuh
Pernyataan di atas yang sesuai dengan fungsi tulang daun ditunjukkan oleh nomor...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
Matematika
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
contoh:
Aturlah pembagiannya terlebih dahulu.
1. Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.
2. 9 kali 5 sama dengan 45, kemudian tulislah 45 di bawah 48.
3. Kurangkan 45 dari 48. Sisanya adalah 3.
jadi hasil 48:9 adalah 5
Kerjakan soal latihan berikut!
Soal no 1.
56 : 8 = …..
a. 6 b. 7 c. 8 d. 9
Soal no 2.
42 : 7 = …..
a. 6 b. 7 c. 8 d. 9
Soal no 3.
Ada 39 jus lemon. Jus tersebut akan dibagikan kepada 3 kelompok. Berapa banyak yang akan diterima oleh setiap kelompok?
a. 10 b. 11 c. 12 d. 13
soal no 4.
Terdapat 44 anak perempuan berpartisipasi dalam sebuah perlombaan. Apabila tiap kelompok terdiri dari 4 kelompok, ada berapa banyak kelompok yang akan mengikuti perlombaan?
a. 9 b. 10 c. 11 d. 12
Soal no 5.
Terdapat 48 permen di asrama. Akan dibagikan sama rata ke 9 anak. Berapa banyak yang akan diterima oleh setiap anaknya?
a. 5 dan sisanya 3 b. 6 dan sisanya 2 c. 5 dan sisanya 2 d. 5 dan sisanya 1
No comments:
Post a Comment
see you