Tuesday, September 5, 2023

Materi kelas 4

 Hari/Tanggal                        : Selasa, 5 September  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS                                : Wujud Benda dan Perubahannya

2. Pend. Pancasila             : Konstitusi dan Norma di Masyarakat

3. Matematika        : pembagian 

Capaian Pembelajaran IPAS

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

3. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

        

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

                                         

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : Peserta didik dapat mengidentifikasi materi dan memahami perbedaan  massa, dan volume, menjelaskan musyawarah dan cara menyampaikan pendapat yang baik, memahami kalimat majemuk. 

Simak video berikut!

Berdasarkan video di atas, apa yang kamu ketahui tentang:
1. Materi
2. Massa
3. Volume
4. Perbedaan massa dan vo.lume?

 Jawab
1. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang.
2. Massa adalah besaran dari suatu benda yang dikumpulkan
3. Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat dan biasanya. Volume juga bisa digunakan untuk benda padat, cair, atau pun gas. 
Volume digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair, contohnya air, minuman, oli dan lain sebagainya  menjadi satu.

Satuan massa yang digunakan dalam Sistem Satuan Intenasional (SI) adalah kilogram atau kg. Untuk menghitung suatu berat benda perlu menggunakan massa.

4. massa digunakan untuk membantu menghitung berat suatu benda.

Sedangkan volume akan lebih banyak digunakan untuk menghitung isi suatu benda.


Pancasila



  1. Apa saja yang harus kita perhatikan ketika menyampaikan pendapat dalam kegiatan musyawarah?
  2. Apa akibat yang akan terjadi apabila setiap peserta musyawarah tidak mamatuhi aturan ketika menyampaikan pendapat?
  3. Siswa kelas IV sedang melaksanakan musyawarah yang dipimpin oleh Nanda sebagai ketua kelas. Mereka bermusyawarah mengenai jenis kesenian yang akan ditampilkan ketika pentas seni sekolah. Tono mengusulkan untuk menampilkan pertunjukkan teater/drama yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan. Akan tetapi, usulan Tono tersebut tidak disetujui oleh sebagian besar siswa kelas IV karena pertunjukkan teater/drama memerlukan waktu latihan yang cukup lama. Sedangkan, kegiatan Pentas Seni tinggal 4 hari lagi. Akhirnya, disepakati bahwa siswa kelas IV akan bernyanyi bersama dalam kegiatan tersebut dan Tono pun ikut menyetujuinya. Berdasarkan cerita tersebut, bagaimana penilaian kalian terhadap sikap yang ditampilkan oleh Tono yang menyetujui kesepakatan musyawarah kelas?

Jawaban:

  1. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menyampaikan pendapat:
    a. Disampaikan dengan jelas
    b. Tidak menyinggung perasaan orang lain
    c. Tidak memotong pembicaraan orang lain
    d. Tidak bertele-tele
    e. Tidak memaksakan pendapatnya kepada orang lain
  2. Musyawarah akan sulit mencapai kesepakatan, dan sangat mungkin akan
    menyebabkan terjadinya perselisihan.
  3. Sikap Tono itu sudah sesuai dengan nilai Pancasila terutama sila
    keempat, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam
    Permusyawaratan Perwakilan
MATEMATIKA
Sekarang ayo disimak video pembagian berikut!

Kerjakan soal berikut!

No comments:

Post a Comment

see you