Tuesday, October 31, 2023

Materi Kelas 4

 Hari/Tanggal                        : Selasa, 31 Oktober  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS Bab 3                      : Gaya di Sekitar KIta

2. Pend. Pancasila             : Membangun Jati diri dalam kebhinekaan

4. Matematika      : pembulatan

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energy serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya. 

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat Mengidentifikasi gaya gravitasi , mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia, dan mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks

Pertemuan kali ini akan membahas tentang gaya gravitasi , mari kita simak video berikut ini!



Gaya gravitasi atau gaya tarik bumi merupakan gaya berasal dari gaya tarik bumi yang bisa menyebabkan benda-benda di alam semesta bisa berpijak di tanah.

Dengan adanya gaya gravitasi, kita dapat mengalami perubahan waktu, merasakan sinar Matahari, dan terjadinya perubahan musim.

Lantas, apa saja pengaruh gaya gravitasi bumi terhadap benda?

Pengaruh Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua makhluk hidup bisa berpijak di tanah.

Oleh karena itu, manusia dan hewan bisa berjalan, berlari, melompat, melakukan semua kegiatan dengan mudah.

Bagi tumbuhan, gaya gravitasi dapat menjaga posisi tumbuhan tetap tegak dan akar bisa tetap menyerap air di bawah tanah.
Adanya gaya gravitasi juga mencegah benda-benda melayang di udara, sehingga semua benda bisa diletakkan.


Benda juga bisa bergerak ke posisi yang lebih rendah karena adanya gravitasi.

Misalnya, kamu menjatuhkan bola dari tanah yang lebih tinggi ke tanah yang lebih rendah, maka bola tersebut dapat bergerak turun mencapai tanah datar akibat gaya gravitasi.

Manfaat Gaya Gravitasi
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh Bumi karena adanya gaya gravitasi.
- Manusia berpijak.
- Manusia dapat berjalan atau berlari.
- Bumi mengalami rotasi dan revolusi.
- Adanya fenomena hujan.
- Ombak dapat mengalami pasang surut.
- Bumi selalu berputar pada porosnya.
- Bumi dapat digunakan sebagai tempat tinggal.
- Benda jatuh ke tanah.




Pendidikan Pancasila 
Keberagaman budaya









MATEMATIKA

1. Pembulatan
Hal yang harus diperhatikan pada pembulatan bilangan adalah angka pada tempat
nilai satuan.
Pembulatan ke puluhan terdekat

Pembulatan ke puluhan terdekat dilakukan dengan aturan sebagai berikut.
a. Angka 0, 1, 2, 3, dan 4 (kurang dari 5) dibulatkan ke bawah menjadi 0 atau dihilangkan.
b. Sedangkan angka satuan 5 ke atas (5, 6, 7, 8, dan 9) dibulatkan menjadi 1 puluhan.

Contoh:
Bulatkan bilangan 78 dan 52 ke puluhan terdekat.
Jawab:
a. 78 dibulatkan menjadi 80
b. 52 dibulatkan menjadi 50
b. Pembulatan ke ratusan terdekat

Pembulatan ke ratusan terdekat

Pembulatan bilangan ke ratusan terdekat dilakukan denganaturan sebagai berikut.
a. Bilangan yang kurang dari 50 dibulatkan ke bawahmenjadi 0.
b. Bilangan 50 ke atas dibulatkan ke atas menjadi 100.

Contoh:
Bulatkan bilangan 172 dan 521 ke ratusan terdekat.
Jawab:
a. 172 dibulatkan menjadi 200
b. 521 dibulatkan menjadi 500


Pembulatan ke ribuan terdekat
Pembulatan bilangan ke ribuan terdekat dilakukan sebagai berikut.
a. Bilangan yang kurang dari 500 dibulatkan ke bawah menjadi 0.
b. Bilangan 500 ke atas dibulatkan menjadi 1.000

Contoh:
Bulatkan bilangan 7.895 dan 12.164 ke ribuan terdekaJawab:
a. 7.895 dibulatkan menjadi 8.000
b. 12.164 dibulatkan menjadi 12.000

Sekarang, kamu dapat melakukan pembulatan pada bilangan puluhan ribu, ratusan ribu, daripada bilangan jutaan. Perhatikan contoh berikut.
a. 45.358 dibulatkan ke puluhan ribu menjadi 50.000
b. 219.847 dibulatkan ke ratusan ribu menjadi 200.000
c. 1.793.469 dibulatkan ke jutaan menjadi 2.000.000





 IPAS

No comments:

Post a Comment

see you