Tuesday, October 10, 2023

Materi kelas 4

 Hari/Tanggal                        : Selasa, 10 Oktober  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS Bab 3                      : Gaya di Sekitar KIta

2. Pend. Pancasila             : Membangun Jati diri dalam kebhinekaan

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energy serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.    Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya. 

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                 

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat Mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari., memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia, membahas soal soal persiapan STS.

Pertemuan kali ini akan membahas tentang gaya, mari kita simak video berikut ini!


Gaya pada suatu benda dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak, mengubah arah gerak, mengubah kecepatan, mengubah benda bergerak jadi diam dan megubah bentuk benda.

Pengaruh gaya terhadap benda:

 1. Dapat Mengubah Bentuk Benda

 2.  Dapat Mempengaruhi Benda Menjadi Bergerak
 3. Dapat Mempengaruhi Gerak Benda Menjadi Diam
 4. Dapat Mempengaruhi Kecepatan Gerak Benda
 5. Dapat Mengubah Arah Gerak Suatu Benda

simaklah video berikut!


Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa Sansakerta. Semboyan ini diambil dari sebuah kalimat yang terdapat dalam buku Sutasoma karya Mpu Tantular pada zaman kerajaan Majapahit. Kalimat tersebut sebenarnya tidak hanya terdiri dari tiga kata, tetapi lebih panjang. Kalimat lengkapnya adalah Bhinneka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa yang artinya adalah meskipun kita berbeda-beda, kita tetap satu jua, tidak ada hukum yang mendua.


MATEMATIKA

Pada pembelajaran matematika kelas IV pada Bab V terdapat kegiatan Pembagian Bersusun dengan Bilangan Satu Angka. Pada kegiatan ini siswa akan belajar tentang menyatakan adegan pembagian ke dalamrumus (kalimat matematika) dan memahami format pembagian bersusun sebagai metode kalkulasi. Memikirkan tentang bagaimanamengonfirmasijawaban dari operasi hitung pembagian.


Pembagian merupakan proses aritmatika dasar di mana satu bilangan dipecah rata menjadi bilangan yang lebih kecil sesuai dengan bilangan pembaginya. Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).

1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)

(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).

② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).

(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang  sama.

(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.

Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
Pembagian
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.
② 9 kali 5 sama dengan 45, kemudian tulislah 45 di bawah 48.
③ Kurangkan 45 dari 48. Sisanya adalah 3.
④ Periksa bahwa sisa pembagiannya yaitu 3 lebih kecil dari 9

Cara mengecek Jawaban dari Operasi Hitung Pembagian
(Pembagi) × (Hasil bagi) + (Sisa) = (Bilangan yang dibagi)
9 × 5 + 3 = 48
2. Kita ingin membagi 48 permen sama rata kepada 8 anak. Berapa banyak permen yang akan diterima setiap anak? Ayo pikirkan bagaimana cara menghitungnya dengan cara bersusun. Soal seperti 48 : 8 bisa dihitung dengan cara bersusun.
48 : 8 = 6
8 x 6 = 48

Jawaban untuk pembagian dengan sisa terdiri dari hasil bagi dan sisa pembagian
Pembagian
3. Ayo cek jawaban soal pembagian berikut.
Cek Hasil
Soal tambahan
① 24:3 (8, 3×8=24)
② 40:8 (5, 8×5, 40)
③ 35:5 (7, 5×7, 35)
④ 42:7 (6, 7×6, 42)
⑤ 63:9 (7, 9×7, 63)
⑥ 26:4 (6 sisa 2, 4×6+2=26)
⑦ 19:6 (3 sisa 1, 6×3+1=19)
⑧ 53:8 (6 sisa 5, 8×6+5=53)
⑨ 31:7 (4 sisa 3, 7×4+3=31)
⑩ 78:9 (8 sisa 6, 9×8+6=78)

Latihan 
Kerjakan soal berikut dengan bersusun, dan periksa jawabannya.
① 13 : 2 = 6 sisa 1
2 x 6 + 1 = 13
② 62 : 7 = 8 sisa 6
7 x 8 + 6 = 62
③ 32 : 5 = 6 sisa 2
5 x 6 + 2 = 32
④ 57 : 8 = 7 sisa 1
8 x 7 + 1 = 57
⑤ 7 : 3 = 2 sisa 1
3 x 2 + 1 = 7
⑥ 21 : 7 = 3
7 x 3 = 21
⑦ 30 : 6 = 5
6 x 5 = 30
⑧ 54 : 9 = 6
9 x 6 = 54
⑨ 36 : 4 = 9
4 x 9 = 36
⑩ 8 : 2 = 4
2 x 4 = 8
Demikian pembahasan mengenai Pembagian Bersusun dengan Bilangan Satu Angka.

No comments:

Post a Comment

see you