Hari/Tanggal : 21 Februari 2024
Muatan Pembelajaran
1. Matematika : Pengukuran Volume
3. Bahasa Indonesia : Satu titik
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.Si Capaian Bahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
- 1 liter = 1.000 ml (milliliter)
- 1 liter = 100 cl (centiliter)
- 1 liter = 10 dl (deciliter)
- 1 liter = 0,1 hl (hectoliter)
- 1 liter = 0,01 dal (decaliter)
- 1 liter = 0,001 kl (kiloliter)
250 ml, 1.000 ml. dan 200 ml
250 ml+1.000 ml+200 ml = 1.450 ml= 1.450 ml= 1.000 ml + 450 ml= 1 l 450 ml
Latihan
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!
1) Volume dari sirop melon Brilian di atas adalah ….
a. 1.200 liter
b. 1.250 mililiter
c. 1.450 liter
d. 1.200 mililiter
2) Silish volume antara sirop pandan dan sirop jeruk di atas adalah ….
a. 200 milliter
b. 250 mililiter
c. 100 mililiter
d. 150 mililiter
3) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume sirop melon adalah 12 liter
b. Volume sirop jeruk adalah 1,25 liter
c. Volume sirop pandan adalah 14,5 liter
d. Volume sirop pandan adalah 1,2 liter
4) Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ….
a. Volume sirop melon paling banyak
b. Volume sirop jeruk paling sedikit
c. Volume sirop jeruk adalah banyak
d. Volume sirop pandan paling banyak
5) Jumlah volume sirop pandan, melon, dan jeruk jika digabung adalah …. liter.
a. 390
b. 39
c. 3,9
d. 3.900
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 6 sampai 10!
6) Volume air dari botol A adalah ….
a. 2,5 mililiter
b. 2,5 liter
c. 5 liter
d. 5 mililiter
7) Volume air dari botol C adalah ….
a. 5 mililiter
b. 50 liter
c. 500 milliter
d. 5.000 mililiter
8) Selisih volume air dari B botol C adalah ….
a. 500 mililiter
b. 5.000 milliter
c. 50 milliter
d. 5 mililiter
9) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Selisih volume air dari botol A dan B adalah 2,5 liter
b. Selisih volume air dari botol A dan C adalah 2,5 liter
c. Jumlah volume air dari botol A dan B adalah 7,5 liter
d. Jumlah volume air dari botol B dan Cadalah 12,5 liter
10) Jumlah volume air dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 17,5
b. 175.000
c. 175
d. 17.500
- Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
- Memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan tepat;
- Hemat kata, tidak bertele-tele; dan
- Pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan
Kalimat Tidak Efektif | Kalimat Efektif |
---|---|
Mora itu berenangnya tidak bisa-bisa | Mora belum bisa berenang. |
Maruna Reu dan teman-temannya mereka tinggal bersama-sama di Pulau Misool Raja Ampat di Papua Barat | Maruna, Reu, dan teman-temannya tinggal di Pulau Misool, Raja Ampat, di Papua Barat |
Biota laut yang terdapat di dalam laut ada beraneka macam | Terdapat beraneka macam biota di dalam laut. |
Sungai tempat mereka sering memancing sekarang airnya kotor, lagipula sudah dangkal. | Air sungai itu sekarang kotor dan dangkal. Dahulu mereka serig memancing di sungai itu |
Bagi semua para penyelam harus hati-hati dan harus tidak merusak terumbu karang | Semua penyelam harus berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang. |
- kepulauan: Indonesia merupakan negara kepulauan.
- turis: Candi Borobudur sering dikunjungi oleh turis.
- flora: Rafflesia Arnoldi merupakan flora endemik pulau Sumatera
- fauna: Indonesia kaya akan ragam fauna.
- biota: Biota Laut adalah semua makhluk hidup yang ada di laut.
ubahlah kalimat di atas menjadi kalimat efektif
No comments:
Post a Comment
see you