Hari/Tanggal :Kamis, 28 Maret 2024
Muatan STS :
1. Matematika
2. B. Lampung
Kisi-Kisi Matematika
-. mengidentifikasi alat untuk mengukur luas dengan satuan tidak baku
-. mengidentifikasi alat ukur yang tepat untuk mengukur luas lapangan dan kolam renang.
- mengidentifikasi satuan Panjang yang tepat untuk mengukur wilayah Indonesia
- menyebutkan macam-macam alat ukur luas tidak baku
- menghitung banyaknya persegi satuan pada bangun datar
- menghitung luas bangun persegi
- menghitung luas persegi / persegi panjang
- menghitung selisih luas persegi dan persegi panjang
- menghitung volume dengan satuan tidak baku
- menghitung volume dengan satuan baku
- menghitung jumlah volume benda cair
- mengkonversi satuan volume dari liter ke mililiter
- mengkonversi dari liter ke ml
- menghitung selisih volume
- menghitung volume benda cair lalu mengkonversinya dari ml ke liter
- menghitung volume balok dengan rumus menggunakan pxlxt
- menghitung volume balok dengan menggunakan volume satuan kubus
Pengkuran Luas
Satuan Tidak Baku
Pengukuran luas menggunakan satuan tidak baku merupakan salah satu materi yang terdapat dalam buku Matematika SD kelas 4 Kurikulum Merdeka.
Mengukur luas permukaan benda bisa dilakukan dengan menggunakan satuan tidak baku.
Satuan tidak baku adalah satuan pengkuran yang menunjukkan hasil yang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Hal ini disebabkan satuan luas yang digunakan berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
"Satuan tidak baku adalah satuan pengukuran yang menunjukkan hasil yang tidak sama."
Cara Mengukur Luas Menggunakan Satuan Tidak Baku
Cara mengkur luas menggunakan satuan tidak baku bisa menggunakan benda-benda yang memiliki ukuran yang sama sebagai berikut.
1. Uang kertas.
2. Kertas origami.
3. Kartu dengan tema.
Setelah menemukan benda dengan ukuran yang sama, berikut cara mengukur luas permukaan benda satidak ng kertas, sedangkan orang B mengukur luas meja belajar menggunakan kertas origami.
Orang A menutupi permukaan meja belajar dengan uang kertas tanpa celah.
Setelah dihitung, jumlah uang kertas yang menutupi permukaan meja belajar tanpa celah sebanyak 50 uang kertas.
Satuan uang kertas dapat disebut satu satuan luas (1 uang kertas = 1 satuan luas).
Selanjutnya orang B mengukur meja belajar menggunakan kertas origami dengan menutupi semua permukaan meja tanpa celah menggunakan kertas origami.
Setelah dihitung, jumlah total kertas origami yang menutupi permukaan meja belajar tanpa celah sebanyak 25 kertas origami.
Satuan kertas origami juga bisa disebut dengan satu satuan luas (1 keras origami= 1 satuan luas).
Meja belajar yang sama memiliki luas berbeda karena satu satuan luas yang digunakan untuk mengukur meja belajar berbeda, yaitu orang A menggunakan uang kertas dan orang B menggunakan kertas origami.
Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa satuan tidak baku seperti uang kertas dan kertas origami menunjukkan hasil pengukuran yang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Uang kerta dan kertas origami memiliki panjang dan lebar yang berbebeda, sehingga menghasilkan luas meja belajar yang berbeda-beda.
"Uang kertas, kertas origami, dan kartu dengan tema merupakan contoh satuan tidak baku.
1. Di antara satuan-satuan : cm², m², aha, km² mana yang sebaiknya digunakan untuk menyatakan luas daerah berikut?
m²
cm²
km²
a, ha
- Luas = 15 x 5 = 75 cm²
- Luas = 7 x 7 = 49 km²
- Luas = 10 x 5 = 50 m²
- Luas = (12 x 3) + (5 x 5) = 36 + 25 = 61 cm²
- Luas = (7 x 5) - (3 x 3) = 35 - 9 = 26 cm²
- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Letakkan kubus satuan ke dalam kardus. Berapa kubus satuan yang dibutuhkan agar kardus terisi penuh?
- Selanjutnya, Susunlah kubus satuan agar menjadi berbagai bangun.
- Diskusi bersama anggota kelompok. Apakah hasil menyusun bangun dengan kubus satuan berbeda?
- Tulis kesimpulan yang diperoleh dari hasil aktivitas tersebut.
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Hasil menyusun kubus satuan berbeda-beda sesuai dengan volume masing-masing bangun
Isilah titik di bawah ini dengan tepat!
1.Kertas lipat dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung luas satuan permukaan sebuah bidang. Kertas lipat termasuk alat ukur ....
2.Sebuah buku berbentuk persegi panjang dengan panjang 30 cm dan lebar 20 cm. Luas buku tersebut adalah....
3. 120.000 ml = ………….. liter
4. Berapa liter dalam 2500 mililiter minuman?
5.Jika sebuah botol air mineral berisi 500 mililiter, berapa liter air mineral dalam 8 botol tersebut?
6.Tuliskan tiga alat untuk mengukur luas dengan satuan tidak baku!
7. Pak Dudung berhasil menjual 12 liter 500 mililiter susu pada hari senin. Pada hari selasa, beliau mampu menjual 5 liter susu, sedangkan pada hari rabu terjual 8 liter 500 mililiter.Berapa literkah volume susu yang dijual Pak Dudung selama tiga hari?
8.Bacalah soal berikut dengan teliti, lalu kerjakan berikutlangkahnya!
1 are = 100 m²
Paman membeli sebidang tanah dengan luas 700 are, tanah tersebut dibangun rumah seluas 15.000 m², dibangun garasi mobil seluas 100 are, sisanya akan dibuat peternakan ayam untuk usaha. Berapa m² kah luas peternakan ayam yang akan dibuat paman?
9. Berapakah luas masing-masing bangun berikut!
10.
Contoh soal Tentukan volume kubus berikut!
contoh soal
Perhatikan gambar berikut!
Gambar yang menunjukkan permukaan meja ditutupi uang kertas tanpa celah yaitu. . .A. gambar 1
B. gambar 2
C. gambar 3
D. gambar 2 dan 3
A. 10 persegi satuan
B. 11 persegi satuan
C. 12 persegi satuan
D. 13 persegi satuan
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 12 persegi satuan
B. 13 persegi satuan
C. 14 persegi satuan
D. 15 persegi satuan
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 12 persegi satuan
B. 13 persegi satuan
C. 14 persegi satuan
D. 15 persegi satuan
A. 10
B. 100
C. 1.000
D. 10.000
Luas bangun di atas yang berwarna kuning yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2
Luas bangun di atas yang berwarna kuning yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2
Luas bangun di atas yang berwarna hijau yaitu . . .
A. 7 cm2
B. 8 cm2
C. 9 cm2
D. 10cm2
Satuan luas meter persegi digunakan pada . . .
A. gambar 1 dan gambar 3
B. gambar 2 dan gambar 3
C. gambar 1 dan gambar 4
D. gambar 2 dan gambar 4
A. kurang dari 5 volume botol B
B. lebih dari 5 volume botol B
C. sama dengan 5 volume botol B
D. tidak bisa ditentukan
A. 10
B. 100
C. 1.000
D. 10.000
A. 1.375
B. 1.400
C. 1.425
D. 1.450
A. 12
B. 120
C. 1.200
D. 12.000
A. 247.460
B. 247.470
C. 247.560
D. 247.570
A. 6
B. 60
C. 600
D. 6.000
A. 10 cm3
B. 12 cm3
C. 14 cm3
D. 16 cm3
A. 13 cm3
B. 14 cm3
C. 15 cm3
D. 16 cm3
A. 23 cm3
B. 24 cm3
C. 25 cm3
D. 26 cm3
A. 24.725
B. 24.825
C. 25.725
D. 25.825
No comments:
Post a Comment
see you