Hari/Tanggal : Selasa, 05 Maret 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya
2. Pend. Pancasila : Negaraku
3. Matematika : volume benda
Capaian Pembelajaran IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
- Memiliki kemampuan mengendalikan;
- Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
- Mengakomodasi budaya luar;
- Memberi arah perkembangan budaya;
- Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
- Pengembangan iptek;
- Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
- Pengembangan sumber daya manusia;
- Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
- Bermakna sosial
- Bermakna etika dan moral;
- Sebagai pengetahuan budaya.
- Menggunakan bahasa daerah di rumah sesuai dengan asal daerah.
- Mempromosikan kekayaan budaya.
- Mengikuti kegiatan kebudayaan di lingkungan sekitar.
- Menggunakan produk lokal yang bermanfaat bagi masyarakat
Nama | Peran | Kebiasaan Lingkungan Keluarga yang Dilakukan Secara Turun-menurun | Manfaat | Paraf |
---|---|---|---|---|
Rani | Guru | Minum jamu kunyit asam setiap pagi | Agar badan tetap sehat | |
Adi | Teman | Berbicara bahasa Jawa di rumah | Agar bahasa daerah lestari | |
Agus | Teman | Memasak makanan khas di hari raya | Agar makanan tradisional tetap lestari | |
Lani | Teman | Bersilaturahmi saat hari raya | Agar persaudaraan tetap terjaga | |
Udin | Teman | Tradisi mitoni | Agar janin dan ibunya memperoleh keselamatan | |
Wawan | Teman | Upacara perkawinan | Agar upacara tradisional tidak hilang |
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1. Bhineka Tunggal Ika mempunyai makna …
2. Aceh, Gayo, Alas, Batak, Nias, Melayu, Minangkabau adalah suku bangsa yang berada di pulau …
5. Berikut adalah tari-tarian yang berasal dari Indonesia, kecuali …
10. Sebutkan lima (5) makanan tradisional Indonesia beserta daerah asalnya!
PENDIDIKAN PANCASILA
- Belajar dengan rajin
- Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
- Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
- Mengikuti upacara bendera
- Mencintai buatan Indonesia
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
- Menyukai lagu-lagu Indonesia,
- Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
1. Wilayah Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu ....
a. Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik
b. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
c. Samudra Hindia dan Samudra Atlantik
d. Samudra Atlantik dan Samudra Indonesia
2. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat diraih berkat adanya ...
a. pemberian negara Jepang
b senjata tradisional yang ampuh
c. persatuan dan kesatuan bangsa
d. balas dendam terhadap penjajah
3. Berikut yang bukan faktor pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ...
a. persamaan nasib
b. keinginan bersama untuk melepaskan diri dari penjajah
c. cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan
d. wilayah Indonesia merupakan pemberian penjajah
4. Rela menyerahkan sebagian tanah untuk kepentingan umum merupakan tindakan yang mencerminkan sikap ....
a. rela berkorban
b. toleransi
c. cinta tanah air
d. sombong
5. Sikap yang harus dihindari demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....
a. rela berkorban
b. cinta tanah air
c. mempererat rasa persatuan dan kesatuan
d. bangga terhadap kebudayaan secara berlebihan
6. Kekayaan alam yang ada di Indonesia harus dimanfaatkan untuk ....
a. kebutuhan ekspor
b. kesejahteraan para pejabat
c. kesejahteraan para guru
d. kesejahteraan masyarakat Indonesia
7. Setiap warga memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk membela bangsa dan negara. Pernyataan tersebut merupakan makan kesatuan wilayah Indonesia dalam bidang....
a. politik
b. pertahanan keamanan
c. ekonomi
d. sosial budaya
8. Upacara adat memberikan sesaji di Gunung Bromo disebut ...
a. Kasada
b. Sekaten
c. Ngaben
d. Subak
9. Lagu daerah yang berasal dari Yogyakarta adalah ....
a. Bubuy Bulan
b. Injit-injit Semut
c. Suwe Ora Jamu
d. Kicir-kicir
10. Bangsa Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur. Kekayaan alam Indonesia yang terdapat di daratan dan lautan mengandung sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, contohnya ....
a. emas
b. tembaga
c. perunggu
d. pohon karet
11. Kekayaan alam Indonesia menjadi modal dan milik seluruh bangsa.pernyataan tersebut merupakan makna kesatuan wilayah Indonesia dalam bidang ...
a. politik
b. agama
c. sosial budaya
d. ekonomi
12. Ancaman terhadap satu pulau milik bangsa Indonesia merupakan ....
a. ancaman bersama bangsa Indonesia
b. ancaman kepada penduduk pulau itu sendiri
c. tantangan bagi TNI /POLRI
d. tantangan bagi pemerintah untuk berdiplomasi
13. Salah satu contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI adalah ....
a. membolos sekolah
b. melanggar aturan sekolah
c. membedakan teman dalam pergaulan
d. memelihara kerukunan dengan sesama warga
14. Berikut bukan termasuk tujuan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....
a. memajukan kesejahteraan umum
b. mencerdaskan kehidupan bangsa
c. menciptakan persaingan dunia
d. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
15. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan pada gambar diatas menunjukkan upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di lingkungan .....
a. keluarga
b. sekolah
c. masyarakat
d. negara
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.MATEMATIKA
Contoh soal Tentukan volume kubus berikut!
No comments:
Post a Comment
see you