Hari/Tanggal : Senin, 6 Mei 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Gotong Royong
2. Ipas : kebutuhan
3. Bahasa Indonesia :
4. Seni Budaya : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Si Capaian Bahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Capaian Seni Budaya
Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.
|
Contoh bentuk kegiatan gotong royong adalah saat membangun rumah di daerah pedesaan.
Gotong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.
Gotong royong sendiri dilakukan dengan ikhlas tanpa meminta imbalan karena nanti hasil gotong royong pun dinikmati secara bersama. Manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan harus bersama orang lain; manusia adalah makhluk sosial. Tanggung jawab bersama yang menyangkut kepentingan orang banyak tidak hanya dipikul oleh orang tertentu saja, melainkan semua orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur dalam gotong royong antara lain sebagai berikut.
- Usaha atau kegiatan kerja bersama
- Setiap partisipan berpartisipasi menurut kemampuan masing-masing
- Berdasarkan keikhlasan dan suka rela
- Tanpa pamrih (tanpa harapan balas jasa)
- Kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.
C. Manfaat Gotong Royong
Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong antara lain sebagai berikut
- Meringankan beban, waktu dan biaya
- Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama
- Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan
- Mempertinggi ketahanan bersama.
- Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
- Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.
- Meringankan beban, waktu dan biaya
- Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama
- Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan
- Mempertinggi ketahanan bersama.
- Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
- Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.
1. Rini menerima uang dari Tano, sedangkan Tano menerima sayur-sayuran dari Rini. Pada pernyataan tersebut, Rini berperan sebagai....
a. penjual
b. pembeli
c. barter
d. konsumen
2.
Banu menerima paket dari kurir di depan rumah. Banu berperan sebagai....
a. produsen
b. konsumen
d. disributor
d. penjual
3. perhatikan gambar berikut!
Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh ganbar tersebut yaitu....
a. jual beli
b. konsumsi
c. distribusi
d. produksi
4. Kegiatan jual beli dapat terjadi di berbagai tempat. Berikut ini salah satu faktir penyebab terjadinya jual beli yaitu....
a. belum ditemukannya alat tukar seperti uang
b. sulit bertemunya penjual dengan pembeli
c. kebutuhan yang tidak terbatas
d. kebutuhan tidak dapat dipenuhi sendiri
5. Perhatikan gambar berikut!
Kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan melaksanakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi pada gambar tersebut disebut....
a. distribusi
b. konsumsi
c. produksi
d. jual beli
Setiap manusia membutuhkan kegiatan ekonomi di dalam kehidupannya.
Ini karena kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhannya.
Selain itu, manusia merupakan mahkluk sosial sehingga tak bisa hidup dan memenuhi kebutuhannya sendiri.
1. Produksi
Produksi merupakan kegiatan ekonomi pertama karena setiap usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai barang dan jasa.
Contoh kegiatan produksi yaitu petani menanam padi yang akan menghasilkan gabah atau beras.
Lalu, nelayan mengambil ikan di laut untuk dijual kembali.
Pada intinya, kegiatan produksi yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa.
Distribusi merupakan proses menyalurkam barang yang hendak dikirim dari produsen ke konsumen.
Orang yang melakukan kegiatan distribusi dikenal dengan distributor.
Distributor mempermudah pemenuhan kebutuhan tanpa perlu pergi ke pabrik pembuatan langsung.
Contoh kegiatan ekonomi distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer yang disuplai oleh distributor.
3. Konsumsi
Kegiatan ekonomi ketiga ialah konsumsi yang merupakan usaha manusia agar memenuhi kebutuhan barang atau jasa.
Umumnya kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia dilakukan secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis guna memenuhi kebutuhan.
Contoh kegiatan konsumsi yaitu membeli keperluan untuk mandi seperti pasta gigi, sabun hingga sampo.
Barang-barang tersebut selalu digunakan dan akan habis dalam kurun waktu tertentu.
Bacalah soal berikut, lalu pilihlah jawaban yag tepat!
1. Suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah pengertian dari...
A. Kegiatan tawar menawar
B. Kegiatan jual beli
C. Kegiatan ekonomi
D. Kegiatan sehari hari
2. Kegiatan ekonomi terdiri dari tiga kegiatan, yaitu...
A. Ekonomi, konsumsi, distribusi
B. Produksi, konsumsi, distribusi
C. Produksi, ekonomi, distribusi
D. Konsumsi, konsumen, distribusi
3. kegiatan menghasilkan barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup adalah pengertian dari kegiatan .....
A. Produksi
B. Konsumsi
C. Distribusi
D. Aspirasi
4. Contoh kegiatan produksi adalah...
A. Membeli dan memakan telur
B. Peternak merawat hewan supaya menghasilkan daging, susu, telur
C. Penjual yakult berkeliling dari rumah ke rumah
D. Membeli barang di swalayan
5. Pedagang beras membeli padi dari para petani lalu menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan pedagang beras ini termasuk kegiatan ekonomi jenis ….
A. Irigasi
B. Produksi
C. Konsumsi
D. Distribusi
1. Perhatikan gambar berikut!
Jenis uang yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu...
A. uang giral
B. uang kartal
C. uang barang
D. uang saham
2. Adit ingin membeli sepasang sepatu senilai Rp150.000,00, ini menunjukkan Adit cukup membayar uang sejumlah Rp150.000,00 untuk sepasang sepatu. Fungsi uang pada pernyataan tersebut yaitu sebagai. . .
A. alat ukur
B. nilai tukar
C. alat pembayaran
D. penimbun kekayaan
3.
Bacalah teks di bawah ini untuk soal nomor 1-3.
Bermain atau belajar bersama di rumah Pahmi itu menyenangkan. Rumahnya luas, bentuknya meniru rumah Baloy, rumah adat Kalimantan Utara. Bagi Kidul, bermain di rumah Pahmi berarti dia terbebas dari Kak Asih yang cerewet menyuruhnya mandi. Kidul tidak suka mandi, itu sudah bukan rahasia lagi.
Selain terbebas dari Kak Asih, di rumah Pahmi juga banyak makanan, Ibu Pahmi selalu menyuguhi mereka buah dan penganan khas Malinau ataupun dari luar daerah, Siang ini mereka membaca buku ditemani kerupuk tipis, Kata Pahmi, kerupuk ini disebut rempeyek dan makhluk keci kecil di atasnya itu adalah rebon, atau disebut juga udang papai. Kidul suk sekali, Tiap sebentar tangannya meraih stoples berisi kerupuk itu.
1. Latar cerita di atas adalah....
a. rumah Pahmi
b. rumah Kak Asih
c. kamar mandi
d. warung
No comments:
Post a Comment
see you