Monday, May 6, 2024

Materi kelas 4

 Hari/Tanggal                      : Senin, 6 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong

2. Ipas         : kebutuhan 

3. Bahasa Indonesia         : 

4. Seni Budaya                  : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

    Capaian Seni Budaya

     

Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Mengalami

(Experiencing)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkalatar belakang serta mengeksplorasi unsuutama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desailantai.

Menciptakan

(Making/Creating)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengidentifikasi damembuat gerak dengaunsur utama tarilevel, dan perubahan arahadap.

Merefleksikan

(Reflecting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukaaktivitas pembelajaran tari.

Berpikir dan BekerjArtisti(Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untumengembangka kemampua bekerja  sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Berdampa(Impacting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalamenyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

 

 


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menyajikan data dalam bentuk piktogram ,  menginterpretasikan data dalam bentuk piktogram, menjelaskan manfaat gotong royong, menganalisa gerakan tari berdasarkan cerita rakyat. 


Pendidikan Pancasila
Gotong royong merupakan salah satu jenis tanggung jawab warga masyarakat. Apa sebenarnya gotong royong itu? Mengapa gotong royong menjadi tanggung jawab warga masyarakat? Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera. Dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat.

Contoh bentuk kegiatan gotong royong adalah saat membangun rumah di daerah pedesaan. 
Gotong Royong
Berdasarkan gambar di atas, buatlah kesimpulan tentang pengertian gotong royong, unsur-unsur gotong royong, dan manfaat gotong royong.

A. Pengertian Gotong Royong

Gotong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

Gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti. Budaya gotong royong tolong menolong terjadi pada aktivitas pertanian, kegiatan sekitar rumah tangga, kegiatan pesta, kegiatan perayaan, dan pada peristiwa bencana atau kematian. Sedangkan budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum.

B. Unsur-unsur Gotong Royong
Gotong royong sendiri dilakukan dengan ikhlas tanpa meminta imbalan karena nanti hasil gotong royong pun dinikmati secara bersama. Manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan harus bersama orang lain; manusia adalah makhluk sosial. Tanggung jawab bersama yang menyangkut kepentingan orang banyak tidak hanya dipikul oleh orang tertentu saja, melainkan semua orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur dalam gotong royong antara lain sebagai berikut.
  1. Usaha atau kegiatan kerja bersama
  2. Setiap partisipan berpartisipasi menurut kemampuan masing-masing
  3. Berdasarkan keikhlasan dan suka rela
  4. Tanpa pamrih (tanpa harapan balas jasa)
  5. Kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.

C. Manfaat Gotong Royong
Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong antara lain sebagai berikut
  1. Meringankan beban, waktu dan biaya
  2. Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama
  3. Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan
  4. Mempertinggi ketahanan bersama.
  5. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
  6. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

Pada dasarnya, setiap orang tidak bisa hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Orang-orang yang saling membutuhkan dan mempunyai kepentingan yang sama dalam suatu tempat yang disebut masyarakat.


Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi, serta saling menjaga hubungan baik dengan orang lain. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, maka setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

Manfaat Gotong Royong
Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong antara lain sebagai berikut
  1. Meringankan beban, waktu dan biaya
  2. Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama
  3. Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan
  4. Mempertinggi ketahanan bersama.
  5. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
  6. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

Pada dasarnya, setiap orang tidak bisa hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Orang-orang yang saling membutuhkan dan mempunyai kepentingan yang sama dalam suatu tempat yang disebut masyarakat.


Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi, serta saling menjaga hubungan baik dengan orang lain. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, maka setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

IPAS
Kegiatan Jual Beli

Kerjakan soal berikut dengan tepat!

1. Rini menerima uang dari Tano, sedangkan Tano menerima sayur-sayuran dari Rini. Pada pernyataan tersebut, Rini berperan sebagai....

a. penjual

b. pembeli

c. barter

d. konsumen


2. 


Banu menerima paket dari kurir di depan rumah. Banu berperan sebagai....

a. produsen

b. konsumen

d. disributor

d. penjual


3. perhatikan gambar berikut!


Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh ganbar tersebut yaitu....

a. jual beli

b. konsumsi

c. distribusi

d. produksi


4. Kegiatan jual beli dapat terjadi di berbagai tempat. Berikut ini salah satu faktir penyebab terjadinya jual beli yaitu....

a. belum ditemukannya alat tukar seperti uang

b. sulit bertemunya penjual dengan pembeli

c. kebutuhan yang tidak terbatas

d. kebutuhan tidak dapat dipenuhi sendiri


5. Perhatikan gambar berikut!



Kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan melaksanakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi pada gambar tersebut disebut....

a. distribusi

b. konsumsi

c. produksi

d. jual beli


Setiap manusia membutuhkan kegiatan ekonomi di dalam kehidupannya.

Ini karena kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhannya.

Selain itu, manusia merupakan mahkluk sosial sehingga tak bisa hidup dan memenuhi kebutuhannya sendiri.

1. Produksi

Produksi merupakan kegiatan ekonomi pertama karena setiap usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai barang dan jasa.

Contoh kegiatan produksi yaitu petani menanam padi yang akan menghasilkan gabah atau beras.

Lalu, nelayan mengambil ikan di laut untuk dijual kembali.

Pada intinya, kegiatan produksi yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa. 

Distribusi merupakan proses menyalurkam barang yang hendak dikirim dari produsen ke konsumen.

Orang yang melakukan kegiatan distribusi dikenal dengan distributor.

Distributor mempermudah pemenuhan kebutuhan tanpa perlu pergi ke pabrik pembuatan langsung.

Contoh kegiatan ekonomi distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer yang disuplai oleh distributor.

3. Konsumsi

Kegiatan ekonomi ketiga ialah konsumsi yang merupakan usaha manusia agar memenuhi kebutuhan barang atau jasa.

Umumnya kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia dilakukan secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis guna memenuhi kebutuhan.

Contoh kegiatan konsumsi yaitu membeli keperluan untuk mandi seperti pasta gigi, sabun hingga sampo.

Barang-barang tersebut selalu digunakan dan akan habis dalam kurun waktu tertentu.

Bacalah soal berikut, lalu pilihlah jawaban yag tepat!

1.       Suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah pengertian dari...

A.    Kegiatan tawar menawar

B.    Kegiatan jual beli

C.    Kegiatan ekonomi

D.   Kegiatan sehari hari

 

2.       Kegiatan ekonomi terdiri dari tiga kegiatan, yaitu...

A.    Ekonomi, konsumsi, distribusi

B.    Produksi, konsumsi, distribusi

C.    Produksi, ekonomi, distribusi

D.   Konsumsi, konsumen, distribusi

 

3.       kegiatan menghasilkan barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup adalah pengertian dari kegiatan .....

A.    Produksi

B.    Konsumsi

C.    Distribusi

D.   Aspirasi

 

4.       Contoh kegiatan produksi adalah...

A.    Membeli dan memakan telur

B.    Peternak merawat hewan supaya menghasilkan daging, susu, telur

C.    Penjual yakult berkeliling dari rumah ke rumah

D.   Membeli barang di swalayan

 

5.       Pedagang beras membeli padi dari para petani lalu menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan pedagang beras ini termasuk kegiatan ekonomi jenis ….

A.    Irigasi

B.    Produksi

C.    Konsumsi

D.   Distribusi


1.       Perhatikan gambar berikut!


Jenis uang yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu...

A. uang giral

B. uang kartal

C. uang barang

D. uang saham

2.       Adit ingin membeli sepasang sepatu senilai Rp150.000,00, ini menunjukkan Adit cukup membayar uang sejumlah Rp150.000,00 untuk sepasang sepatu. Fungsi uang pada pernyataan tersebut yaitu sebagai. . .

A. alat ukur

B. nilai tukar

C. alat pembayaran

D. penimbun kekayaan

3.      

Bahasa Indonesia
Sehatlah Ragaku


Bacalah teks di bawah ini untuk soal nomor 1-3.

Bermain atau belajar bersama di rumah Pahmi itu menyenangkan. Rumahnya luas, bentuknya meniru rumah Baloy, rumah adat Kalimantan Utara. Bagi Kidul, bermain di rumah Pahmi berarti dia terbebas dari Kak Asih yang cerewet menyuruhnya mandi. Kidul tidak suka mandi, itu sudah bukan rahasia lagi.

Selain terbebas dari Kak Asih, di rumah Pahmi juga banyak makanan, Ibu Pahmi selalu menyuguhi mereka buah dan penganan khas Malinau ataupun dari luar daerah, Siang ini mereka membaca buku ditemani kerupuk tipis, Kata Pahmi, kerupuk ini disebut rempeyek dan makhluk keci kecil di atasnya itu adalah rebon, atau disebut juga udang papai. Kidul suk sekali, Tiap sebentar tangannya meraih stoples berisi kerupuk itu.


1. Latar cerita di atas adalah....

a. rumah Pahmi

b. rumah Kak Asih

c. kamar mandi

d. warung

No comments:

Post a Comment

see you