Tuesday, July 23, 2024

Materi Kelas IV Kurikulum Merdeka

Hari/Tanggal : Selasa, 23 Juli 2024

Mata Pelajaran:

1. Matematika : Menghitung Bilangan sampai 10.000

2. Pendidikan Pancasila : Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

3. IPAS : Panca Indra

4. Bahasa Indonesia : Sudah Besar 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :

Peserta didik menunjukkan makna sila-sila Pancasila, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; mengenal karakter para perumus Pancasila; menunjukkan sikap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia:

1. Menyimak: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

2. Membaca dan memirsa : Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

3. Berbicara dan Mempresentasikan : Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

4. Menulis : Peserta didik mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks. Peserta didik terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung

Capaian Pembelajaran Matematika :

1. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra;

                  

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah  tujuan pembelajaran yang akan  dicapai adalah: Peserta didik dapat mengenali sejarah dan tokoh perumus naskah teks pancasila, membaca dan mneuliskan bilangan cacah sampai 10.000, juga mengenal bentuk dan fungsi pancaindera mata.

 Matematika 

Pernahkan kalian pergi ke minimarket? Apakah kalian pernah mengamati
harga yang tertulis di label rak makanan minimarket? Kalian akan temui banyak
bilangan di label tersebut. Ayo, kita cari tahu tentang bilangan empat angka.

Setelah Helen dan Ibu berbelanja di minimarket, Mereka pulang ke rumah.
Jarak dari minimarket ke rumah, yaitu 3.286 meter.
Tahukah kalian cara membaca bilangan 3.286?
Untuk jarak rumah Helen dengan minimarket, dapat kita nyatakan:
Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
     3          2            8            6
Dibaca: Tiga Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Enam.
Contoh:
2.634 dibaca dua ribu enam ratus tiga puluh empat
7.003 dibaca tujuh ribu tiga (ratusan dan puluhan tidak dibaca karena nol)
6.570 dibaca enam ribu lima ratus tujuh puluh (satuan tidak dibaca karena
nol)

Menulis bilangan cacah sampai 10.000
Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia.
Terdapat sekitar 500 gunung berapi yang tersebar di Indonesia.
Salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia yaitu gunung Semeru.
Gunung Semeru terletak di antara Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.
Gunung Semeru memiliki puncak bernama Mahameru dengan tinggi mencapai
“tiga ribu enam ratus tujuh puluh enam” meter di atas permukaan laut (mdpl)
Cara menulis bilangan “tiga ribu enam ratus tujuh puluh enam” sebagai
berikut.
tiga ribu enam ratus tujuh puluh enam rupiah
ditulis
3.676
Tiga ribu enam ratus tujuh puluh enam ditulis 3.676

Perhatikan percakapan berikut dengan cermat.

Caranya adalah :

Tiga ribu dua ratus lima puluh empat
tentukan angka yang menunjukkan ribuan, yaitu tiga, ditulis 3
tentukan angka yang menunjukkan ratusan, yaitu dua, ditulis 2
tentukan angka yang menunjukkan puluhan, yaitu lima, ditulis 5
tentukan angka yang menunjukkan satuan, yaitu empat, ditulis 4
sehingga bilangan tersebut adalah 3.254
 

Menentukan dan Menggunakan Nilai Tempat
Bilangan Cacah sampai 10.000
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah dengan cermat.
Bilangan juga memiliki nilai tempat. Beberapa
angka yang bergabung dalam bilangan memiliki
nilai tempat masing-masing. Sebelum kalian
memahami lebih jauh, Ayo kita lakukan aktivitas
berikut.

Aktivitas 2. Nilai Tempat
Alat dan Bahan:
- 4 Buah kardus bekas/wadah berbentuk kotak
- Kertas karton
Langkah-langkah:
1. Buatlah kelompok kerja yang terdiri dari 3-5 orang.
2. Siapkan 4 kardus bekas/wadah dan masing-masing kardus diberi label/
tulisan ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan, dengan menggunakan spidol
berwarna biru, orange, hijau, dan merah.
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan
3. Letakkan kardus ribuan, kardus ratusan, kardus puluhan, dan kardus
satuan berurutan dari kiri ke kanan.
4. Siapkan kertas karton, buatlah kotak-kotak berukuran 10 cm x 10 cm
sebanyak 40 kotak.
5. Tuliskan angka 0, 1, … sampai 9 pada setiap kotak dengan warna spidol
yang berbeda.
6. Guntinglah menjadi kartu bilangan.
7. Kalian telah mempunyai 4 paket kartu bilangan.
- Paket kartu bilangan 1 dengan tulisan berwarna biru.
- Paket kartu bilangan 2 dengan tulisan berwarna orange.
- Paket kartu bilangan 3 dengan tulisan berwarna hijau.
- Paket kartu bilangan 4 dengan tulisan berwarna merah.
8. Masukkan setiap paket kartu bilangan ke dalam 4 kardus yang tersedia
sesuai warna tulisannya. Pastikan semua kardus terisi oleh kartu bilangan.
9. Ambil satu kartu bilangan dari masing-masing kardus dan susunlah menjadi
bilangan empat angka.
10. Catatlah di buku tulis kalian angka yang tertera pada kartu bilangan yang
diperoleh dari setiap kardus.
11. Tentukan nilai tempat dari setiap angka yang diperoleh dari masing-masing
kardus.
12. Jika keempat angka tersebut disusun menjadi bilangan 4 angka, dapatkan
kalian menyatakan bilangan tersebut?

2.150 dibaca : dua ribu seratus lima puluh
Angka 2 menempati nilai tempat “ribuan”
Angka 1 menempati nilai tempat “ratusan”
Angka 5 menempati nilai tempat “puluhan”
Angka 0 menempati nilai tempat “satuan”
Penulisan nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan.
2.150
Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
       2       1             5           0 
Ayo Berlatih

1. Tuliskan bilangan yang terdiri atas 4 angka dan letakkan setiap angka
sesuai nilai tempatnya.
......     Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
               7           8           1           2 
2. Tulis nilai tempat dari angka 6 dari bilangan berikut.
3. Azizah membantu Ibu menjual kue buatan Ibu ke temannya. Slamet membeli
kue seharga Rp7.350,00. Slamet mempunyai pecahan uang Rp9.500,00
di saku bajunya. Slamet membayar kue tersebut dan mendapatkan sisa
uangnya sebesar Rp2.150,00.
a. Tentukan nilai tempat dari 7.350
b. Tentukan nilai tempat dari 9.500
c. Tentukan nilai tempat dari 2.150

Materi Pendidikan Pancasila 

Pancasila memiliki sejarah yang panjang sebagai dasar negara sekaligus falsafah hidup bangsa Indonesia. Dalam rangkaian proses perumusan Pancasila, terdapat nilai-nilai kebersamaan dari berbagai perbedaan yang muncul sebelum kemerdekaan Republik Indonesia akhirnya bisa diwujudkan. Secara etimologi, Pancasila berakar dari bahasa Sansekerta panca yang artinya "lima" dan sila yang berarti "asas" atau "prinsip".


Dengan demikian, Pancasila bisa dimaknai sebagai rumusan dan pedoman dalam kehidupan seluruh rakyat Indonesia. Istilah Pancasila muncul dalam Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca yang disusun tahun 1365 Masehi atau masa Kerajaan Majapahit. Menurut buku Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara (2012), istilah ini kembali diangkat dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Perjuangan untuk merebut kemerdekaan tidak sekadar bersama-sama melakukan perlawanan terhadap penjajah. Kebersamaan dalam proses musyawarah yang dilakukan oleh para bapak bangsa (the Founding Fathers) dalam merumuskan dasar negara juga merupakan salah satu bentuk perjuangan melepaskan diri dari tangan penjajah. Ketika semangat kemerdekaan rakyat Indonesia sedang memuncak, proses perumusan dasar negara yang dilakukan demi menuju kemerdekaan adalah hal yang tidak bisa ditunda lagi.
Founding Father
Perjuangan yang dilakukan oleh para bapak bangsa dalam proses perumusan dasar negara tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam proses tersebut bermunculan banyak sekali pendapat yang diajukan mengenai rumusan dasar negara. Tiga orang tokoh; Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno merupakan bagian dari para bapak bangsa yang mengemukakan gagasan dan pendapatnya mengenai rumusan dasar negara Indonesia merdeka.

Namun, dalam menghasilkan suatu keputusan sidang tidak semua pendapat harus diterima. Akhirnya setelah melalui proses sidang musyawarah yang panjang, maka disepakati rumusan dasar negara bernama Pancasila yang dapat kita kenali hingga saat ini.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat dibilang bahwa nilai perjuangan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara pasti dilandasi dengan kepentingan bangsa dalam semangat kebersamaan yang tinggi. Nilai juang dalam semangat kebersamaan tersebut tertuang sebagai berikut:
  1. Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Semangat anti penjajah dan penjajahan.
  3. Harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka.
  4. Semangat persatuan dan kesatuan.
  5. Setia kawan, senasib sepenanggungan, dan kebersamaan.
  6. Jiwa dan semangat merdeka.
  7. Semangat perjuangan yang tinggi.
  8. Pantang mundur dan tidak kenal menyerah.
  9. Ulet dan tabah menghadapi segala macam, tantangan, hambatan, dan gangguan.
  10. Berani, rela dan ikhlas berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.
  11. Cinta tanah air dan bangsa.
  12. Tanpa pamrih dan banyak bekerja.
  13. Disiplin yang tinggi.
  14. Percaya kepada hari depan yang gemilang dari bangsanya

Landasan perjuangan bangsa Indonesia termaktub dalam nilai-nilai tersebut yang menjadi bagian dalam merumuskan dasar negara kita Pancasila. Selain itu, para bapak bangsa dan rakyat Indonesia pada waktu itu telah mendalami nilai-nilai tersebutsehingga menyatu dalam diri.

Keputusan yang diambil dan disepakati dalam proses perumusan dasar negara pada saat itu merupakan keputusan terbaik yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Berdasarkan nilai-nilai itulah, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia dapat dipertahankan hingga sekarang.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Sebutkan empat macam sikap atau perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila!
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
  2. Hidup rukun dan dapat bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda.
  3. Menghormati setiap orang dalam kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
  4. Yakin terhadap agama atau kepercayaan yang dianutnya tetapi tidak memaksakannya kepada orang lain


Materi IPAS

Panca artinya lima,   sedangkan   indra   sistem pada tubuh manusia untuk mengenali, merasakan, dan merespon stimulus secara fisik. indra mengenali atau merasakan sesuatu, indra akan mengumpulkan informasi untuk memberikan respon terhadap apa yang diketahui. Dengan kata lain, panca indra adalah 5 media pada tubuh manusia untuk merasa, mencium, mendengar, melihat, meraba, dan merasakan sesuatu secara naluri.

Mengenal Macam-macam  Panca indra



Struktur

a) Sklera

Sklera adalah bagian mata yang berfungsi untuk menutupi seluruh bola mata, kecuali bagian kornea. Sklera ini tersusun dari jaringan yang ikat dengan serat yang kuat serta berwarna putih sedikit buram. Sklera ini bisa dikatakan sebagai bagian mata yang tidak tembus terhadap cahaya.


b)    Koroid

Koroid adalah lapisan mata yang berada di bagian tengah yang didalamnya terdapat pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi untuk memberikan nutrisi dan oksigen pada mata khususnya bagian mata retina. Koroid ini warnanya gelap karena berfungsi untuk melindungi bola mata dari berbagai macam gangguan, seperti cahaya ya-ng berlebih.


c)     Retina

Retina adalah bagian mata yang berupa lapisan dan sangat peka terhadap rangsangan cahaya. Seluruh bagian yang ada di retina mempunyai hubungan dengan sel-sel saraf yang serabutnya dapat menyusun urat-urat saraf optik yang bentuknya memanjang sampai ke bagian otak.Di retina terdapat tulang yang dimana tulang tersebut berfungsi sebagai pelindung bola mata sekaligus sebagai tempat keberadaan mata. Tulang yang ada pada retina ini disebut dengan tulang orbita.


d)    Lensa

Lensa adalah bagian mata yang terletak pada bagian belakang iris dan pupil. Bagian mata yang satu ini berfungsi untuk memusatkan cahaya dan objek pada retina. Lensa memiliki jaringan yang lentur dan transparan. Jika kamu pengguna kacamata, maka sudah dipastikan bahwa kondisi mata kamu rabun jauh atau rabun dekat.


e)    Iris dan pupil

Iris adalah bagian mata atau selaput bola mata yang terletak pada bagian kornea. Sedangkan pupil adalah otot-otot mata yang dapat menngecil dan membesar atau tertutup dan terbuka ketika ada cahaya yang masuk.Pada dasarnya fungsi iris dan pupil sama karena kedua bagian tersebut saling berkaitan satu sama lain. Fungsi iris dan pupil adalah menyesuaikan cahaya yang masuk ke dalam mata. Sementara itu, pupil berfungsi untuk


   f) Makula

Makula adalah bagian mata yang tengahnya berfungsi sebagai penglihatan supaya lebih jelas. Selain itu, makula juga berfungsi sebagai penerima cahaya. Oleh karena itu, kondisi makula harus diperhatikan dengan baik supaya penglihatan dan pengatur cahaya yang masuk pada mata tidak terganggu.Makula itu send


g) Kornea

Kornea adalah bagian mata yang berbentuk jaringan seperti kubah transparan. Selain itu, kornea berfungsi sebagai pembentuk bagian mata paling luar dan sebagai pintu keluar masuknya cahaya yang datang dari luar.


Bahasa Indoneisa 



No comments:

Post a Comment

see you