Monday, August 5, 2024

Materi Kelas 4 Kurikulum merdeka

Hari/Tanggal : Senin, 5 Agustus 2024

Mata Pelajaran:

1. Pendidikan Pancasila : Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

2. Bahasa Indonesia : Sudah Besar

3. Matematika : Menghitung Bilangan sampai 10.000

4. Seni Musik: Bunyi

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :

Peserta didik menunjukkan makna sila-sila Pancasila, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; mengenal karakter para perumus Pancasila; menunjukkan sikap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia:

1. Menyimak: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

2. Membaca dan memirsa : Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

3. Berbicara dan Mempresentasikan : Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

4. Menulis : Peserta didik mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks. Peserta didik terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung

Capaian Pebelajaran Matematika :

1. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Capaian Pembelajaran Seni Musik:

1.Mengalami : Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola bunyi, nada, dan   irama baik yang menggunakan anggota tubuh maupun yang menggunakan alat musik ritmis dan melodis.

2. Merefleksikan: Peserta didik memberikan tanggapan atau umpan balik mengenai praktik bermusik dirinya atau orang lain dengan menggunakan istilah musik yang telah dipelajari.

3. Berpikir dan bekerja secara artistik 

Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola irama, tempo, dan bunyi dasar ragam alat musik

                                 

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....

Anak sholih sholihah  tujuan pembelajaran yang akan  dicapai adalah: Peserta didik dapat mengenali perumus naskah teks pancasila, mengenal bilangan sampai 10.000, menentukan ide pokok pada paragraf, dan mengenal bunyi yang dihasilkan dari alat musik semangat belajarnya ya.

Pancasila 

Materi Kegiatan Belajar 2 dapat diunduh di sini
Materi Kegiatan Belajar 3 : dapat diunduh disini 

Bahasa Indonesia 

Matematika 
Penjumlahan Bilangan cacah sampai 10.000

Pak Toni mempunyai pohon jeruk sebanyak 131 pohon di Kota Jember dan
321 pohon di Kota Banyuwangi. Berapakah banyak pohon jeruk Pak Toni
seluruhnya?
Untuk menghitung banyak pohon jeruk Pak Toni
seluruhnya, dapat dilakukan dengan penjumlahan
cara susun panjang dan cara susun pendek

 


Seni musik 
Pokok materi irama sederhana 
Lambang X untuk tanda memukul (tepuk tangan)
Lambang O untuk diam (kedua telapak tangan di buka)
tanda titik merupakan julmah ketukan yang harus ditahan (kedua telapak tangan di tutup)
tanda garis di atas seperti X X menandakan ketukan  harus lebih cepat setengah kali (dalam satu ketukan ada dua kali pukul dengan kesamaan nilai ketukan bisa dicontohkan dengan langkah kaki satu per satu 


Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tertib siswa dapat mengikuti pembelajaran ada dua siswa tidak hadir sekolah. Catatan siswa perlu merapikan kembali tulisa.n. Dari kegiatan belajar yang sudah berlangsung 90 persen siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan baik 




No comments:

Post a Comment

see you