Thursday, September 12, 2024

Transformasi Energi

Hari/Tanggal : 12 September 2024

Mata pelajaran : IPAS

Capaian Pembelajaran 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; serta perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Keterampilan proses

1.    Mengamati

Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya.

2.    Mempertanyakan dan memprediksi

Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

3.    Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

4.    Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara  hasil  pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah.

5.    Mengevaluasi dan refleksi

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan.

6.    Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan         hasil     penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format.



 
Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..

Transformasi energi adalah perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainTransformasi energi terjadi setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang transformasi energi: 
 
  • Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. 
     
  • Manusia tidak dapat menciptakan dan memusnahkan energi, hal ini sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi. 
     
  • Energi dapat ditransfer dari satu benda ke benda lain saat benda bertabrakan. 
     
  • Energi juga dapat ditransfer dari satu tempat ke tempat lain melalui panas, suara, arus listrik, atau cahaya. 
     
  • Perangkat dapat dirancang untuk mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain. 
     
  • Prinsip transformasi energi dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan usaha. 
     
  • Beberapa contoh transformasi energi, yaitu: 
     
    • Energi listrik menjadi energi panas 
       
    • Energi listrik menjadi energi gerak 
       
    • Energi gerak menjadi energi bunyi 
       
    • Energi listrik menjadi energi suara 
       
    • Energi gerak menjadi energi panas 
       
    • Energi cahaya menjadi energi kimia 
       
    • Energi kimia menjadi gerak 
       
    • Energi panas menjadi gerak 
  • Energi Potensial 



    •  

No comments:

Post a Comment

see you