Thursday, November 7, 2024

Peta _Bentang Alam

Hari : Kamis, 7 November 2024

Materi IPAS 

IPAS   : Peta Kenampakan Alam 
CP : 

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; serta perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Keterampilan proses

1.    Mengamati

Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya.

2.    Mempertanyakan dan memprediksi

Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

3.    Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

4.    Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara  hasil  pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah.

5.    Mengevaluasi dan refleksi

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan.

6.    Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan         hasil     penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format.


Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

Assalamu'alaikum wr wb...

IPAS 

Berkenalan dengan Letak Geograis dan Astronomis
Pada kegiatan sebelumnya, kamu telah menemukan fungsi garis mendatar
dan tegak dalam peta, yang dikenal dengan garis astronomis. Garis mendatar
pada peta disebut dengan garis lintang, sedangkan garis tegak disebut
dengan garis bujur. Kedua garis ini akan membantu kita menentukan suatu
lokasi di bumi. Letak wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur disebut
dengan letak astronomis. Berikut gambar peta dengan garis astronomis.
Ada pula peta pada aplikasi yang tidak menggunakan garis lintang dan
bujur. Kira-kira bagaimana ya, cara kita mengetahui lokasi dengan angka
lintang dan bujurnya? Amati gambar berikut ini.


Selain letak astronomis, suatu wilayah juga dapat diidentiikasi dengan
melihat kenampakan alam di sekitarnya dan wilayah-wilayah yang berdekatan.
Posisi sebuah wilayah berdasarkan bentuk dan ciri-ciri kenampakan di bumi
disebut dengan letak geograis. Umumnya, penulisan letak geograis
berupa nama kenampakan daerah atau nama daerah yang secara langsung
bersebelahan dengan lokasi tersebut. Jadi, sudahkah kamu tahu arti angka
yang disebutkan Ian? Bagaimana letak astronomis dan geograis daerah
tempat tinggalmu? Tuliskan tambahan informasi yang kamu temukan pada
buku tugas.

Peta yang kamu pelajari sebelumnya termasuk ke dalam peta umum. Peta
umum merupakan jenis peta yang menggambarkan kenampakan bumi.
Namun, tahukah kamu bahwa ada pula yang disebut peta khusus atau dikenal
juga sebagai peta tematik?
Peta tematik menampilkan informasi kenampakan tertentu, sesuai dengan
yang ingin disampaikan oleh pembuat peta. Penggunaan simbol pada peta
tematik akan disesuaikan dengan tema pada judul peta, seperti: peta kepadatan
penduduk, peta persebaran sumber daya alam, peta persebaran lora dan
fauna, peta cuaca, peta budaya, dan peta pariwisata.
Kesimpulan:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tertib dan terlaksana dangan baik. Pelbelajaran matematika alhamdulillah hanya ada 4 orang siswa yang belum memahami tentang bentang Alam 

No comments:

Post a Comment

see you