Hari : Kamis, 7 November 2024
Materi IPAS
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman IPAS (sains dan sosial) | Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; serta perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya |
Keterampilan proses | 1. Mengamati Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. 3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah. 5. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan. 6. Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format. |
Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup
IPAS
Berkenalan dengan Letak Geograis dan AstronomisPada kegiatan sebelumnya, kamu telah menemukan fungsi garis mendatardan tegak dalam peta, yang dikenal dengan garis astronomis. Garis mendatarpada peta disebut dengan garis lintang, sedangkan garis tegak disebutdengan garis bujur. Kedua garis ini akan membantu kita menentukan suatulokasi di bumi. Letak wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur disebutdengan letak astronomis. Berikut gambar peta dengan garis astronomis.Ada pula peta pada aplikasi yang tidak menggunakan garis lintang danbujur. Kira-kira bagaimana ya, cara kita mengetahui lokasi dengan angkalintang dan bujurnya? Amati gambar berikut ini.
Selain letak astronomis, suatu wilayah juga dapat diidentiikasi denganmelihat kenampakan alam di sekitarnya dan wilayah-wilayah yang berdekatan.Posisi sebuah wilayah berdasarkan bentuk dan ciri-ciri kenampakan di bumidisebut dengan letak geograis. Umumnya, penulisan letak geograisberupa nama kenampakan daerah atau nama daerah yang secara langsungbersebelahan dengan lokasi tersebut. Jadi, sudahkah kamu tahu arti angkayang disebutkan Ian? Bagaimana letak astronomis dan geograis daerahtempat tinggalmu? Tuliskan tambahan informasi yang kamu temukan padabuku tugas.
Peta yang kamu pelajari sebelumnya termasuk ke dalam peta umum. Petaumum merupakan jenis peta yang menggambarkan kenampakan bumi.Namun, tahukah kamu bahwa ada pula yang disebut peta khusus atau dikenaljuga sebagai peta tematik?Peta tematik menampilkan informasi kenampakan tertentu, sesuai denganyang ingin disampaikan oleh pembuat peta. Penggunaan simbol pada petatematik akan disesuaikan dengan tema pada judul peta, seperti: peta kepadatanpenduduk, peta persebaran sumber daya alam, peta persebaran lora danfauna, peta cuaca, peta budaya, dan peta pariwisata.Kesimpulan:Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tertib dan terlaksana dangan baik. Pelbelajaran matematika alhamdulillah hanya ada 4 orang siswa yang belum memahami tentang bentang Alam
IPAS
No comments:
Post a Comment
see you