Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Assalamu'alaikum wr wb...
Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.
Bangga sebagai bangsa Indonesia
Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat
mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri
bangsa akan rendah atau merosot jika warganya
tidak mempunyai rasa bangga terhadap
bangsanya sendiri.
Keluarga Andi sedang berwisata di luar
negeri. Andi tentunya sangat bahagia.
Pada saat pergi ke pusat perbelanjaan di
negara tersebut, Andi tampak tidak
terlalu antusias. Andi beralasan produkproduk
buatan Indonesia jauh lebih baik
dibandingkan dengan barang-barang
yang ada di pusat perbelanjaan itu,
sehingga Andi hanya membeli barang
yang benar-benar unik
Mengapa harus bangga?
Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang
melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri
dari berbagai suku bangsa dan budaya serta
agama. Akan tetapi, meskipun bangsa kita terdiri
dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama,
bangsa kita tidak terpecah belah dan tetap
bersatu sampai sekarang.
Perilaku Bangga
Contoh Perilaku Bangga
Harus belajar yang rajin
giat bekerja sesuai dengan kemampuan,
mengembangkan bakat yang dimiliki dengan
giat berlatih,
mengikuti upacara bendera,
menyukai barang-barang buatan Indonesia,
menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar,
menghormati bendera Merah Putih dan lagu
Indonesia Raya,
menyukai lagu-lagu Indonesia,
menyukai film-film Indonesia,
memilih idola tokoh-tokoh Indonesia, dan
bangga akan jasa para pahlawan kusuma
bangsa
Apa yang akan kamu lakukan jika ada negara
lain yang menghina bangsa kita?
Tentunya saya akan membela bangsa
Indonesia, tetapi dengan cara yang baik.
Misalnya, menegur orang tersebut dengan
santu agar tidak sembarangan dalam
berbicara tentang negara lain.
Saya juga akan memperkenalkan pada orang
tersebut tentang budaya Indonesia.
Kemudian menjelaskan kalau setiap bangsa
pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya
masing-masing.
Pada pembelajaran seni musik kelas IV sekolah dasar Kurikulum merdeka terdapat pembahasan tentang Menjadi Dirigen. Tujuan pembelajaran kegiatan ini adalah peserta didik dapat memahami perbedaan ayunan birama 4/4, 2/4, dan 3/4. Peserta didik dapat memahami peran dirigen dalam sebuah aubade atau paduan suara. Peserta didik dapat membaca gerakan isyarat dirigen dalam menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah.
- Ayunan tangan ke bawah menandakan ketukan pertama yang menjadi ketukan berat atau penentu suatu ayunan
- Ketukan kedua dilambangkan dengan ayunan tangan ke kiri
- Ketukan ketiga dilambangkan dengan ayunan tangan ke arah sebaliknya yakni kanan
- Ketukan ketiga dilambangkan dengan ayunan tangan ke atas yang menjadi simbol ketukan paling ringan dan jembatan akhir untuk kembali ke ketukan berat
- Ketukan pertama selalu dilambangkan dengan ayunan tangan ke bawah yang melambangkan ketukan berat
- Ketukan kedua dilambangkan dengan mengayunkan tangan ke sebelah kanan
- Ketukan ketiga melambangkan ketukan yang paling ringan sehingga digambarkan dengan gerakan ayunan tangan ke atas
- Ketukan pertama selalu dilambangkan dengan ayunan tangan ke bawah yang melambangkan ketukan berat
- Ketukan kedua langsung melambangkan ketukan yang paling ringan sehingga digambarkan dengan gerakan ayunan tangan ke atas
Demikian Pembahasan mengenai Menjadi Dirigen. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Matematika
Matematika
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!
a. 400 ml
b. 500 ml
c. 800 ml
d. 1.000 ml
a. A
b. B
c. C
d. D
3) Selisih volume teh antara kaleng A dan B adalah …. ml.
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
4) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah …. ml.
a. 2.300
b. 1.800
c. 1.300
d. 2.800
5) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah ….
a. 2.300 liter
b. 230 liter
c. 2,3 liter
d. 0,23 liter
![](https://bimbelbrilian.com/wp-content/uploads/2023/02/Slide2.jpg)
6) Volume susu pada botol A adalah ….
a. 1 liter c. 2 liter
b. 1,5 liter d. 2,5 liter
7) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume susu botol A paling banyak
b. Volume susu botol B paling sedikit
c. Volume susu botol C paling banyak
d. Volume susu botol B paling banyak
8) Jumlah volume susu dari botol A dan B jika digabung adalah …. liter.
a. 2
b. 3
c. 1,5
d. 2,5
9) Selisih volume susu antara botol A dan C adalah …. ml.
a. 1
b. 0,5
c. 100
d. 1.000
10) Jumlah volume susu dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 4.500
b. 450
c. 45
d. 4,5
Raja Ampatku
- Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
- Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)
- Tentukan tema puisi kalian.
- Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk → puisi tentang air terjun
- Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik
- Tulislah puisi kalian di buku tulis.
- Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.
Alam Indah Tepi PantaiSang ombak menari-nari di tepian pantaiMenyapa pasir yang terhampar luasCamar berterbangan di atas ombakBerharap ikan segar bertemu merekaOmbak mengusap kedua mata kakiTerasa dingin hingga ke relung dadaIkan-ikan kecil genit menggigit telapak kakiMenambah perasaan suka pada alam iniKupandangi kaki langit yang kemerahanTerasa indah di pandang mataKurasa sinar mentari indah inilahYang menyatukan langit biru dan laut luas
No comments:
Post a Comment
see you