Hari/Tanggal : Senin, 3 Februari 2025
Kelas : IV
Materi Bahasa Indonesia
CP:
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Capaian Pembelajaran Seni Budaya:
Elemen | Capaian Pembelajaran |
Mengalami (Experiencing) | Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengimitasi dan menata bunyi-musik sederhana dengan menunjukkan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik. |
Menciptakan (Making/Creating) | Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengembangkan, mengimitasi, dan menata bunyi-musik sederhana menjadi pola baru dengan mempertimbangkan unsur-unsur bunyi-musik intrinsik maupun ekstrinsik. |
Merefleksikan (Reflecting) | Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam beragam bentuk: lisan, tulisan/gambar, atau referensi lainnya. |
Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) | Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menyimak, mendokumentasikan secara sederhana, dan menjalani kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik sejak dari persiapan, saat bermusik, maupun usai berpraktik musik, serta memilih secara aktif dan memainkan karya musik sederhana secara artistik, yang mengandung nilai-nilai positif dan membangun. |
Berdampak (Impacting) | Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menjalani, mendokumentasikan kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik dan aktif dalam kegiatan-kegiatan bermusik lewat bernyanyi dan memainkan media bunyi-musik sederhana serta mendapatkan pengalaman dan kesan baik bagi diri sendiri, sesama, dan lingkungan. |
Bangga sebagai bangsa Indonesia
Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat
mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri
bangsa akan rendah atau merosot jika warganya
tidak mempunyai rasa bangga terhadap
bangsanya sendiri.
Keluarga Andi sedang berwisata di luar
negeri. Andi tentunya sangat bahagia.
Pada saat pergi ke pusat perbelanjaan di
negara tersebut, Andi tampak tidak
terlalu antusias. Andi beralasan produkproduk
buatan Indonesia jauh lebih baik
dibandingkan dengan barang-barang
yang ada di pusat perbelanjaan itu,
sehingga Andi hanya membeli barang
yang benar-benar unik
Mengapa harus bangga?
Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang
melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri
dari berbagai suku bangsa dan budaya serta
agama. Akan tetapi, meskipun bangsa kita terdiri
dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama,
bangsa kita tidak terpecah belah dan tetap
bersatu sampai sekarang.
Perilaku Bangga
Contoh Perilaku Bangga
Harus belajar yang rajin
giat bekerja sesuai dengan kemampuan,
mengembangkan bakat yang dimiliki dengan
giat berlatih,
mengikuti upacara bendera,
menyukai barang-barang buatan Indonesia,
menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar,
menghormati bendera Merah Putih dan lagu
Indonesia Raya,
menyukai lagu-lagu Indonesia,
menyukai film-film Indonesia,
memilih idola tokoh-tokoh Indonesia, dan
bangga akan jasa para pahlawan kusuma
bangsa
Apa yang akan kamu lakukan jika ada negara
lain yang menghina bangsa kita?
Tentunya saya akan membela bangsa
Indonesia, tetapi dengan cara yang baik.
Misalnya, menegur orang tersebut dengan
santu agar tidak sembarangan dalam
berbicara tentang negara lain.
Saya juga akan memperkenalkan pada orang
tersebut tentang budaya Indonesia.
Kemudian menjelaskan kalau setiap bangsa
pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya
masing-masing.
Pada pembelajaran seni musik kelas IV sekolah dasar Kurikulum merdeka terdapat pembahasan tentang Menjadi Dirigen. Tujuan pembelajaran kegiatan ini adalah peserta didik dapat memahami perbedaan ayunan birama 4/4, 2/4, dan 3/4. Peserta didik dapat memahami peran dirigen dalam sebuah aubade atau paduan suara. Peserta didik dapat membaca gerakan isyarat dirigen dalam menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah.
- Ayunan tangan ke bawah menandakan ketukan pertama yang menjadi ketukan berat atau penentu suatu ayunan
- Ketukan kedua dilambangkan dengan ayunan tangan ke kiri
- Ketukan ketiga dilambangkan dengan ayunan tangan ke arah sebaliknya yakni kanan
- Ketukan ketiga dilambangkan dengan ayunan tangan ke atas yang menjadi simbol ketukan paling ringan dan jembatan akhir untuk kembali ke ketukan berat
- Ketukan pertama selalu dilambangkan dengan ayunan tangan ke bawah yang melambangkan ketukan berat
- Ketukan kedua dilambangkan dengan mengayunkan tangan ke sebelah kanan
- Ketukan ketiga melambangkan ketukan yang paling ringan sehingga digambarkan dengan gerakan ayunan tangan ke atas
- Ketukan pertama selalu dilambangkan dengan ayunan tangan ke bawah yang melambangkan ketukan berat
- Ketukan kedua langsung melambangkan ketukan yang paling ringan sehingga digambarkan dengan gerakan ayunan tangan ke atas
Volume atau bisa juga disebut kapasitas adalah penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Objek itu bisa berupa benda yang beraturan ataupun benda yang tidak beraturan. Benda yang beraturan misalnya kubus, balok, silinder, limas, kerucut, dan bola. Benda yang tidak beraturan misalnya batu yang ditemukan di jalan. Volume digunakan untuk menentukan massa jenis suatu benda.
Pengukuran adalah suatu proses memberikan bilangan kepada kualitas fisik panjang, kapasitas, volume, luas, sudut, berat (massa), dan suhu. Ada dua macam alat ukur yang dijadikan patokan dalam mengukur besarnya volume suatu benda yaitu alat ukur baku dan alat tidak baku.
a. Alat Ukur BakuPengukuran baku merupakan pengukuran yang hasilnya tetap ataubaku (Standar). Dengan demikian alat ukur baku adalah alat ukur yang sudah dibakukan misalnya gelas ukur untuk mengukur volume benda cair. Gelas ukur adalah alat ukur tidak baku karena di dalam gelas ukur terdapat satuan volume yaitu mililiter (ml).
b. Alat Ukur Tidak BakuPengukuran tidak baku merupakan pengukuran yang hasilnya berbeda-beda karena menggunakan alat ukur yang tidak baku atau tidak standar. Dengan demikian alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang belum atau tidak dibakukan misalnya gelas, sendok, gayung, cangkir, dan sebagainya. Gelas adalah salah satu contoh alat ukur tidak baku karena di dalam gelas tidak terdapat satuan volume yang standar.
Aktivitas 3 : Konsep VolumePerlengkapan yang dibutuhkan:1. Botol minum2. Gelas3. Kotak makan
Perhatikan langkah-langkah aktivitas berikut:- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Siapkan ember yang berisi air.
- Tuangkan air ke kotak makan menggunakan gelas sampai penuh.
- Hitunglah berapa kali kalian menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan gelas.
- Tuangkan air ke kotak makan menggunakan botol minum sampai penuh.
- Hitunglah berapa kali kalian menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan botol minum.
- Diskusikan hal berikut bersama anggota kelompok. Kegiatan menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan gelas dan botol minum. Apakah sama banyaknya air yang dituangkan menggunakan gelas dan botol minum? Jika tidak sama, berikan alasan. (Banyaknya air yang dituangkan menggunakan gelas dan botol minum berbeda karena gelas dan botol minum berbeda ukuran, sehingga volume gelas dan botol minum juga berbeda.)
- Tulis kesimpulan apa yang kalian peroleh dari hasil aktivitas tersebut. Berapa banyak air yang harus dituangkan untuk mengisi kotak makan sampai penuh? (Banyak air yang harus dituangkan untuk mengisi kotak makan sampai penuh menggunakan gelas dan botol minum berbeda karena gelas dan botol minum berbeda ukuran)
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Ayo BerlatihIbu Helen mempunyai satu botol besar hand sanitizer. Ibu Helen berencana menuangkan hand sanitizer dari botol besar ke botol yang lebih kecil. Ibu Helen meminta bantuan Helen menyiapkan botol kecil untuk diisi hand sanitizer. Helen mendapat tugas membantu Ibu untuk menuangkan hand sanitizer ke botol kecil.
Jadi, botol besar penuh hand senitizer diisikan ke botol kecil sampai habis dan terdapat 8 botol kecil satuan yang terisi penuh hand sanitizer. Dengan kata lain, volume 1 buah botol besar adalah sama dengan 8 botol kecil atau 8 satuan volume.
Kerjakan latihan berikut dengan cermat.1. Hubungkan gambar dengan satuan volumenya dengan cermat.2. Pada soal nomor 1, tentukan volume paling sedikit dan volume paling banyak?Volume paling sedikit bototl d dan volume paling banyak botol b
3. Urutkan botol yang berisi hand sanitizer pada soal nomor 1 di samping mulai dari botol yang bervolume paling sedikit hingga botol yang bervolume paling banyak!Botol d, e, c, a, dan b
Soal Latihan1. Pernyataan yang benar berdasarkan gambar di bawah ini!Volume 1 buah galon air setara dengan 5 botol satuan
2. Tentukan volume dari gambar di bawah ini!11 gelas satuan
3. Ayah ingin berendam di bak mandi. Ayah mengisi bak mandi hingga penuh. Air yang dibutuhkan seperti pada gambar di bawah ini!Wadah yang tepat untuk menampung volume air seperti gambar di atas adalahBak mandi
4. Ibu membuat jus jeruk dan disimpan di dalam teko. Ibu menuangkan jus tersebut ke dalam gelas dengan jumlah yang samaVolume jus jeruk yang dapat ditampung dalam teko adalah9 satuan gelas
Demikian pembahasan mengenai Pengukuran Volume Dengan Satuan Baku. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Sumber : Buku Matematika Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Siapkan ember yang berisi air.
- Tuangkan air ke kotak makan menggunakan gelas sampai penuh.
- Hitunglah berapa kali kalian menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan gelas.
- Tuangkan air ke kotak makan menggunakan botol minum sampai penuh.
- Hitunglah berapa kali kalian menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan botol minum.
- Diskusikan hal berikut bersama anggota kelompok. Kegiatan menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan gelas dan botol minum. Apakah sama banyaknya air yang dituangkan menggunakan gelas dan botol minum? Jika tidak sama, berikan alasan. (Banyaknya air yang dituangkan menggunakan gelas dan botol minum berbeda karena gelas dan botol minum berbeda ukuran, sehingga volume gelas dan botol minum juga berbeda.)
- Tulis kesimpulan apa yang kalian peroleh dari hasil aktivitas tersebut. Berapa banyak air yang harus dituangkan untuk mengisi kotak makan sampai penuh? (Banyak air yang harus dituangkan untuk mengisi kotak makan sampai penuh menggunakan gelas dan botol minum berbeda karena gelas dan botol minum berbeda ukuran)
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Volume paling sedikit bototl d dan volume paling banyak botol b
No. | Kata | Arti kata |
---|---|---|
1 | kepulauan | kumpulan beberapa pulau |
2 | turis | orang yang berwisata; pelancong; wisatawan |
3 | flora | dunia tumbuh-tumbuhan |
4 | fauna | dunia hewan |
5 | biota | seluruh flora dan fauna di suatu daerah tertentu |
- Semua makhluk hidup yang ada di dalam laut disebut biota laut.
- Kumpulan beragam jenis karang yang indah sering disebut sebagai taman laut, walaupun karang termasuk fauna khas laut.
- Indonesia merupakan negara kepulauan karena terdiri atas beribu-ribu pulau.
- Peringatan harus diberikan kepada para turis yang membuang sampah seenaknya di sekitar perairan Raja Ampat.
- Hutan-hutan Papua Barat kaya akan aneka flora yang tidak ditemui di tempat lain, misalnya buah matoa
No comments:
Post a Comment
see you