Tuesday, February 18, 2025

Materi P5 kelas IV Meronce

 Hari/Tanggal : Rabu, 19 Februari 2025

Mata Pelajaran : P5

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

-Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri



Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya



Assalamu'alaikum wr wb...

  Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

AKTIVITAS 1

 

PERKENALAN

 

Kegiatan         : Perkenalan

Objektif           : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.

Materi              :

a.        Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan

b.       Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.

c.        Kertas untuk menggambar

d.       Alat-alat menggambar

 

PERSIAPAN

1.       Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.

2.       Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.

PELAKSANAAN

1.       Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

2.       Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.

3.       Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.

4.       Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.


PERKENALAN

MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

 

NAMA : .......................................

NOMOR : ....................................

GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.


AKTIVITAS 2

MENGENAL JENIS RONCE


Kegiatan                : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce

Objektif                 :  Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce

Materi                    : 

a.               Jenis-jenis Ronce

b.              Lembar Kerja Prediksi

c.               Kertas untuk menggambar

d.              Alat-alat menggambar

Peran Guru            : Fasilitator

Kesimpulan :

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran P5 berjalan dengan lancar ananda sudah semakin kreatif dalam membuat kreasi hiasan meronce

No comments:

Post a Comment

see you