Hari/tanggal: Senin, 10 Maret 2025
Kelas IV
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila : NKRI
Bahasa Indonesia Majas Personifikasi
Matematika : Bangun datar
Capaian Pembelajaran :
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Assalamu'alaikum wr wb...
Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.
Penididikan Pancasila
Bangga sebagai bangsa Indonesia
Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat
mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri
bangsa akan rendah atau merosot jika warganya
tidak mempunyai rasa bangga terhadap
bangsanya sendiri.
Keluarga Andi sedang berwisata di luar
negeri. Andi tentunya sangat bahagia.
Pada saat pergi ke pusat perbelanjaan di
negara tersebut, Andi tampak tidak
terlalu antusias. Andi beralasan produkproduk
buatan Indonesia jauh lebih baik
dibandingkan dengan barang-barang
yang ada di pusat perbelanjaan itu,
sehingga Andi hanya membeli barang
yang benar-benar unik
Mengapa harus bangga?
Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang
melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri
dari berbagai suku bangsa dan budaya serta
agama. Akan tetapi, meskipun bangsa kita terdiri
dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama,
bangsa kita tidak terpecah belah dan tetap
bersatu sampai sekarang.
Perilaku Bangga
Contoh Perilaku Bangga
Harus belajar yang rajin
giat bekerja sesuai dengan kemampuan,
mengembangkan bakat yang dimiliki dengan
giat berlatih,
mengikuti upacara bendera,
menyukai barang-barang buatan Indonesia,
menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar,
menghormati bendera Merah Putih dan lagu
Indonesia Raya,
menyukai lagu-lagu Indonesia,
menyukai film-film Indonesia,
memilih idola tokoh-tokoh Indonesia, dan
bangga akan jasa para pahlawan kusuma
bangsa
Apa yang akan kamu lakukan jika ada negara
lain yang menghina bangsa kita?
Tentunya saya akan membela bangsa
Indonesia, tetapi dengan cara yang baik.
Misalnya, menegur orang tersebut dengan
santu agar tidak sembarangan dalam
berbicara tentang negara lain.
Saya juga akan memperkenalkan pada orang
tersebut tentang budaya Indonesia.
Kemudian menjelaskan kalau setiap bangsa
pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya
masing-masing.
Pada pembelajaran seni musik kelas IV sekolah dasar Kurikulum merdeka terdapat pembahasan tentang Menjadi Dirigen. Tujuan pembelajaran kegiatan ini adalah peserta didik dapat memahami perbedaan ayunan birama 4/4, 2/4, dan 3/4. Peserta didik dapat memahami peran dirigen dalam sebuah aubade atau paduan suara. Peserta didik dapat membaca gerakan isyarat dirigen dalam menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah.
- Ayunan tangan ke bawah menandakan ketukan pertama yang menjadi ketukan berat atau penentu suatu ayunan
- Ketukan kedua dilambangkan dengan ayunan tangan ke kiri
- Ketukan ketiga dilambangkan dengan ayunan tangan ke arah sebaliknya yakni kanan
- Ketukan ketiga dilambangkan dengan ayunan tangan ke atas yang menjadi simbol ketukan paling ringan dan jembatan akhir untuk kembali ke ketukan berat
- Ketukan pertama selalu dilambangkan dengan ayunan tangan ke bawah yang melambangkan ketukan berat
- Ketukan kedua dilambangkan dengan mengayunkan tangan ke sebelah kanan
- Ketukan ketiga melambangkan ketukan yang paling ringan sehingga digambarkan dengan gerakan ayunan tangan ke atas
- Ketukan pertama selalu dilambangkan dengan ayunan tangan ke bawah yang melambangkan ketukan berat
- Ketukan kedua langsung melambangkan ketukan yang paling ringan sehingga digambarkan dengan gerakan ayunan tangan ke atas
Demikian Pembahasan mengenai Menjadi Dirigen. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Tujuan mempelajari bangun segi banyak baik yang beraturan maupun tidak beratuan untuk menanamkan konsep dasar seputar bangun datar. Konsep datar yang dimaksud meliputi pemahaman tentang bangun datar, keliling, dan luas.
Materi Bangun Segi Banyak
Pengertian Bangun Segi banyak
Bangun segi banyak adalah bangun datar tertutup yang dibatasi oleh ruas garis. Ada yang perlu diperhatikan dari pengertian bangun segi banyak tersebut. Syarat sebuah bangun datar disebut sebagai bangun datar sisi banya terdiri dar duahal.
Pertama adalah bangun datar tertutup, artinya semua sisi berhubungan dan terbuka. Ibaratkan sebuah wadah, jika ada yang terbuka maka akan terjadi kebocoran. Syarat kedua adalah pembatasnya merupakan ruas garis, bukan berupa lengkung atau curva.
Berdasarkan ruas penyusunnya, bangun sisi banyak dibedakan menjadi dua, yaitu bangun sisi banyak beraturan dan tidak beraturan.
Bangun Sisi Banyak Beraturan
Bangun sisi banyak beraturan adalah sebuah bangun datar yang memiliki sisi-sisi sama panjang dan sudut-sudutnya sama besar. Beberapa contoh bangun sisi banyak beraturan seperti persegi, segilima beraturan, dan sebagainya. Adapun cara mencari keliling segi banyak beraturan adalah panjang sisi dikali jumlah sisi.
Rumus Keliling Bangun Segi Banyak = n x sisi
Bangun Sisi Banyak Tidak Beraturan
Bangun Sisi Banyak Tidak Beraturan adalah bangun datar yang tidak dibatasi oleh sisi-sisi sama panjang. Artinya sisi-sisi pembatas atau pembentuknya tidak panjangnya tidak sama. Sehingga sudut yang dihasilkan juga tidak sama. Cara menghitng keliling yaitu dengan cara menjumlahkan semua sisi.
Itulah beberapa hal tentang bangun sisi banyak. Selain tentang bangun sisi banyak, materi tentang bangun datar Matematika kelas 4 SD juga mencakup materi lain seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga seperti yang dijabarkan di bawah ini.
Materi Bangun Datar Persegi
Materi Bangun datar persegi merupakan materi materika kelas 4 SD mengenai geometri. Materi ini membahas tentang pengertian, ciri-ciri, unsur, sifat, simetri putar, simetri lipat, dan tentunya tidak lupa juga luas dan keliling.
Seperti bangun segi banyak lainnya, keliling persegi pada dasarnya adalah jumlah semua sisi. Namun karena keempat sisinya sama, maka untuk keliling cukup dikalikan empat. Atau bisa di cek rumus di bawah ini.
Keliling Persegi = 4 x sisi
Begitu juga untuk luas, Untuk luas bangun yang memiliki panjang dan lebar maka sejatinya adalah panjang kali lebar. Namun karena persegi memiliki panjang yang sama dengan lebar, maka untuk luas tinggal dikalikan seperti rumus di bawah ini.
Luas Persegi = sisi x sisi
Itulah materi seputar bangun datar persegi yang meliputi keliling, luas, dan sebagainya. Untuk materi lebih detil seputar persegi dan contoh soal persegi bisa di cek di bawah ini.
Artikel terkait: Rumus Persegi dan Contoh Soal Latihan
Materi Bangun Datar Persegi Panjang
Persegi panjang merupakan bangun datar yang dibatasi oleh dua sisi sejajar yang sama panjang. Sisi sejajar yang lebih panjang disebut panjang, sedangkan sisi yang leih pendek disebut lebar. Keliling dari persegi panjang bisa menggunakan rumus di bawah ini
Keliling Persegi panjang = 2 x (panjang + lebar)
Untuk luas persegi panjang merupakan perkalian antara panjang dan lebar atau bisa di simak rumus di bawah ini.
Luas Persegi Panjang = panjang x lebar
Untuk materi persegi panjang lebih lengkap dan detil seperti pengertian, ciri-ciri, unsur, luar, keliling dan contoh soal persegi panjang bisa langsung di cek di bawah ini.
No. | Kata | Arti Sebenarnya |
---|---|---|
1. | Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang-orang di Indonesia. | bahan pembicaraan |
2. | Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya. | menerjang tanpa memilih |
3. | “Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara. | mulai berbicara atau memberi pendapat |
4. | Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu. | sabar |
5. | Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya | sedih |
No comments:
Post a Comment
see you