Hari/tanggal : Rabu, 28 Mei 2025
Mata pelajaran Matematika
Kisi-kisi matematika
- pengukuran panjang dan konfersi purubahan satuan panjang
- pengukuran berat dan konversi satuan berat
1. | Perhatikan dua bangun berikut!Simak pernyataan-pernyataan berikut! (1) Luas bangun Angga adalah 8 persegi satuan. (2) Luas bangun Yudis adalah 12 persegi satuan. (3) Luas bangun Angga dan Yudis sama. (4) Bangun Angga lebih luas dari Yudis. Pernyataan yang benar adalah nomor .... | |
A. | (1) dan (2) | |
B. | (1) dan (3) | |
C. | (2) dan (3) | |
D. | (3) dan (4) | |
Pembahasan : Jawab: A. (1) dan (2), Luas bangun Angga adalah 8 persegi satuan. P(1) benar Luas bangun Yudis adalah 12 persegi satuan. P(2) benar Luas bangun Angga dan Yudis sama. P(3) salah Bangun Angga lebih luas dari Yudis. P(4) salah Jadi, pernyataan yang benar adalah (1) dan (2). | ||
2. | Perhatikan gambar berikut!Ukuran bangun tersebut adalah .... | |
A. | panjang 7 persegi satuan, lebar 4 persegi satuan | |
B. | panjang 8 persegi satuan, lebar 5 persegi satuan | |
C. | panjang 4 persegi satuan, lebar 8 persegi satuan | |
D. | panjang 5 persegi satuan, lebar 8 persegi satuan | |
Pembahasan : Jawab: B. panjang 8 persegi satuan, lebar 5 persegi satuan | ||
3. | Ayu dan Dini membuat kipas dari kertas yang ditempeli persegi satuan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.Simaklah pernyataan-pernyataan berikut! (1) Luas kipas Ayu adalah 24 persegi satuan. (2) Luas kipas Dini adalah 12 persegi satuan. (3) Kipas Ayu lebih luas dari kipas Dini. (4) Luas kipas Ayu dan Dini sama. Pernyataan yang benar adalah nomor .... | |
A. | (1) dan (2) | |
B. | (1) dan (3) | |
C. | (2) dan (3) | |
D. | (3) dan (4) | |
Pembahasan : Jawab: B. (1) dan (3). Luas kipas Ayu = 24 persegi satuan, luas kipas Dini = 15 persegi satuan. Kipas Ayu lebih luas dari kipas Dini. Jadi, pernyataan yang benar adalah (1) dan (3) | ||
4. | Perhatikan gambar berikut!Jika satu persegi satuan berukuran 1 cm × 1 cm, maka luas bangun tersebut adalah ... cm² | |
A. | 4 | |
B. | 6 | |
C. | 8 | |
D. | 10 | |
Pembahasan : Jawab: B. 6. Banyak = 3 + 3 = 6 persegi satuan. Luas = 6 × 1 cm × 1 cm = 6 cm² | ||
5. | Pak Darmawan memiliki sebidang tanah yang dapat dibuat dalam denah sederhana seperti gambar berikut.Jika satu persegi satuan berukuran 1 m × 1 m maka luas tanah Pak Darmawan tersebut adalah ... m² | |
A. | 4 | |
B. | 12 | |
C. | 16 | |
D. | 24 | |
Pembahasan : Jawab: D. 24. Banyak = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 24 persegi satuan. Luas = 24 × 1 m × 1 m = 24 m² | ||
6. | Ayu memiliki teko baru. Ayu ingin mengisi teko tersebut dengan air dari gelas plastik.Volume teko tersebut setara dengan ... gelas plastik. | |
A. | 4 | |
B. | 5 | |
C. | 6 | |
D. | 8 | |
Pembahasan : Jawab: B. 5. Volume teko = 5 gelas plastik satuan | ||
7. | Perhatikan gambar berikut!Volume kemasan susu A sama dengan ... volume kemasan susu C. | |
A. | 1 | |
B. | 2 | |
C. | 3 | |
D. | 4 | |
Pembahasan : Jawab: B. 4. 1 kemasan susu A = 4 kemasan susu C | ||
8. | Perhatikan gambar berikut!Volume panci sama dengan ... gelas. | |
A. | 2 | |
B. | 6 | |
C. | 9 | |
D. | 12 | |
Pembahasan : Jawab: B. 6. 1 panci = 6 gelas | ||
9. | Dini memiliki botol minuman baru. Dini mengisi botol minuman tersebut dengan air. Kemudian Dini mencoba menuangkan air ke dalam gelas kaca. Ternyata 2 gelas kaca dapat diisi penuh dengan air dari botol minum. Berdasarkan kegiatan Dini dapat disimpulkan bahwa .... | |
A. | volume botol minum lebih sedikit dari gelas kaca | |
B. | volume botol minum setara dengan gelas kaca | |
C. | volume botol minum setara dengan 2 gelas kaca | |
D. | volume botol minum lebih kecil dari gelas kaca | |
Pembahasan : Jawab: C. volume botol minum setara dengan 2 gelas kaca. Ternyata 2 gelas kaca dapat diisi penuh dengan air dari botol minum. Berdasarkan pernyataan ini dapat disimpulkan bahwa volume botol minum setara dengan 2 gelas kaca. | ||
10. | Perhatikan gambar berikut!Gambar tersebut menunjukkan akuarium yang ada di rumah Ayu. Urutan akuarium dari yang dapat menampung air paling banyak adalah .... | |
A. | A – B – C | |
B. | C – B – A | |
C. | B – A – C | |
D. | B – C – A | |
Pembahasan : Jawab: B. C – B – A. Volume ditentukan dengan seberapa banyak isi dalam suatu wadah. Makin besar wadahnya, volumenya akan makin besar. Sebaliknya, makin kecil wadahnya, volumenya akan makin kecil. Pada akuarium Ayu, terlihat akuarium paling besar adalah C, disusul oleh B, dan A. Jadi, urutan akuarium dari yang bervolume paling banyak adalah C – B – A. | ||
11. | Perhatikan gambar berikut!Volume jeriken tersebut adalah .... | |
A. | 5 mL | |
B. | 50 mL | |
C. | 5 liter | |
D. | 50 liter | |
Pembahasan : Jawab: C. 5 liter. Volume jeriken tersebut adalah 5 liter | ||
12. | Ibu membeli 3 botol susu dalam kemasan gelas!Volume susu yang dibeli ibu adalah ... mL. | |
A. | 600 | |
B. | 1.200 | |
C. | 800 | |
D. | 1.800 | |
Pembahasan : Jawab: D. 1.800. Volume susu = 3 × 600 mL = 1.800 mL. | ||
13. | Bima menyusun kubus satuan membentuk bangun berikut!Volume bangun tersebut adalah ... kubus satuan. | |
A. | 9 | |
B. | 12 | |
C. | 18 | |
D. | 27 | |
Pembahasan : Jawab: C. 18. Banyaknya kubus pada sisi alas = 3 × 2 = 6. Banyaknya kubus pada sisi tinggi = 3. Volume kubus = alas × tinggi = 6 × 3 = 18 kubus satuan | ||
14. | Perhatikan gambar berikut!Jika kubus satuan penyusun berukuran 1 cm × 1 cm × 1 cm, maka volume bangunan tersebut adalah ... cm³ | |
A. | 12 | |
B. | 18 | |
C. | 24 | |
D. | 30 | |
Pembahasan : Jawab: C. 24. Banyaknya kubus pada sisi alas = 4 × 3 = 12. Banyaknya kubus pada sisi tinggi = 2. Volume kubus = alas × tinggi = 12 × 2 = 24 kubus satuan. Volume = 24 × cm³ | ||
15. | Perhatikan gambar berikut!Jika kubus satuan penyusun berukuran 1 m × 1 m × 1 m, maka volume bangunan tersebut adalah ... m³ | |
A. | 24 | |
B. | 30 | |
C. | 35 | |
D. | 40 | |
Pembahasan : Jawab: D. 40. Banyaknya kubus pada sisi alas = 5 × 4 = 20. Banyaknya kubus pada sisi tinggi = 2. Volume kubus = alas × tinggi = 20 × 2 = 40 kubus satuan. Volume = 40 × 1m³ = 40 m³ |
B. Jawablah dengan jawaban yang benar!
1. Perhatikan gambar berikut!
a. Berapakah luas bangun A?
b. Berapakah luas bangun B?
c. Bangun manakah yang lebih luas?
d. Bangun manakah yang lebih sempit?
a. 32 persegi satuan.b. 38 persegi satuan.c. Bangun Bd. Bangun A
2. Pak Imran memiliki sebidang sawah berbentuk persegi panjang. Sawah tersebut setara dengan 12 petak lahan berukuran 1 m × 1 m. Berapa luas sawah Pak Imran?
Jawab: Luas sawah = 12 × 1 m × 1 m = 12 m².
3. Ayu membeli 3 gelas minuman kopi dengan ukuran berbeda. Ia ingin mengurutkan gelas yang berisi minuman kopi tersebut.
Urutkan gelas minuman kopi dari yang bervolume kecil ke volume besar!
Jawab: Urutan gelas minuman kopi dari yang bervolume kecil ke volume besar adalah 2 – 1 – 3.
4. Perhatikan gambar berikut!
Berapa gayung satuan volume ember?
Jawab: Volume ember sama dengan 8 gayung satuan.
5. Sebuah tangki air berisi 3.250 liter air. Pada siang hari sebanyak 975 liter air dipompa keluar dari tangki. Berapa banyak air yang tersisa di tangki?
Jawab: Sisa air = 3.250 – 975 = 2.275 liter.
6. Perhatikan gambar berikut!
Berapakah luas bangun yang diarsir tersebut dalam persegi satuan?
Jawab: Luas bangun sama dengan 20 persegi satuan.
7. Perhatikan gambar berikut!
Berapakah luas bangun tersebut?
Jawab: Luas bangun adalah 25 cm²
8. Perhatikan gambar berikut!
Berapakah volume botol tersebut?
Jawab: Volume botol sama dengan 6 gelas satuan.
9. Ibu membeli 2 minyak kemasan. Setiap kemasan diketahui memiliki volume 1 liter. Berapa
volume semua minyak yang dibeli ibu?
Jawab: Volume semua minyak ibu adalah 2 liter.
10. Perhatikan gambar berikut! Jika kubus satuan penyusun berukuran 1 cm × 1 cm × 1 cm, berapakah volume gambar tersebut?
Jawab:
Banyaknya kubus pada lapis bawah = 6Banyaknya kubus pada lapis tengah = 3Banyaknya kubus pada lapis atas = 1Banyaknya kubus adalah 6 + 3 + 1 = 10 kubus satuan.Volume = 10 × cm³= 10 cm³
Data panen semangka di Kecamatan Ngancar pada kurun waktu 2017-2020 adalah sebagai berikut.
19. Pak Waluyo diminta untuk menyajikan data panen mangga di kecamatan Ngancar dalam bentuk piktogram. Ia mengambil simbol gambar satu buah semangka untuk mewakili 5 ton. Banyak gambar semangka yang digunakan untuk menunjukkan hasil panen pada tahun 2020 ada ....
a. 5 buah
b. 10 buah
c. 12 buah
d. 16 buah
20. Perhatikan gambar berikut ini !
Piktogram untuk menggambarkan hasil panen semangka pada tahun 2022 adalah ….
a. i
b. ii
c. iii
d. iv
21. Jika pada tahun 2015 ada sebanyak 8 gambar semangka dengan satu gambar mewakili 5 ton, maka hasil panen semangka pada tahun 2015 adalah ....
a. 55 ton
b. 50 ton
c. 45 ton
d. 40 ton
22. Perhatikan diagram berikut ini!
Bila jumlah seluruh siswa adalah 98 anak, jumlah siswa kelas 3 adalah .... anak.
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
Perhatikan diagram di bawah ini untuk menjawab soal nomor 23-25!
23. Bentuk penyajian data seperti di atas disebut ....
a. diagram batang
b. diagram garis
c. pictogram
d. table
24. Penjualan yang terbanyak terjadi pada bulan ....
a. Januari
b. Februari
c. Maret
d. April
25. Penjualan pada bulan Juni adalah....
a. 100 sepeda
b. 150 sepeda
c. 200 sepeda
d. 250 sepeda
Perhatikan diagram berikut untuk soal nomor 26 - 30!
26. Siswa yang memperoleh nilai 5 berjumlah ....
a. 2 anak
b. 4 anak
c. 6 anak
d. 8 anak
27. Nilai dengan jumlah siswa terbanyak adalah ….
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
28. Jumlah siswa yang meraih nilai 10 adalah ....
a. 3 anak
b. 4 anak
c. 5 anak
d. 6 anak
29. Jumlah siswa yang memperoleh nilai 6 dan 7 adalah ....
a. 14 anak
b. 15 anak
c. 16 anak
d. 17 anak
30. Jumlah siswa kelas IV SD Teladan adalah ....
a. 36 anak
b. 38 anak
c. 40 anak
d. 42 anak
No comments:
Post a Comment
see you