Wednesday, August 27, 2025

Materi Kelas 4 Kurikulum Merdeka

 Hari/Tanggal : Rabu, 20 Agustus 2025

Kelas : 4

Mata Pelajaran:

Matematika : Bilangan cacah sampai 10.000 

IPAS : Gaya di Sekitar Kita

Bahasa Indonesia : Di bawah Atap (Imbuhan me-)

Seni rupa : Daur Ulang Sampah 

Capaian Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran IPAS:

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya. 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa :

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Berbicara dan mempresentasikan :

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis :

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

tujuan pembelajaran :

- Murid dapat menentukan pengertian gaya 

- Murid dapat menentukan penjumlahan bilangan cacah sampai 1.000

- Murid dapat menentukan kata berimbuhan me- dalam kalimat

Assalamualaikum wrwb 


Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

Matematika 

Materi Matematika Kelas 4: Penjumlahan Bilangan Cacah sampai 1.000

Penjumlahan bilangan cacah adalah operasi matematika dasar yang menjumlahkan dua atau lebih bilangan cacah (bilangan bulat positif termasuk nol). Berikut adalah penjelasan singkat tentang materi ini:


1. Pengertian Penjumlahan

Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan hasil total. Simbol yang digunakan adalah tanda tambah (+).

Contoh:

  • 123+456=579123 + 456 = 579

2. Cara Melakukan Penjumlahan

Ada dua cara umum untuk menjumlahkan bilangan cacah:

a. Penjumlahan Secara Vertikal

  1. Tulis bilangan yang akan dijumlahkan secara berurutan ke bawah.
  2. Pastikan angka-angka sejajar sesuai nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan).
  3. Tambahkan angka dari kolom satuan terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke kolom puluhan, dan seterusnya.
  4. Jika hasil penjumlahan lebih dari 9, lakukan "menyimpan" ke kolom berikutnya.

Contoh:

  345
+ 276
------
  621

b. Penjumlahan Secara Horizontal

  1. Tulis bilangan secara berurutan dalam satu baris.
  2. Tambahkan angka-angka tersebut dari kiri ke kanan.

Contoh: 345+276=621345 + 276 = 621


3. Contoh Soal

  1. Soal Langsung: Hitung hasil dari 234+567234 + 567. Jawaban: 234+567=801234 + 567 = 801

  2. Soal Cerita: Di sebuah perpustakaan terdapat 345 buku fiksi dan 276 buku nonfiksi. Berapa jumlah seluruh buku di perpustakaan tersebut? Jawaban: 345+276=621345 + 276 = 621


4. Tips dan Trik

  • Periksa kembali hasil penjumlahan untuk memastikan tidak ada kesalahan.
  • Gunakan alat bantu seperti garis bilangan atau kertas coretan jika diperlukan.
  • Latih penjumlahan dengan berbagai soal untuk meningkatkan kecepatan dan ketelitian.

Ayo berlatih!

1) Ahmad dan Agus mengikuti lomba matematika. Ahmad mendapat total nilai 391 sedangkan Agus mendapat total nilai 333. Berapa jumlah total nilai yang mereka dapat jika digabungkan?
a. 738
b. 726
c. 734
d. 724

2) Bu Nurul adalah seorang penjual beras. Bu Nurul hari ini bisa menjual 500 kg beras, sedangkan kemain hanya bisa menjual 325 kg beras. Jadi jumlah beras yang dijual Bu Nurul hari ini dan kemarin adalah …. kg.
a. 855
b. 845
c. 835
d. 825

3) Pak Danu adalah seorang peternak madu. Pada bulan Juni Pak Danu mampu memproduksi 418 botol madu. Sedangkan pada bulan Juli ia hanya bisa memproduksi 212 botol madu. Jadi berapa jumlah botol madu yang telah diproduksi Pak Danu pada bulan Juni dan Juli?
a. 630
b. 631
c. 632
d. 635

4) Pada tahun 2019 SMP Brilian meluluskan 325 murid, sedangkan pada tahun 2020 meluluskan 297 murid. Berapa jumlah keseluruhan murid yang lulus dari SMP Brilian pada tahun 2019 dan 2020?
a. 612 c. 632
b. 622 d. 642

Bimbel online matematika

5) Perpustakaan Cahaya Ilmu mempunyai koleksi banyak buku. Ada 305 buku fiksi dan 278 buku non fiksi. Berapa jumlah buku di perpustakaan cahaya ilmu?
a. 583
b. 573
c. 563
d. 593

6) Bu Fina adalah seorang pedagang baju. Di tokonya terdapat 141 buah baju laki-laki 295 buah baju perempuan. Jadi jumlah keseluruhan baju di toko Bu Fina adalah ….
a. 426
b. 446
c. 416
d. 436

7) Pak Juan memiliki dua kebun mangga yang luas. Pada bulan ini kebun pertama menghasilkan 419 buah mangga, sedangkan kebun kedua menghasilkan 310 buah mangga. Berapa jumlah buah mangga yang dipanen Pak Juan bulan ini?
a. 729
b. 739
c. 749
d. 759

8) Pak Rahmat memiliki dua bidang sawah yang ditanami jagung. Sawah yang pertama pada tahun ini bisa menghasilkan 412 kg jagung dan sawah kedua mampu menghasilkan 291 kg jagung. Berapa jumlah jagung yang dipanen Pak Rahmat pada tahun ini?
a. 803
b. 603
c. 703
d. 503
9) SD Tambakromo mempunyai 250 siswa laki-laki dan 375 siswa perempuan. Berapa jumlah siswa yang ada di SD Tambakromo?
a. 625
b. 615
c. 725
d. 715

10) Perpustakaan Kusuma pada bulan Oktober mendapatkan sumbangan 149 buku fiksi dan 337 buku non fiksi. Jadi jumlah sumbangan buku yang diterima perpustakaan Kusuma pada bulan Oktober adalah ….
a. 466
b. 496
c. 476
d. 486

11) Pak Aji adalah seorang peternak domba. Pak Aji mempunyai 426 ekor domba jantan dan 318 ekor domba betina. Berapa jumlah domba yang dimiliki Pak Aji?
a. 744
b. 745
c. 746
d. 748

12) Bu Aurel adalah seorang peternak burung puyuh. Pada bulan ini ia telah menjual 307 butir telur puyuh, sedangkan pada bulan lalu ia hanya bisa menjual 229 butir telur puyuh. Berapa jumlah telur puyuh yang telah dijual Bu Aurel pada bulan ini dan bulan lalu?
a. 476
b. 536
c. 526
d. 523

13) Pak Bagas adalah seorang pedagang semangka. Di kios tokonya sekarang terdapat 148 buah semangka. Hari ini ia menambah semangka di tokonya sebanyak 452 buah. Jadi jumlah semangka di kios toko Pak Bagas sekarang adalah ….
a. 610
b. 600
c. 590
d. 700

14) Kebun Pak Agus ditanami pohon pepaya dan pisang. Di kebun tersebut terdapat 162 pohon pisang dan 187 pohon pepaya. Jadi jumlah pohon pisang dan pepaya di kebun Pak Agus adalah ….
a. 349
b. 359
c. 369
d. 379

15) Pak Yunus sedang membangun rumah berlantai dua. Pada lantai pertama telah terpasang 413 keramik. Kemudian pada lantai dua telah terpasang 290 keramik. Berapa jumlah keramik terpasang di rumah Pak Yunus?
a. 708
b. 701
c. 700
d. 703

16) Pak Andre mempunyai dua bidang sawah berbentuk persegi panjang. Sawah pertama mempunyai keliling 317 meter sedangkan sawah yang kedua memiliki keliling 258 meter. Jadi keliling dua sawah Pak Andre adalah ….
a. 535
b. 645
c. 575
d. 675

17) Bu Ulfa memiliki usaha roti yang besar. Pada hari Kamis ia mendapat pesanan 312 roti, sedangkan pada hari Jum’at ia mendapat pesanan 189 roti. Berapa jumlah pesanan roti yang diterima Bu Ulfa pada hari Kamis dan Jum’at?
a. 504
b. 501
c. 507
d. 508

18) Desa Sukatani memiliki jumlah warga sebanyak 406 laki-laki dan 299 perempuan. Berapa jumlah warga di desa Sukatani?
a. 715
b. 705
c. 609
d. 615

19) Toko Busana Baru mempunyai persedian 408 sandal anak-anak dan 392 sandal dewasa. Berapa jumlah persedian sandal di toko Busana Baru?
a. 800
b. 700
c. 600
d. 500

20) Kebun anggur Pak Albab pada bulan Agustus menghasilkan 193 kg anggur. Sedangkan pada bulan September meningkat pesat hasilnya mencapai 429 kg anggur. Jumlah panen anggur di kebun Pak Albab pada bulan Agustus dan September adalah ….
a. 612
b. 632
c. 642
d. 622

Semoga penjelasan ini membantu! 😊

IPAS

Pengertian Gaya

Gaya adalah tarikan atau dorongan yang diberikan pada suatu benda. Dengan gaya, benda bisa bergerak, teman-teman.

Apa teman-teman bisa memberikan contoh gaya yang ada di sekitarmu?

Saat kita mengayuh sepeda, kita menggunakan gaya.

Kita juga menggunakan gaya saat menggeser meja.

Bahkan, saat kita menyalakan lampu di rumah untuk penerangan, ini juga memanfaatkan gaya, lo.

Hubungan Gaya dan Gerak

Nah, kalau tadi teman-teman sudah tahu tentang pengetian gaya. Sekarang, kita cari tahu apa itu gerak dan hubungannya dengan gaya, yuk!



Gerak adalah perpindahan tempat suatu benda dari posisi awal ke posisi lainnya karena pengaruh gaya.

Hubungan gaya dan gerak adalah gaya dapat memengaruhi gerak benda.

Ilustrasi pemanfaatan gaya listrik
Photo by Karolina Grabowska from Pexels
Ilustrasi pemanfaatan gaya listrik

Macam-Macam Gaya

Gaya apa saja yang ada di sekitar kita, ya? Coba simak beberapa macam gaya berikut ini:

1. Gaya Otot

Gaya otot ini adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja otot manusia.

Kita menggunakan gaya otot untuk mendorong, menarik, atau mengangkat benda.

Misalnya, mobil yang mogok didorong menggunakan gaya otot agar bisa bergerak.

2. Gaya Magnet

Gaya magnet merupakan gaya yang timbul karena adanya daya tarik magnet.

Contohnya, benda yang terbuat dari logam tertentu bisa menempel pada magnet. Misalnya, penggunaan magnet bisa mengangkat paku dan jarum.

3. Gaya Listrik

Gaya listrik merupakan gaya yang timbul karena adanya arus listrik yang mengalir.

Contohnya, bola lampu bisa menyala ketika ada arus listrik yang mengalir.

4. Gaya Gesek

Gaya gesek merupakan gaya yang dihasilkan dari dua permukaan benda yang saling bergesekkan.

Contohnya, saat kita mendorong kursi beroda di lantai, ada gaya gesek sehingga kursi mudah digerakkan.

5. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi merupakan gaya yang timbul karena adanya daya tarik Bumi.

Contohnya, saat kita buah yang sudah matang di pohon jatuh ke bawah karena pengaruh daya tarik Bumi.

6. Gaya Pegas

Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan oleh karet atau pegas lentur yang diregangkan.

Contohnya, karet pada ketapel yang ditarik bisa memberikan gaya untuk menggerakkan batu.

Busur panah yang bersifat lentur juga bisa menggerakkan anak panah.

Ilustrasi gaya memengaruhi gerak benda
Photo by Jessica Lewis from Pexels
Ilustrasi gaya memengaruhi gerak benda

Contoh Soal Kelas 4 tentang Gaya

1. Sebutkan masing-masing 3 pemanfaatan gaya otot, gaya listrik, dan gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari!

- Contoh pemanfaatan gaya otot: sapi yang menggunakan tenaga otot untuk menarik sapi, kita mengangkat tas sekolah menggunakan gaya otot, pengrajin menggunakan gaya otot untuk membentuk gerabah.

- Contoh pemanfaatan gaya listrik: penggunaan gaya listrik untuk menyalakan bohlam, pengunaan gaya listrik untuk menyetrika pakaian, penggunaan gaya listrik untuk menggerakkan kipas angin.

- Contoh pemanfaatan gaya gesek: gaya gesek antara permukaan kardus korek api dan korek api menghasilkan api, gaya gesek antara tongkat dan senar biola menghasilkan musik, orang yang terjun payung dengan parasut memanfaatkan gaya gesek antara parasut dan udara.

2. Apa perbedaan gaya dan gerak?

Gaya merupakan tarikan atau dorongan yang diberikan pada suatu benda, sehingga benda itu bergerak.

Sedangkan, gerak merupakan perpindahan tempat suatu benda dari posisi awal ke posisi lainnya karena pengaruh gaya.

Jadi, suatu benda bisa bergerak karena adanya gaya.

3. Apa saja pengaruh gaya terhadap benda?

- Gaya dapat membuat benda diam jadi bergerak

- Gaya dapat membuat benda bergerak jadi diam

- Gaya dapat memengaruhi arah gerak benda

- Gaya dapat memengaruhi kecepatan gerak benda

- Gaya dapat mengubah bentuk benda


BAHASA INDONESIA

Pada materi kedua pada bab 2 bahasa indonesia kelas 4 ini membahas tentang awalan me sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dasar merupakan unsur bahasa yang
diucapkan atau dituliskan serta menjadi perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang bisa digunakan dalam berbahasa. Dan pada bagian ini kita akan membahas arti awalan me-.

1. Arti Awalan Me-

Awalan me- memiliki beberapa fungsi, di antaranya di bawah ini:

a. Melakukan tindakan, contohnya: membaca, menulis.

b. Membuat jadi, contohnya: menghijaukan, menggulai, dan membekukan.

c. Mengerjakan dengan alat, contohnya: menyetir.

d. Berbuat seperti, contohnya: menggila.

e. Dalam keadaan, contoh: membujang.

f. Mencari atau mengumpulkan, contohnya: merajut.

2. Aturan Pemakaian Awalan Me-

Salah satu aturan dalam pemakaian awalan me- adalah meluluhkan kata dasar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasana di bawah ini.

Meluluhkan Kata Dasar

Imbuhan me- akan meleburkan huruf pertama dari kata yang mengikutinya jika huruf awal kata tersebut berupa huruf k, t, s, dan p dan terdiri lebih dari dua suku kata.

1) Huruf pertama konsonan, dan diikuti huruf vokal.
contohnya: me-kayuh akan menjadi mengayuh.

2) Kata dasar yang berawalan k, t, s, p dan diikuti huruf konsonan maka huruf pertama dari kata dasar tersebut tetap dipertahankan.
contoh: me-kristal menjadi mengkristal

3) Mengubah bentuk awalan
Penggunaan awalan me-, akan berubah bentuk menjadi meng-, men-, mem-, dan meny- apabila diikuti dengan kata dasar dengan aturan sebagai berikut ini

a. me-

Tetap me-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan huruf l, m, n, r, w, y.
contohnya: me-lihat menjadi melihat. me – makan menjadi memakan.

b. meng-

Awalan me- akan berubah menjadi meng-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan 5 huruf vokal yakni a, i, u, e, o dan g, h, k,
Contoh: me-ambil menjadi mengambil, me – alir menjadi mengalir.

c. men-

Awalan me- akan berubah menjadi men-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan c, d, j,
contohnya: me-curi menjadi mencuri.

d. mem-

Awalan me- akan berubah menjadi mem-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan b, f,
contoh: me-bakar menjadi membakar.

e. meny-

Awalan me- akan berubah menjadi meny-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan s.
contoh: me-sapu menjadi menyapu (lihat aturan k, t, s, p), me-sponsor-i menjadi mensponsori.

Seni rupa 
Sampah merupakan permasalahan di lingkungan sekitar. Sampah adalah sisa kegiatan manusia yang berwujud padat yaitu zat organik dan anorganik. Salah satu sampah anorganik adalah plastik. Plastik terus bertambah setiap hari hingga lingkungan kita dipenuhi oleh sampah jenis ini. Salah satu masalah dari sampah plastik adalah tidak bisa dilenyapkan atau dipunahkan, sehingga jumlahnya terus bertambah seiring dengan benda-benda dari plastik yang terus diproduksi.

Jalan keluar yang mungkin dilakukan adalah mendaur ulang (recycle) sampah plastik atau mengolahnya menjadi benda yang berguna, seperti vas bunga, wadah alat-alat tulis, akuarium, atau hiasan. Selain recycle, tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi sampah plastik adalah reduce, yaitu mengurangi penggunaan, reuse yaitu menggunakan kembali, replace yaitu mengganti dengan yang lain, dan repair yaitu memperbaiki kembali. Selain sampah organik dan anorganik ada juga sampah B3 atau sampah berbahaya seperti sisa obat, baterai, dan lainnya.

  • Prinsip 5R

    Recycle, Reduce, Reuse, Replace, dan Repair atau lebih dikenal dengan prinsip 5R adalah upaya untuk mengelola dan mengurangi sampah yang dihasilkan setiap hari baik sampah organik maupun sampah anorganik.

    1. Recycle adalah mendaur ulang sampah yang tidak dapat digunakan lagi menjadi lebih berguna.
    Contoh : pengolahan kertas menjadi kertas baru, pengolahan botol plastik menjadi bahan baku plastik baru.

    2. Reduce adalah penanggulangan sampah dengan mengurangi pemakaian benda sekali pakai yang memicu banyak sampah.
    Contoh : ketika berbelanja ke pasar, sebaiknya membawa tas belanja sendiri seperti keranjang dari rumah sehingga tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik dari penjual.

    3. Reuse adalah menggunakan kembali barang-barang bekas yang masih bisa dipakai dengan cara mengubahnya dengan kreativitas yang memiliki nilai guna bahkan nilai jual.
    Contoh : botol minuman plastik bekas dapat digunakan untuk tempat pensil, pot tanaman, tempat makan hewan peliharaan. 

    4. Replace adalah mengganti barang yang kita pakai dengan yang lebih ramah lingkungan.
    Contoh : mengganti botol minum ke sekolah dengan botol yang dapat digunakan berulang kali seperti yang berbahan plastik tebal atau aluminium.

    5. Repair adalah memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat digunakan kembali. Dengan cara tersebut, kita tidak perlu membeli barang-barang baru, karena barang yang lama masih dapat digunakan kembali.
    Contoh : memperbaiki peralatan elektronik yang rusak.

    B. Limbah Plastik sebagai Bahan Karya Seni

    Keberadaan bahan limbah dapat digunakan untuk membuat karya seni kriya yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Salah satunya limbah plastik. Beberapa contoh bahan limbah plastik, di antaranya: sedotan minuman, plastik bekas botol air kemasan, dan sebagainya.

    C. Merancang Karya Seni dari Limbah Plastik

    Limbah plastik yang tidak bisa diuraikan membuat kita harus mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna atau untuk hiasan. Selain itu, hasil karya bisa dijual, sehingga bernilai ekonomis. Bahan plastik yang bisa digunakan di antaranya kantong plastik, botol plastik, sedotan, plastik kemasan, dan lainnya.

    Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kita harus menentukan karya kriya kerajinan yang akan dibuat. Kita harus memilih salah satu bahan yang akan digunakan.

    Jika kita akan membuat rancangan bunga plastik dari sedotan minuman, berikut langkah-langkahnya.
    1. Mengumpulkan bahan sedotan plastik.
    2. Membersihkan bahan sedotan plastik agar aman.
    3. Menggambar model bunga plastik.
    4. Memotong bahan sedotan plastik sesuai rancangan gambar.
    5. Menyusun potongan bahan plastik sesuai rancangan.
    6. Mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diinginkan.
    7. Finishing karya.

    D. Membuat Karya Seni dari Limbah Plastik

    Setelah merancang dan mengetahui langkah-langkah pembuatan karya limbah plastik, selanjutnya kita dapat membuat seni kriya berupa bunga plastik yang berfungsi sebagai hiasan di ruangan. Teknik yang digunakan dengan cara memotong, mengikat, menempel, dan mengkomposisikannya sehingga membentuk bunga dan rumpun bunga.

    Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya sangat beragam. Alat adalah benda yang digunakan untuk membuat karya dan bisa digunakan berulang kali. Sementara itu, bahan dapat habis untuk membuat karya. Alat dan bahan yang digunakan di antaranya :
    1. 4 buah sedotan warna kuning (mahkota), 2 buah sedotan warna merah muda (putik), 2 sedotan warna hijau (tangkai dan daun)
    2. Gunting
    3. Jarum dan benang
    4. Lem tembak

    Langkah pembuatan :

    Contoh Kerajinan dari Plastik Bekas
    https://www.mikirbae.com/
    1. Potong sedotan warna kuning menjadi 3 bagian, sehingga ada 12 potong sedotan warna kuning.
    Potong sedotang warna merah muda menjadi 4 bagian, sehingga ada 8 potong sedotan warna merah muda.
    2. Lipat sedotan warna kuning menjadi dua untuk menemukan bagian tengahnya. Selanjutnya satukan potongan sedotan warna kuning menggunakan jarum dan benang tepat pada bagian tengah sedotan kemudian ikat dengan kuat. Berhati-hatilah saat menusukkan jarum pada sedotan. Bentuklan sedotan yang sudah diikat agar melingkar menyerupai mahkota bunga. 
    3. Potong semua bagian ujung sedotan agar runcing.
    4. Lakukan hal yang sama pada potongan sedotan yang berwarna merah muda.
    Satukan lingkaran sedotan kuning dan sedotan merah muda menggunakan lem tembak. Posisi sedotan merah muda berada di atas sedotan kuning.
    5. Ambil sedotan berwarna hijau dan potong sepanjang 5 cm sebanyak 2 buah.
    6. Bentuk potongan sedotan hijau membentuk daun lalu lemaskan menggunakan ujung gunting atau alat lainnya.
    7. Tempelkan potongan sedotan hijau pada sedotan hijau yang satunya sehingga terbentuk tangkai dan daun.
    8. Terakhir tempelkan mahkota dan putik bunga pada tangkai bunga menggunakan lem tembak.

    Setelah mempelajari materi seni rupa kelas 4 kurikulum merdeka unit 2 Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas, saatnya kita lanjutkan berlatih.

    Soal Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas

    Untuk mengerjakan soal Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas, pertama-tama kamu perlu membaca soal dengan teliti dan memahami apa yang diminta. Setelah itu, pilih jawaban dengan cara mengklik bulatan di depan jawaban yang kamu anggap paling benar. Nilai atau skor untuk jawaban terpilih akan ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal adalah 5. Total skor jika semua jawaban benar adalah 100.


    Soal nomor 1
    Sampah terdiri dari sampah organik dan anorganik. Salah Satu contoh sampah anorganik adalah ....
     daun kering
     kotoran hewan
     plastik
     kertas


    Soal nomor 2
    Sampah yang dapat terurai oleh alam disebut ....
    sampah organik
    sampah anorganik
    sampah B3
    sampah residu


    Soal nomor 3
    Contoh sampah organik adalah ....
    kantong plastik
    kulit kacang
    botol
    bungkus makanan kemasan


    Soal nomor 4
    Contoh sanpah anorganik adalah....
    botol
    daun
    kulit buah
    batan kangkung


    Soal nomor 5
    Setiap hari sampah terus bertambah. Kehadiran sampah plastik sangat berpotensi mencemari lingkungan. Hal ini karena ....
    sampah plastik mengandung nutrisi untuk tanaman
    sampah plastik mudah terurai secara alami
    sampah plastik tidak bisa dilenyapkan atau sulit diuraikan
    sampah plastik tidak dapat didaur ulang


    Soal nomor 6
    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah ....
    tidak menggunakan plastik sekali pakai secara berlebihan dalam kehidupan sehari- hari
    menggunakan barang dari bahan lain yang dapat digunakan berulang kali
    mendaur ulang sampah plastik dan mengolah menjadi benda yang berguna
    semua jawaban benar


    Soal nomor 7
    Berikut ini adalah manfaat mengolah sampah untuk kehidupan manusia, kecuali ....
    mengurangi sampah
    memperindah lingkungan 
    menambah nilai ekonomis
    mencemari lingkungan 


    Soal nomor 8
    Cara mengolah sampah anorganik dengan mendaur ulang atau memproses kembali menjadi barang baru disebut ....
    reduce
    reuse
    recycle
    repair


    Soal nomor 9
    Mengolah sampah dengan menggunakan kembali agar lebih berguna disebut ....
    recyle
    reduce
    repair
    reuse


    Soal nomor 10
    Upaya mengurangi penggunaan barang yang berpotensi menjadi sampah disebut ....
    reuse
    reduce
    recycle
    repair


    Soal nomor 11
    Berikut ini contoh karya seni dari bahan plastik adalah ....
    vas bunga
    tempat pensil
    vas bunga dan tempat pensil
    bunga, vas bunga, dan tempat pensil


    Soal nomor 12
    Sebelum membuat karya seni dari bahan limbah plastik, hal yang harus dilakukan adalah ....
    memotong plastik 
    merangkai
    menentukan bahan
    membuat pola


    Soal nomor 13
    Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kita harus menentukan karya kriya kerajinan yang akan dibuat. Kita harus memilih salah satu bahan yang akan digunakan. Untuk membuat bunga plastik, maka bahan yang dibutuhkan adalah ....
    sedotan plastik dan lem tembak
    kantong plastik, botol plastik, dan lem tembak
    keranjang plastik bekas dan lem tembak
    kantong plastik, keranjang plastik bekas, dan lem tembak


    Soal nomor 14
    Berikut ini teknik yang digunakan dalam membuat karya seni bunga dari limbah plastik adalah ....
    memotong, mengikat, menempel
    memotong, mengikat, menempel, dan menyatukan
    memotong, mengikat, menempel, dan mengkomposisikan
    memotong, mengikat, menempel, dan mewarnai


    Soal nomor 15
    Untuk membuat bunga plastik, maka langkah yang dilakukan setelah memotong sedotan adalah ....
    melipat sedotan menjadi dua untuk menemukan bagian tengahnya
    menyatukan potongan sedotan menggunakan benang dan jarum
    memotong semua bagian ujung sedotan agar runcing
    membuat bunga, tangkai, dan daun


    Soal nomor 16
    Bahan yang digunakan untuk merekatkan bunga plastik adalah ....
    lem kertas
    lem kayu
    lem tembak
    lem kain


    Soal nomor 17
    Agar bunga plastik terlihat menarik, yang perlu dilakukan adalah ....
    mewarnai bunga plastik dengan cat minyak
    mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diinginkan
    membuat bunga plastik dalam jumlah yang banyak
    membuat bunga plastik sesuai keinginan


    Soal nomor 18
    Selain sedotan plastik, bahan yang bisa digunakan untuk membuat bunga dari limbah plastik adalah ....
    gelas air mineral
    keranjang plastik bekas
    tisu
    botol sampo


    Soal nomor 19
    Berikut ini alat yang tidak dibutuhkan untuk membuat bunga plastik adalah ....
    gunting
    lem tembak
    jarum dan benang
    cutter


    Soal nomor 20
    Perhatikan gambar berikut ! 

    Contoh Soal Seni Rupa Kelas 4 Unit 2

    Benda pada gambar merupakan salah satu karya dari bahan limbah ....
    sedotan
    plastik kemasan
    kantong kresek
    botol

    sumber materi : Materi dan Soal Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik Bekas ~ Juragales
  • Kesimpulan : alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik peserta didik dapat menyelesaikan soal matematika penjumlahan sampai 1000. Ada 2 orang siswa tidak hadir sekolah karena sakit. 

No comments:

Post a Comment

see you