Monday, August 25, 2025

Materi Kelas IV Kurikulum Merdeka

 Hari/Tanggal : Senin, 25 Agustus 2025

Kelas : IV

Mata Pelajaran : 
Pendidikan Pancasila : Toleransi di Lingkungan Sekitar

Matematika : Bilangan Cacah sampai 10.000

Bahasa Indonesia : Di bawah Atap

Seni Rupa : Daur Ulang Plastik 

Capaian Pembelajaran

Bahasa Indonesia 

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa :

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Berbicara dan mempresentasikan :

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis :

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Capaian Pembelajaran Pancasila:

Elemen NKRI : Peserta didik mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Capaian Pembelajaran Matematika :

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa :

Elemen Mengalami : Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Murid mampu menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman dua atau lebih unsur rupa dan satu prinsip desain.

Assalamualaikum wr wb...

  

Apa kabar anak sholih sholihah.........

 Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.

Tujan Pembelajaran pada hari ini adalah :

- Murid menentukan contoh toleransi yanga ada di lingkungan sekitar

- Murid dapat menyelesaikan soal sumatif harian bilangan cacah sampai 10.000

- Murid dapat memilih dan mengidentifikasi sampah yang dapat di daur ulang

- Murid dapat menentukan kata sulit homonim

Pendidikan Pancasila 

A. Identitas Budaya Masyarakat.

Contoh beberapa Budaya yang ada di masyarakat Indonesia


B. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat

Contoh sikap dan prilaku menghargai perbedaan 

C. Perangkat Desa dan Kelurahan

Perbedaan desa dan kelurahan

  • Kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa, sedangkan lurah diangkat oleh bupati/walikota.
  • Desa dipimpin oleh kepala desa, sedangkan kelurahan oleh lurah.
  • Desa memiliki kepala dusun, sedangkan kelurahan memiliki kepala seksi.
  • Kinerja kepala desa diawasi oleh Badan Pengawasan Desa (BPD), sedangkan lurah bertanggung jawab kepada camat.
  • Kelurahan memiliki kelompok jabatan fungsional, sedangkan desa memiliki kepala seksi.

Bahasa Indonesia 

Pada pelajaran bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar menyebutkan contoh kata homonim bermakna ganda. 

Sebelum itu, teman-teman harus memahami arti dari homonim terlebih dahulu. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, homonim berarti kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berlainan. 

 mengenal dan mencari arti contoh kata homonim dari artikel berikut ini!

Contoh Kata Homonim

1. Bulan

Kata 'bulan' dapat memiliki dua makna berbeda, yakni: 

  • Bulan: penanda waktu dalam satu tahun. 
  • Bulan: satelit alami bumi. 

2. Bisa

Kata 'bisa' dapat memiliki dua makna berbeda, yakni: 

  • Bisa: dapat; mampu (kuasa melakukan sesuatu). 
  • Bisa: zat racun yang dapat menyebabkan luka, busuk, atau mati bagi sesuatu yang hidup (biasanya terdapat dalam binatang). 

3. Hak

Kata 'hak' dapat memiliki dua makna berbeda, yakni: 

  • Hak: milik; kepunyaan; kewenangan. 
  • Hak: telapak sepatu pada bagian tumit yang relatif tinggi.

Matematika 

Komposisi

Arti komposisi dalam Matematika adalah menyusun. Berdasarkan arti tersebut, dapat diketahui bahwa komposisi bilangan cacah merujuk pada kegiatan menyusun bilangan nol sampai dengan bilangan tak terhingga.

Dikutip dari buku berjudul Buku Resume Belajar Kelas V Semester 1, Fasilitator Kelas 5 SD Sekolah Alam Cikeas (2023: 70), berikut adalah contoh dari komposisi bilangan cacah.


Memahami Arti Komposisi dan Dekomposisi Bilangan Cacah dalam Matematika

Arti komposisi dan dekomposisi bilangan cacah dalam Matematika merupakan pemahaman penting bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Pemahaman tersebut termasuk penting karena terdapat dalam bab “Bilangan” pada pelajaran Matematika kelas 5 SD.
Bilangan cacah merupakan jenis dari bilangan. Secara umum, bilangan adalah satuan dalam matematika yang memiliki sifat abstrak. Walaupun bersifat abstrak, satuan tersebut dapat diunitkan, ditambah, serta dikalikan.

Arti Komposisi dan Dekomposisi Bilangan Cacah dalam Matematika


Bilangan cacah merupakan materi yang ada dalam ilmu matematika. Dikutip dari buku Siap Menghadapi UASBN 2011 SD/MI, Wahono, dkk. (2010:74), bilangan adalah satuan dalam matematika yang abstrak dan dapat diunitkan, ditambah, atau dikalikan.

Maksud dari bilangan cacah itu sendiri adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) sampai dengan bilangan tak terhingga. Materi bilangan cacah pada mata pelajaran Matematika SD biasanya memuat pembahasan tentang komposisi dan dekomposisi.

Guna memahami arti komposisi dan dekomposisi bilangan cacah dalam Matematika, berikut adalah penjelasan 

1. Komposisi

Arti komposisi dalam Matematika adalah menyusun. Berdasarkan arti tersebut, dapat diketahui bahwa komposisi bilangan cacah merujuk pada kegiatan menyusun bilangan nol sampai dengan bilangan tak terhingga.

Dikutip dari buku berjudul Buku Resume Belajar Kelas V Semester 1, Fasilitator Kelas 5 SD Sekolah Alam Cikeas (2023: 70), berikut adalah contoh dari komposisi bilangan cacah.

Uang Asep

Asep mempunyai uang pecahan sepuluh ribuan sebanyak tiga lembar, seribuan sebanyak delapan lembar, dan seratusan sebanyak enam lembar.

Berdasarkan informasi tersebut, komposisi uang Asep, yaitu:

  • Puluh ribuan = 3 -> 30.000

  • Ribuan = 8 -> 8.000

  • Ratusan = 6 -> 600

  • Puluhan = 0 -> 0

  • Satuan = 0 -> 0

2. Dekomposisi

Berbeda dengan komposisi, arti dekomposisi dalam matematika adalah mengurai. Berdasarkan arti tersebut, dapat diketahui bahwa dekomposisi bilangan cacah memiliki makna sebagai kegiatan mengurai bilangan nol sampai dengan bilangan tak hingga.

Mengutip dari buku yang sama, Fasilitator Kelas 5 SD Sekolah Alam Cikeas (2023: 70), berikut adalah contoh dekomposisi bilangan cacah.

Dian memiliki uang pecahan sepuluh ribuan sebanyak 7 lembar, seribuan 55 lembar, dan seratusan sebanyak 15 keping. Dian ingin membeli sepatu seharga Rp65.800,00. Coba uraikan uang 65.800 dengan pecahan uang yang dimiliki dian!

Cara menjawab instruksi tersebut ada empat pilihan. Berikut adalah uraian mengenai empat pilihan cara untuk menjawab instruksi uraikan uang 65.800 dengan pecahan yang Dian miliki.

Cara 1

  • Puluh ribuan = 6

  • Ribuan = 5

  • Ratusan = 8

  • Puluhan = 0

  • Satuan = 0

Cara 2

  • Puluh ribuan = 4

  • Ribuan = 25

  • Ratusan = 8

  • Puluhan = 0

  • Satuan = 0

Cara 3

  • Puluh ribuan = 3

  • Ribuan = 35

  • Ratusan = 8

  • Puluhan = 0

  • Satuan = 0

Seni rupa 
Sampah merupakan permasalahan di lingkungan sekitar. Sampah adalah sisa kegiatan manusia yang berwujud padat yaitu zat organik dan anorganik. Salah satu sampah anorganik adalah plastik. Plastik terus bertambah setiap hari hingga lingkungan kita dipenuhi oleh sampah jenis ini. Salah satu masalah dari sampah plastik adalah tidak bisa dilenyapkan atau dipunahkan, sehingga jumlahnya terus bertambah seiring dengan benda-benda dari plastik yang terus diproduksi.

Jalan keluar yang mungkin dilakukan adalah mendaur ulang (recycle) sampah plastik atau mengolahnya menjadi benda yang berguna, seperti vas bunga, wadah alat-alat tulis, akuarium, atau hiasan. Selain recycle, tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi sampah plastik adalah reduce, yaitu mengurangi penggunaan, reuse yaitu menggunakan kembali, replace yaitu mengganti dengan yang lain, dan repair yaitu memperbaiki kembali. Selain sampah organik dan anorganik ada juga sampah B3 atau sampah berbahaya seperti sisa obat, baterai, dan lainnya.
  • Prinsip 5R

    Recycle, Reduce, Reuse, Replace, dan Repair atau lebih dikenal dengan prinsip 5R adalah upaya untuk mengelola dan mengurangi sampah yang dihasilkan setiap hari baik sampah organik maupun sampah anorganik.

    1. Recycle adalah mendaur ulang sampah yang tidak dapat digunakan lagi menjadi lebih berguna.
    Contoh : pengolahan kertas menjadi kertas baru, pengolahan botol plastik menjadi bahan baku plastik baru.

    2. Reduce adalah penanggulangan sampah dengan mengurangi pemakaian benda sekali pakai yang memicu banyak sampah.
    Contoh : ketika berbelanja ke pasar, sebaiknya membawa tas belanja sendiri seperti keranjang dari rumah sehingga tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik dari penjual.

    3. Reuse adalah menggunakan kembali barang-barang bekas yang masih bisa dipakai dengan cara mengubahnya dengan kreativitas yang memiliki nilai guna bahkan nilai jual.
    Contoh : botol minuman plastik bekas dapat digunakan untuk tempat pensil, pot tanaman, tempat makan hewan peliharaan. 

    4. Replace adalah mengganti barang yang kita pakai dengan yang lebih ramah lingkungan.
    Contoh : mengganti botol minum ke sekolah dengan botol yang dapat digunakan berulang kali seperti yang berbahan plastik tebal atau aluminium.

    5. Repair adalah memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat digunakan kembali. Dengan cara tersebut, kita tidak perlu membeli barang-barang baru, karena barang yang lama masih dapat digunakan kembali.
    Contoh : memperbaiki peralatan elektronik yang rusak.

    B. Limbah Plastik sebagai Bahan Karya Seni

    Keberadaan bahan limbah dapat digunakan untuk membuat karya seni kriya yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Salah satunya limbah plastik. Beberapa contoh bahan limbah plastik, di antaranya: sedotan minuman, plastik bekas botol air kemasan, dan sebagainya.

    C. Merancang Karya Seni dari Limbah Plastik

    Limbah plastik yang tidak bisa diuraikan membuat kita harus mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna atau untuk hiasan. Selain itu, hasil karya bisa dijual, sehingga bernilai ekonomis. Bahan plastik yang bisa digunakan di antaranya kantong plastik, botol plastik, sedotan, plastik kemasan, dan lainnya.

    Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kita harus menentukan karya kriya kerajinan yang akan dibuat. Kita harus memilih salah satu bahan yang akan digunakan.

    Jika kita akan membuat rancangan bunga plastik dari sedotan minuman, berikut langkah-langkahnya.
    1. Mengumpulkan bahan sedotan plastik.
    2. Membersihkan bahan sedotan plastik agar aman.
    3. Menggambar model bunga plastik.
    4. Memotong bahan sedotan plastik sesuai rancangan gambar.
    5. Menyusun potongan bahan plastik sesuai rancangan.
    6. Mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diinginkan.
    7. Finishing karya.

    D. Membuat Karya Seni dari Limbah Plastik

    Setelah merancang dan mengetahui langkah-langkah pembuatan karya limbah plastik, selanjutnya kita dapat membuat seni kriya berupa bunga plastik yang berfungsi sebagai hiasan di ruangan. Teknik yang digunakan dengan cara memotong, mengikat, menempel, dan mengkomposisikannya sehingga membentuk bunga dan rumpun bunga.

    Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya sangat beragam. Alat adalah benda yang digunakan untuk membuat karya dan bisa digunakan berulang kali. Sementara itu, bahan dapat habis untuk membuat karya. Alat dan bahan yang digunakan di antaranya :
    1. 4 buah sedotan warna kuning (mahkota), 2 buah sedotan warna merah muda (putik), 2 sedotan warna hijau (tangkai dan daun)
    2. Gunting
    3. Jarum dan benang
    4. Lem tembak

    Langkah pembuatan :

    Contoh Kerajinan dari Plastik Bekas
    https://www.mikirbae.com/
    1. Potong sedotan warna kuning menjadi 3 bagian, sehingga ada 12 potong sedotan warna kuning.
    Potong sedotang warna merah muda menjadi 4 bagian, sehingga ada 8 potong sedotan warna merah muda.
    2. Lipat sedotan warna kuning menjadi dua untuk menemukan bagian tengahnya. Selanjutnya satukan potongan sedotan warna kuning menggunakan jarum dan benang tepat pada bagian tengah sedotan kemudian ikat dengan kuat. Berhati-hatilah saat menusukkan jarum pada sedotan. Bentuklan sedotan yang sudah diikat agar melingkar menyerupai mahkota bunga. 
    3. Potong semua bagian ujung sedotan agar runcing.
    4. Lakukan hal yang sama pada potongan sedotan yang berwarna merah muda.
    Satukan lingkaran sedotan kuning dan sedotan merah muda menggunakan lem tembak. Posisi sedotan merah muda berada di atas sedotan kuning.
    5. Ambil sedotan berwarna hijau dan potong sepanjang 5 cm sebanyak 2 buah.
    6. Bentuk potongan sedotan hijau membentuk daun lalu lemaskan menggunakan ujung gunting atau alat lainnya.
    7. Tempelkan potongan sedotan hijau pada sedotan hijau yang satunya sehingga terbentuk tangkai dan daun.
    8. Terakhir tempelkan mahkota dan putik bunga pada tangkai bunga menggunakan lem tembak.

    Setelah mempelajari materi seni rupa kelas 4 kurikulum merdeka unit 2 Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas, saatnya kita lanjutkan berlatih.

    Soal Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas

    Untuk mengerjakan soal Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas, pertama-tama kamu perlu membaca soal dengan teliti dan memahami apa yang diminta. Setelah itu, pilih jawaban dengan cara mengklik bulatan di depan jawaban yang kamu anggap paling benar. Nilai atau skor untuk jawaban terpilih akan ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal adalah 5. Total skor jika semua jawaban benar adalah 100.


    Soal nomor 1
    Sampah terdiri dari sampah organik dan anorganik. Salah Satu contoh sampah anorganik adalah ....
     daun kering
     kotoran hewan
     plastik
     kertas


    Soal nomor 2
    Sampah yang dapat terurai oleh alam disebut ....
    sampah organik
    sampah anorganik
    sampah B3
    sampah residu


    Soal nomor 3
    Contoh sampah organik adalah ....
    kantong plastik
    kulit kacang
    botol
    bungkus makanan kemasan


    Soal nomor 4
    Contoh sanpah anorganik adalah....
    botol
    daun
    kulit buah
    batan kangkung


    Soal nomor 5
    Setiap hari sampah terus bertambah. Kehadiran sampah plastik sangat berpotensi mencemari lingkungan. Hal ini karena ....
    sampah plastik mengandung nutrisi untuk tanaman
    sampah plastik mudah terurai secara alami
    sampah plastik tidak bisa dilenyapkan atau sulit diuraikan
    sampah plastik tidak dapat didaur ulang


    Soal nomor 6
    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah ....
    tidak menggunakan plastik sekali pakai secara berlebihan dalam kehidupan sehari- hari
    menggunakan barang dari bahan lain yang dapat digunakan berulang kali
    mendaur ulang sampah plastik dan mengolah menjadi benda yang berguna
    semua jawaban benar


    Soal nomor 7
    Berikut ini adalah manfaat mengolah sampah untuk kehidupan manusia, kecuali ....
    mengurangi sampah
    memperindah lingkungan 
    menambah nilai ekonomis
    mencemari lingkungan 


    Soal nomor 8
    Cara mengolah sampah anorganik dengan mendaur ulang atau memproses kembali menjadi barang baru disebut ....
    reduce
    reuse
    recycle
    repair


    Soal nomor 9
    Mengolah sampah dengan menggunakan kembali agar lebih berguna disebut ....
    recyle
    reduce
    repair
    reuse


    Soal nomor 10
    Upaya mengurangi penggunaan barang yang berpotensi menjadi sampah disebut ....
    reuse
    reduce
    recycle
    repair


    Soal nomor 11
    Berikut ini contoh karya seni dari bahan plastik adalah ....
    vas bunga
    tempat pensil
    vas bunga dan tempat pensil
    bunga, vas bunga, dan tempat pensil


    Soal nomor 12
    Sebelum membuat karya seni dari bahan limbah plastik, hal yang harus dilakukan adalah ....
    memotong plastik 
    merangkai
    menentukan bahan
    membuat pola


    Soal nomor 13
    Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kita harus menentukan karya kriya kerajinan yang akan dibuat. Kita harus memilih salah satu bahan yang akan digunakan. Untuk membuat bunga plastik, maka bahan yang dibutuhkan adalah ....
    sedotan plastik dan lem tembak
    kantong plastik, botol plastik, dan lem tembak
    keranjang plastik bekas dan lem tembak
    kantong plastik, keranjang plastik bekas, dan lem tembak


    Soal nomor 14
    Berikut ini teknik yang digunakan dalam membuat karya seni bunga dari limbah plastik adalah ....
    memotong, mengikat, menempel
    memotong, mengikat, menempel, dan menyatukan
    memotong, mengikat, menempel, dan mengkomposisikan
    memotong, mengikat, menempel, dan mewarnai


    Soal nomor 15
    Untuk membuat bunga plastik, maka langkah yang dilakukan setelah memotong sedotan adalah ....
    melipat sedotan menjadi dua untuk menemukan bagian tengahnya
    menyatukan potongan sedotan menggunakan benang dan jarum
    memotong semua bagian ujung sedotan agar runcing
    membuat bunga, tangkai, dan daun


    Soal nomor 16
    Bahan yang digunakan untuk merekatkan bunga plastik adalah ....
    lem kertas
    lem kayu
    lem tembak
    lem kain


    Soal nomor 17
    Agar bunga plastik terlihat menarik, yang perlu dilakukan adalah ....
    mewarnai bunga plastik dengan cat minyak
    mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diinginkan
    membuat bunga plastik dalam jumlah yang banyak
    membuat bunga plastik sesuai keinginan


    Soal nomor 18
    Selain sedotan plastik, bahan yang bisa digunakan untuk membuat bunga dari limbah plastik adalah ....
    gelas air mineral
    keranjang plastik bekas
    tisu
    botol sampo


    Soal nomor 19
    Berikut ini alat yang tidak dibutuhkan untuk membuat bunga plastik adalah ....
    gunting
    lem tembak
    jarum dan benang
    cutter


    Soal nomor 20
    Perhatikan gambar berikut ! 

    Contoh Soal Seni Rupa Kelas 4 Unit 2

    Benda pada gambar merupakan salah satu karya dari bahan limbah ....
    sedotan
    plastik kemasan
    kantong kresek
    botol

    sumber materi : Materi dan Soal Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik Bekas ~ Juragan Les

    Kesimpulan alhamdulillah peserta didik dapat tuntas memnyelesaikan soal dan memahami cara mengerjakan soal tentang komposisi bilangan cacah

No comments:

Post a Comment

see you