Monday, September 1, 2025

Materi Kelas 4 Kurikulum Merdeka

 Hari/Tanggal : Senin, 25 Agustus 2025

Kelas : IV

Mata Pelajaran : 
Pendidikan Pancasila : Toleransi di Lingkungan Sekitar

Matematika : Bilangan Cacah sampai 10.000

Bahasa Indonesia : Di bawah Atap

Seni Rupa : Daur Ulang Plastik 

Capaian Pembelajaran

Bahasa Indonesia 

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa :

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Berbicara dan mempresentasikan :

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis :

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Capaian Pembelajaran Pancasila:

Elemen NKRI : Peserta didik mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Capaian Pembelajaran Matematika :

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa :

Elemen Mengalami : Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Murid mampu menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman dua atau lebih unsur rupa dan satu prinsip desain.

Assalamualaikum wr wb...

  

Apa kabar anak sholih sholihah.........

 Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.

Tujan Pembelajaran pada hari ini adalah :

- Murid menentukan contoh toleransi yanga ada di lingkungan sekitar

- Murid dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

- Murid dapat memilih dan mengidentifikasi sampah yang dapat di daur ulang

- Murid dapat menentukan imbuhan me-

-Murid dapt menghasilkan karya dari barang bekas 


Matematika 

Materi Matematika Kelas 4: Penjumlahan Bilangan Cacah sampai 1.000

Penjumlahan bilangan cacah adalah operasi matematika dasar yang menjumlahkan dua atau lebih bilangan cacah (bilangan bulat positif termasuk nol). Berikut adalah penjelasan singkat tentang materi ini:


1. Pengertian Penjumlahan

Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan hasil total. Simbol yang digunakan adalah tanda tambah (+).

Contoh:

  • 123+456=579123 + 456 = 579

2. Cara Melakukan Penjumlahan

Ada dua cara umum untuk menjumlahkan bilangan cacah:

a. Penjumlahan Secara Vertikal

  1. Tulis bilangan yang akan dijumlahkan secara berurutan ke bawah.
  2. Pastikan angka-angka sejajar sesuai nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan).
  3. Tambahkan angka dari kolom satuan terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke kolom puluhan, dan seterusnya.
  4. Jika hasil penjumlahan lebih dari 9, lakukan "menyimpan" ke kolom berikutnya.

Contoh:

  345
+ 276
------
  621

b. Penjumlahan Secara Horizontal

  1. Tulis bilangan secara berurutan dalam satu baris.
  2. Tambahkan angka-angka tersebut dari kiri ke kanan.

Contoh: 345+276=621345 + 276 = 621


3. Contoh Soal

  1. Soal Langsung: Hitung hasil dari 234+567234 + 567Jawaban: 234+567=801234 + 567 = 801

  2. Soal Cerita: Di sebuah perpustakaan terdapat 345 buku fiksi dan 276 buku nonfiksi. Berapa jumlah seluruh buku di perpustakaan tersebut? Jawaban: 345+276=621345 + 276 = 621


4. Tips dan Trik

  • Periksa kembali hasil penjumlahan untuk memastikan tidak ada kesalahan.
  • Gunakan alat bantu seperti garis bilangan atau kertas coretan jika diperlukan.
  • Latih penjumlahan dengan berbagai soal untuk meningkatkan 

Ayo berlatih!

1) Ahmad dan Agus mengikuti lomba matematika. Ahmad mendapat total nilai 391 sedangkan Agus mendapat total nilai 333. Berapa jumlah total nilai yang mereka dapat jika digabungkan?
a. 738
b. 726
c. 734
d. 724

2) Bu Nurul adalah seorang penjual beras. Bu Nurul hari ini bisa menjual 500 kg beras, sedangkan kemain hanya bisa menjual 325 kg beras. Jadi jumlah beras yang dijual Bu Nurul hari ini dan kemarin adalah …. kg.
a. 855
b. 845
c. 835
d. 825

3) Pak Danu adalah seorang peternak madu. Pada bulan Juni Pak Danu mampu memproduksi 418 botol madu. Sedangkan pada bulan Juli ia hanya bisa memproduksi 212 botol madu. Jadi berapa jumlah botol madu yang telah diproduksi Pak Danu pada bulan Juni dan Juli?
a. 630
b. 631
c. 632
d. 635

4) Pada tahun 2019 SMP Brilian meluluskan 325 murid, sedangkan pada tahun 2020 meluluskan 297 murid. Berapa jumlah keseluruhan murid yang lulus dari SMP Brilian pada tahun 2019 dan 2020?
a. 612 c. 632


b. 622 d. 642

5) Perpustakaan Cahaya Ilmu mempunyai koleksi banyak buku. Ada 305 buku fiksi dan 278 buku non fiksi. Berapa jumlah buku di perpustakaan cahaya ilmu?
a. 583
b. 573
c. 563
d. 593


    BAHASA INDONESIA

    Pada materi kedua pada bab 2 bahasa indonesia kelas 4 ini membahas tentang awalan me sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dasar merupakan unsur bahasa yang
    diucapkan atau dituliskan serta menjadi perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang bisa digunakan dalam berbahasa. Dan pada bagian ini kita akan membahas arti awalan me-.

    1. Arti Awalan Me-

    Awalan me- memiliki beberapa fungsi, di antaranya di bawah ini:

    a. Melakukan tindakan, contohnya: membaca, menulis.

    b. Membuat jadi, contohnya: menghijaukan, menggulai, dan membekukan.

    c. Mengerjakan dengan alat, contohnya: menyetir.

    d. Berbuat seperti, contohnya: menggila.

    e. Dalam keadaan, contoh: membujang.

    f. Mencari atau mengumpulkan, contohnya: merajut.

    2. Aturan Pemakaian Awalan Me-

    Salah satu aturan dalam pemakaian awalan me- adalah meluluhkan kata dasar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasana di bawah ini.

    Meluluhkan Kata Dasar

    Imbuhan me- akan meleburkan huruf pertama dari kata yang mengikutinya jika huruf awal kata tersebut berupa huruf k, t, s, dan p dan terdiri lebih dari dua suku kata.

    1) Huruf pertama konsonan, dan diikuti huruf vokal.
    contohnya: me-kayuh akan menjadi mengayuh.

    2) Kata dasar yang berawalan k, t, s, p dan diikuti huruf konsonan maka huruf pertama dari kata dasar tersebut tetap dipertahankan.
    contoh: me-kristal menjadi mengkristal

    3) Mengubah bentuk awalan
    Penggunaan awalan me-, akan berubah bentuk menjadi meng-, men-, mem-, dan meny- apabila diikuti dengan kata dasar dengan aturan sebagai berikut ini

    a. me-

    Tetap me-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan huruf l, m, n, r, w, y.
    contohnya: me-lihat menjadi melihat. me – makan menjadi memakan.

    b. meng-

    Awalan me- akan berubah menjadi meng-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan 5 huruf vokal yakni a, i, u, e, o dan g, h, k,
    Contoh: me-ambil menjadi mengambil, me – alir menjadi mengalir.

    c. men-

    Awalan me- akan berubah menjadi men-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan c, d, j,
    contohnya: me-curi menjadi mencuri.

    d. mem-

    Awalan me- akan berubah menjadi mem-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan b, f,
    contoh: me-bakar menjadi membakar.

    e. meny-

    Awalan me- akan berubah menjadi meny-, apabila diikuti dengan kata dasar yang berawalan s.
    contoh: me-sapu menjadi menyapu (lihat aturan k, t, s, p), me-sponsor-i menjadi mensponsori.

    Seni rupa 
    Sampah merupakan permasalahan di lingkungan sekitar. Sampah adalah sisa kegiatan manusia yang berwujud padat yaitu zat organik dan anorganik. Salah satu sampah anorganik adalah plastik. Plastik terus bertambah setiap hari hingga lingkungan kita dipenuhi oleh sampah jenis ini. Salah satu masalah dari sampah plastik adalah tidak bisa dilenyapkan atau dipunahkan, sehingga jumlahnya terus bertambah seiring dengan benda-benda dari plastik yang terus diproduksi.

    Jalan keluar yang mungkin dilakukan adalah mendaur ulang (recycle) sampah plastik atau mengolahnya menjadi benda yang berguna, seperti vas bunga, wadah alat-alat tulis, akuarium, atau hiasan. Selain recycle, tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi sampah plastik adalah reduce, yaitu mengurangi penggunaan, reuse yaitu menggunakan kembali, replace yaitu mengganti dengan yang lain, dan repair yaitu memperbaiki kembali. Selain sampah organik dan anorganik ada juga sampah B3 atau sampah berbahaya seperti sisa obat, baterai, dan lainnya.

    • Prinsip 5R

      Recycle, Reduce, Reuse, Replace, dan Repair atau lebih dikenal dengan prinsip 5R adalah upaya untuk mengelola dan mengurangi sampah yang dihasilkan setiap hari baik sampah organik maupun sampah anorganik.

      1. Recycle adalah mendaur ulang sampah yang tidak dapat digunakan lagi menjadi lebih berguna.
      Contoh : pengolahan kertas menjadi kertas baru, pengolahan botol plastik menjadi bahan baku plastik baru.

      2. Reduce adalah penanggulangan sampah dengan mengurangi pemakaian benda sekali pakai yang memicu banyak sampah.
      Contoh : ketika berbelanja ke pasar, sebaiknya membawa tas belanja sendiri seperti keranjang dari rumah sehingga tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik dari penjual.

      3. Reuse adalah menggunakan kembali barang-barang bekas yang masih bisa dipakai dengan cara mengubahnya dengan kreativitas yang memiliki nilai guna bahkan nilai jual.
      Contoh : botol minuman plastik bekas dapat digunakan untuk tempat pensil, pot tanaman, tempat makan hewan peliharaan. 

      4. Replace adalah mengganti barang yang kita pakai dengan yang lebih ramah lingkungan.
      Contoh : mengganti botol minum ke sekolah dengan botol yang dapat digunakan berulang kali seperti yang berbahan plastik tebal atau aluminium.

      5. Repair adalah memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat digunakan kembali. Dengan cara tersebut, kita tidak perlu membeli barang-barang baru, karena barang yang lama masih dapat digunakan kembali.
      Contoh : memperbaiki peralatan elektronik yang rusak.

      B. Limbah Plastik sebagai Bahan Karya Seni

      Keberadaan bahan limbah dapat digunakan untuk membuat karya seni kriya yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Salah satunya limbah plastik. Beberapa contoh bahan limbah plastik, di antaranya: sedotan minuman, plastik bekas botol air kemasan, dan sebagainya.

      C. Merancang Karya Seni dari Limbah Plastik

      Limbah plastik yang tidak bisa diuraikan membuat kita harus mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna atau untuk hiasan. Selain itu, hasil karya bisa dijual, sehingga bernilai ekonomis. Bahan plastik yang bisa digunakan di antaranya kantong plastik, botol plastik, sedotan, plastik kemasan, dan lainnya.

      Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kita harus menentukan karya kriya kerajinan yang akan dibuat. Kita harus memilih salah satu bahan yang akan digunakan.

      Jika kita akan membuat rancangan bunga plastik dari sedotan minuman, berikut langkah-langkahnya.
      1. Mengumpulkan bahan sedotan plastik.
      2. Membersihkan bahan sedotan plastik agar aman.
      3. Menggambar model bunga plastik.
      4. Memotong bahan sedotan plastik sesuai rancangan gambar.
      5. Menyusun potongan bahan plastik sesuai rancangan.
      6. Mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diinginkan.
      7. Finishing karya.

      D. Membuat Karya Seni dari Limbah Plastik

      Setelah merancang dan mengetahui langkah-langkah pembuatan karya limbah plastik, selanjutnya kita dapat membuat seni kriya berupa bunga plastik yang berfungsi sebagai hiasan di ruangan. Teknik yang digunakan dengan cara memotong, mengikat, menempel, dan mengkomposisikannya sehingga membentuk bunga dan rumpun bunga.

      Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya sangat beragam. Alat adalah benda yang digunakan untuk membuat karya dan bisa digunakan berulang kali. Sementara itu, bahan dapat habis untuk membuat karya. Alat dan bahan yang digunakan di antaranya :
      1. 4 buah sedotan warna kuning (mahkota), 2 buah sedotan warna merah muda (putik), 2 sedotan warna hijau (tangkai dan daun)
      2. Gunting
      3. Jarum dan benang
      4. Lem tembak

      Langkah pembuatan :

      Contoh Kerajinan dari Plastik Bekas
      https://www.mikirbae.com/
      1. Potong sedotan warna kuning menjadi 3 bagian, sehingga ada 12 potong sedotan warna kuning.
      Potong sedotang warna merah muda menjadi 4 bagian, sehingga ada 8 potong sedotan warna merah muda.
      2. Lipat sedotan warna kuning menjadi dua untuk menemukan bagian tengahnya. Selanjutnya satukan potongan sedotan warna kuning menggunakan jarum dan benang tepat pada bagian tengah sedotan kemudian ikat dengan kuat. Berhati-hatilah saat menusukkan jarum pada sedotan. Bentuklan sedotan yang sudah diikat agar melingkar menyerupai mahkota bunga. 
      3. Potong semua bagian ujung sedotan agar runcing.
      4. Lakukan hal yang sama pada potongan sedotan yang berwarna merah muda.
      Satukan lingkaran sedotan kuning dan sedotan merah muda menggunakan lem tembak. Posisi sedotan merah muda berada di atas sedotan kuning.
      5. Ambil sedotan berwarna hijau dan potong sepanjang 5 cm sebanyak 2 buah.
      6. Bentuk potongan sedotan hijau membentuk daun lalu lemaskan menggunakan ujung gunting atau alat lainnya.
      7. Tempelkan potongan sedotan hijau pada sedotan hijau yang satunya sehingga terbentuk tangkai dan daun.
      8. Terakhir tempelkan mahkota dan putik bunga pada tangkai bunga menggunakan lem tembak.

      Setelah mempelajari materi seni rupa kelas 4 kurikulum merdeka unit 2 Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas, saatnya kita lanjutkan berlatih.

      Soal Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas

      Untuk mengerjakan soal Daur Ulang : Kerajinan dari Plastik Bekas, pertama-tama kamu perlu membaca soal dengan teliti dan memahami apa yang diminta. Setelah itu, pilih jawaban dengan cara mengklik bulatan di depan jawaban yang kamu anggap paling benar. Nilai atau skor untuk jawaban terpilih akan ditampilkan otomatis. Skor untuk satu soal adalah 5. Total skor jika semua jawaban benar adalah 100.


      Soal nomor 1
      Sampah terdiri dari sampah organik dan anorganik. Salah Satu contoh sampah anorganik adalah ....
       daun kering
       kotoran hewan
       plastik
       kertas


      Soal nomor 2
      Sampah yang dapat terurai oleh alam disebut ....
      sampah organik
      sampah anorganik
      sampah B3
      sampah residu


      Soal nomor 3
      Contoh sampah organik adalah ....
      kantong plastik
      kulit kacang
      botol
      bungkus makanan kemasan


      Soal nomor 4
      Contoh sanpah anorganik adalah....
      botol
      daun
      kulit buah
      batan kangkung


      Soal nomor 5
      Setiap hari sampah terus bertambah. Kehadiran sampah plastik sangat berpotensi mencemari lingkungan. Hal ini karena ....
      sampah plastik mengandung nutrisi untuk tanaman
      sampah plastik mudah terurai secara alami
      sampah plastik tidak bisa dilenyapkan atau sulit diuraikan
      sampah plastik tidak dapat didaur ulang


      Soal nomor 6
      Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah ....
      tidak menggunakan plastik sekali pakai secara berlebihan dalam kehidupan sehari- hari
      menggunakan barang dari bahan lain yang dapat digunakan berulang kali
      mendaur ulang sampah plastik dan mengolah menjadi benda yang berguna
      semua jawaban benar


      Soal nomor 7
      Berikut ini adalah manfaat mengolah sampah untuk kehidupan manusia, kecuali ....
      mengurangi sampah
      memperindah lingkungan 
      menambah nilai ekonomis
      mencemari lingkungan 


      Soal nomor 8
      Cara mengolah sampah anorganik dengan mendaur ulang atau memproses kembali menjadi barang baru disebut ....
      reduce
      reuse
      recycle
      repair


      Soal nomor 9
      Mengolah sampah dengan menggunakan kembali agar lebih berguna disebut ....
      recyle
      reduce
      repair
      reuse


      Soal nomor 10
      Upaya mengurangi penggunaan barang yang berpotensi menjadi sampah disebut ....
      reuse
      reduce
      recycle
      repair


      Soal nomor 11
      Berikut ini contoh karya seni dari bahan plastik adalah ....
      vas bunga
      tempat pensil
      vas bunga dan tempat pensil
      bunga, vas bunga, dan tempat pensil


      Soal nomor 12
      Sebelum membuat karya seni dari bahan limbah plastik, hal yang harus dilakukan adalah ....
      memotong plastik 
      merangkai
      menentukan bahan
      membuat pola


      Soal nomor 13
      Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kita harus menentukan karya kriya kerajinan yang akan dibuat. Kita harus memilih salah satu bahan yang akan digunakan. Untuk membuat bunga plastik, maka bahan yang dibutuhkan adalah ....
      sedotan plastik dan lem tembak
      kantong plastik, botol plastik, dan lem tembak
      keranjang plastik bekas dan lem tembak
      kantong plastik, keranjang plastik bekas, dan lem tembak


      Soal nomor 14
      Berikut ini teknik yang digunakan dalam membuat karya seni bunga dari limbah plastik adalah ....
      memotong, mengikat, menempel
      memotong, mengikat, menempel, dan menyatukan
      memotong, mengikat, menempel, dan mengkomposisikan
      memotong, mengikat, menempel, dan mewarnai


      Soal nomor 15
      Untuk membuat bunga plastik, maka langkah yang dilakukan setelah memotong sedotan adalah ....
      melipat sedotan menjadi dua untuk menemukan bagian tengahnya
      menyatukan potongan sedotan menggunakan benang dan jarum
      memotong semua bagian ujung sedotan agar runcing
      membuat bunga, tangkai, dan daun


      Soal nomor 16
      Bahan yang digunakan untuk merekatkan bunga plastik adalah ....
      lem kertas
      lem kayu
      lem tembak
      lem kain


      Soal nomor 17
      Agar bunga plastik terlihat menarik, yang perlu dilakukan adalah ....
      mewarnai bunga plastik dengan cat minyak
      mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diinginkan
      membuat bunga plastik dalam jumlah yang banyak
      membuat bunga plastik sesuai keinginan


      Soal nomor 18
      Selain sedotan plastik, bahan yang bisa digunakan untuk membuat bunga dari limbah plastik adalah ....
      gelas air mineral
      keranjang plastik bekas
      tisu
      botol sampo


      Soal nomor 19
      Berikut ini alat yang tidak dibutuhkan untuk membuat bunga plastik adalah ....
      gunting
      lem tembak
      jarum dan benang
      cutter


      Soal nomor 20
      Perhatikan gambar berikut ! 

      Contoh Soal Seni Rupa Kelas 4 Unit 2

      Benda pada gambar merupakan salah satu karya dari bahan limbah ....
      sedotan
      plastik kemasan
      kantong kresek
      botol

      sumber materi : Materi dan Soal Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik Bekas ~ Juragales

No comments:

Post a Comment

see you