Wednesday, October 8, 2025

Materi kelas 4

 Hari/Tanggal : Rabu, 8 Oktober 2025

Kelas : 4

Mata Pelajaran:

Matematika : Bilangan cacah sampai 10.000  

Pendidikan Pancasila : Aturan di Masyarakat 

Bahasa Indonesia : Lihat di sekitar

Seni Rupa : Bentuk dan Tekstur

Capaian Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya. 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa :

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Berbicara dan mempresentasikan :

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis :

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Tujuan pembelajaran :

- Murid dapat menentukan tugas pengurus organisasi struktur desa dan kelurahan

- Murid dapat menentukan perkalian bilangan cacah sampai 100

- Murid dapat mengenal dan membuat paragraf Deskripsi

- Murid dapat mengenal tekstur pada unsur seni rupa

Assalamu'alaikum wr wb...

  Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Matematika 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pembagian diartikan sebagai proses, cara, perbuatan membagi atau membagikan.

Namun, bagaimana pengertian pembagian dalam matematika?

Dalam matematika, pembagian diartikan sebagai salah satu dari operasi dasar matematika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Nah, pembagian memiliki sifat yang bertolak belakang dengan perkalian.

Soal 1

Ada 24 cokelat. Cokelat tersebut dibagi sama rata di antara ... anak. Berapa cokelat yang diterima setiap anak?

1. Masukkan berbagai angka ke ... dan temukan jawabannya. Jika cokelat tersebut dibagi kepada 4 anak, berapa yang diterima setiap anak?

Jika ada 8 anak, berapa banyak cokelat yang akan diterima setiap anak?

Jawab:

- 24 cokelat: 4 anak = 6

Jadi, jika ada 4 anak masing-masing akan mendapatkan 6 buah cokelat.

- 24 cokelat : 8 anak = 3

Jadi, jika ada 8 anak masing-masing akan mendapatkan 3 buah cokelat.

Pembagian adalah salah satu operasi hitung yang ada pada mata pelajaran matematika. Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian yang diajarkan sejak SD. Sehingga, untuk mempelajari pembagian, kita juga harus menguasai perkalian. Nah, untuk memahami materi pembagian, berikut akan dibahas latihan contoh soal pembagian dan jawabannya.

Pembahasan soal-soal pembagian berikut ini diambil dari materi matematika untuk kelas 4 SD. Dimana di dalam soal terdiri dari perhitungan pembagian puluhan, ratusan, hingga ribuan. Serta beberapa soal cerita pembagian yang mudah dikerjakan.

Soal-soal juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Sehingga diharapkan akan lebih mudah memahami bagaimana menghitung pembagian dalam pelajaran matematika. Langsung saja simak pembahasan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal Pembagian Kelas 4 SD Dan Jawabannya

A. Soal Pilihan Ganda
Pilihlah Jawaban Yang Tepat Pada Soal-Soal Pembagian Di Bawah Ini!

1. 15 : 5 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

2. 18 : 9 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

3. 24 : 6 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

4. 35 : 7 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

5. 56 : 8 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

6. 42 : 7 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

7. 64 : 8 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

8. 63 : 7 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

9. 72 : 8 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

10. 90 : 9 = …..
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11

11. 156 : 12 = …..
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16

12. 210 : 14 = …..
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16

13. 272 : 17 = …..
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16

14. 399 : 21 = …..
a. 16
b. 17
c. 18
d. 19

15. 575 : 23 = …..
a. 23
b. 24
c. 25
d. 26

16. 972 : 27 = …..
a. 35
b. 36
c. 37
d. 38

17. 1.584 : 33 = …..
a. 47
b. 48
c. 49
d. 50

18. 1.887 : 37 = …..
a. 48
b. 49
c. 50
d. 51

19. 3.136 : 49 = …..
a. 66
b. 65
c. 64
d. 63

20. 4.248 : 59 = …..
a. 71
b. 72
c. 73
d. 74

B. Soal Cerita Pembagian

1. Kakak membeli 100 ekor ikan. Kemudian Kakak menaruh ikan di 5 kolam dengan jumlah yang sama. Berapa jumlah ekor ikan pada tiap-tiap kolam?

2. Ayah membeli gula pasir sebanyak 25 kg. Kemudian ibu memasukan gula pasir ke dalam 50 kantong plastik dengan jumlah sama. Berapa kg gula pasir isi tiap-tiap kantong?

3. Ibu membuat kue sebanyak 225 potong. Kemudian Ibu memasukan ke dalam 15 toples dengan jumlah sama. Berapakah isi tiap-tiap toples?

4. Fani memiliki 396 potong coklat. Kemudian coklat tersebut akan dibungkus ke dalam kotak dengan isi tiap-tiap kotak 18 potong coklat. Berapa jumlah kotak yang dibutuhkan?

Kunci Jawaban Soal Pembagian

A. Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda

1. b
2. a
3. c
4. d
5. b
6. a
7. c
8. d
9. d
10. c
11. a
12. c
13. d
14. d
15. c
16. b
17. b
18. d
19. c
20. b

B. Kunci Jawaban Soal Cerita

1. Jumlah ekor ikan tiap kolam = 100 : 5 = 20 ekor ikan.
2. Isi gula pasir tiap-tiap kantong = 25 : 50 = 0,5 kg.
3. Isi kue tiap-tiap toples = 225 : 15 = 15 potong.
4. Jumlah kotak yang dibutuhkan = 396 : 18 = 22 potong coklat.
5. Uang yang diterima oleh tipa-tiap cucu Kakek = Rp 600.000 : 24 = Rp 25.000.

Demikianlah pembahasan mengenai latihan contoh soal pembagian kelas 4 SD dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat

BAHASA INDONESIA

    Paragraf Argumentasi

Saat berdiskusi atau menyampaikan pendapat secara lisan atau tertulis, kalian perlu menyebutkan alasan atau penyebab kalian berpendapat demikian.

Makin kuat alasan, atau didukung oleh bukti-bukti seperti peraturan atau data ilmiah, maka makin kuat pula pendapat kalian.

Pernyataan yang kalian sampaikan itu disebut argumentasi. 

Jika argumentasi disampaikan dalam bentuk atau dalam sebuah paragraf, paragraf yang kalian tulis disebut paragraf argumentasi.

Jadi dapat dipahami bahwa paragraf argumentasi adalah paragraf yang dibuat untuk meyakinkan pembaca agar mengikuti atau mengakui kebenaran dari pendapat yang disampaikan penulis.

Paragraf argumentasi umumnya menjelaskan alasan, contoh, atau bukti sebagai alasan kuat yang bisa mempengaruhi pembaca.

Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan pola sebab-akibat.

Adapun ciri-ciri paragraf argumentasi :

1. Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan.

2. Ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain.

3. Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan.

4. Terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas tetapi bukan merupakan kembali topik utama.

Contoh Kata:

Menurutku, betul sekali aku setuju, aku tidak setuju karena, aku sependapat denganmu karena.


Materi : https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3

https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3

*Aturan di Lingkungan Sekitar*

1. *Pentingnya Aturan*: Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan bersama di lingkungan sekitar seperti rumah, sekolah, dan masyarakat.

2. *Contoh Aturan di Lingkungan*:

    - Di sekolah: Mengikuti aturan berpakaian, menghormati guru, tidak berbuat gaduh di kelas.

    - Di rumah: Membantu orang tua, menjaga kebersihan, tidak membuat keributan.

    - Di masyarakat: Menghormati tetangga, menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti aturan lalu lintas.

*Nilai-nilai Pancasila yang Terkait*

1. *Sila Pertama*: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghormati aturan sebagai bentuk ketaatan pada nilai-nilai ketuhanan).

2. *Sila Kedua*: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (menghargai hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain).

3. *Sila Kelima*: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (menjaga keadilan dan ketertiban untuk kebaikan bersama).

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :  

Seni Rupa

https://youtube.com/shorts/gY8XuYTpTpk?si=5QbCH5bfUwZ6FWZ9

Atau klik disini untuk melihat video : https://youtube.com/shorts/gY8XuYTpTpk?si=5QbCH5bfUwZ6FWZ9

*Pengertian Tekstur*
Tekstur adalah kesan atau rasa yang dapat dirasakan pada permukaan suatu benda atau karya seni. Tekstur dapat dibuat dengan berbagai teknik untuk menciptakan kesan yang berbeda-beda.

*Teknik Pembuatan Tekstur*
1. *Teknik Gosok*: Menggunakan alat seperti pensil, crayon, atau pastel untuk menciptakan tekstur dengan cara menggosok permukaan kertas.
2. *Teknik Semprot*: Menggunakan cat semprot atau alat lainnya untuk menciptakan tekstur yang kasar atau halus.
3. *Teknik Tempel*: Menggunakan bahan seperti kertas, kain, atau benda lainnya untuk menciptakan tekstur dengan cara menempelkannya pada permukaan karya seni.
4. *Teknik Pahat*: Menggunakan alat pahat untuk menciptakan tekstur pada bahan seperti kayu atau batu.
5. *Teknik Cetak*: Menggunakan teknik cetak untuk menciptakan tekstur pada permukaan kertas atau kain.

*Contoh Pembuatan Tekstur*
1. Membuat tekstur kasar dengan menggunakan crayon dan teknik gosok.
2. Membuat tekstur halus dengan menggunakan cat air dan teknik semprot.
3. Membuat tekstur timbul dengan menggunakan teknik tempel dan bahan seperti kertas atau kain.

*Aktivitas Pembelajaran*
1. Siswa dapat membuat karya seni dengan menggunakan teknik pembuatan tekstur yang berbeda-beda.
2. Siswa dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan tekstur yang ada pada karya seni.
3. Siswa dapat membuat karya seni dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk menciptakan tekstur yang unik.
 


No comments:

Post a Comment

see you