Tuesday, October 2, 2012

Siklus Hidup hewan

A. Daur Hidup Hewan

Daur hidup hewan adalah tahapan perubahan bentuk tubuh hewan sepanjang hidupnya. Ada berbagai hewan yang dilahirkandari tubuh induknya dan memiliki bentuk yang mirip dengan induknya. contonya kucing, anak kucing sama bentuknya dengan kucing dewasa, anak ayam yang baru menetas, meskipun kecil bentuknya mirip dengan induknya. Tidak semua telur menetas, menghasilkan individu yang sama dengan induknya. contohnya pada katak daur hidupnya panjang dan terjadi perubahan-perubahan bentuk (metamorfosis) dengan tahap-tahap tertentu yaitu telur menetas menjadi berudu kemudian menjadi berudu berkaki. Berudu berkaki menjadi katak kecil, katak kecil menjadi katak dewasa. Berudu bernapas menggunakan insang, sedangkan katak bernafas menggunakan paru-paru.

Pada serangga metamorfosisi terdiri atas 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosisi tidak sempurna. Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 4 tahap pertumbuhan, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa.

Adapun metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 3 tahap pertumbuhan, yaitu telur, nimfa, dan dewasa.

1. Daur hidup Nyamuk

Daur hidup nyamuk dimulai dari telur. Telur nyamuk berada di atas air. Ketika sudah menetas, telur ini menjadi jentik-jentik (tempayak). Jentik-jentik hidup dan memperoleh makanan di air. Setelah cukup umur, jentik-jentik berubah menjadi pupa. Pupa tidak bergerak. Pupa berpindah karena gerakan aliran air. Setelah beberapa waktu pupa, berubah menjadi nyamuk. Nyamuk dewasa tidak hidup di air. Ia kembali ke air saat akan bertelur. Ada nyamuk yang bertelur di air kotor dan ada yang suka bertelur di air jernih. Nyamuk merupakan salah satu jenis hewan penyebar penyakit. Oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan tempat air yang ada dirumahmu.

 

2. Daur Hidup Kupu-kupu 

Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna ialah serangga yang memiliki empat tahap

pertumbuhan dalam daur hidupnya. Tahap metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut.

Telur - Larva - Pupa - Dewasa

Keempat tahap pertumbuhan tersebut masing-masing memiliki tahap yang berbeda-beda.

Perhatikan Gambar dibawah ini:

 3. Metamorfosis Tidak Sempurna 

terjadi pada kecoa atau lipas, rayap, belalang dan walang sangit.


disebut tidak sempurna karena perubahan bentuknya tidak mengalami tahap kepompong 

4. Daur hidup Katak

Katak memiliki tahap pertumbuhan pada katak muda yang berbeda dengan katak dewasa.
Pada katak muda, setelah menetas dari telur, katak muda hidup di air, memiliki ekor dan tidak memiliki kaki. Katak muda itu disebut berudu. Perhatikan Gambar dibawah ini.

 

termasuk daur hidup dengan metamorfosis secara sempurna.

Menjelang dewasa, berudu mulai tumbuh kaki dan masih berekor, serta masih hidup di air. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh sempurna dan ekor pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap katak dewasa, katak lebih sering berada di darat dan kembali lagi ke air untuk bertelur, dengan kata lain disebut binatang Amfibi. Yaitu binatang yang hidup di darat di air.





 



No comments:

Post a Comment

see you