Thursday, February 7, 2013

Cahaya

Cahaya adalah geleombang elektromagnetik yang dapat ditangkap oleh mata, kecepatan cahaya sama dengan kecepatan gelombang elektro magnetik yaitu 3 x 10⁸m/s

Sehingga dapat merambat dalam ruang hampa udara, dan dapat merambat tegak lurus seperti gelombang transversal.

benda yang dapat menjadi sumber cahaya dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu:
sumber cahaya: benda yang dapat menghasilkan sumber cahaya sendiri contohnya matahari
benda gelap adalah benda yang tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Sifat-sifat cahaya:
1. Cahaya dapat merambat lurus contoh cahaya matahari, cahaya lampu senter, cahaya lilin














2. Cahaya dapat menembus benda bening

3. Cahaya dapat dipantulkan 
Pernahkah kalian mengamati benda disekitar kalian. Kenapa benda-benda tersebut dapat dilihat oleh mata kita?. Benda tersebut dapat terlihat oleh mata kita karena adanya pantulan cahaya dari benda menuju mata. Gejala tersebut berkaitan dengan adanya pemantulan sinar atau cahaya. Coba kamu sorotkan senter ke dinding kamarmu yang gelap itu. Kamu akan melihat cahaya senter dipantulkan baur atau tidak teratur oleh dinding. Mengapa demikian?
Sekarang lakukan kegiatan berikut di depan cermin. Lihatlah dirimu melalui cermin. Kamu dapat terlihat di cermin karena cahaya yang berasal dari dirimu dipantulkan ke cermin, kemudian oleh cermin dipantulkan kembali ke mata. Hal ini merupakan salah satu sifat cahaya yaitu cahaya dapat dipantulkan jika mengenai suatu permukaan. Pemantulan teratur, pemantulan pada permukaan obyek/benda pantulan yang rata seperti pada cermin, sehingga sinar pantul sejajar dan teratur.

a. Gambar Pemantulan Teratur
Istilah Pemantulan difus artinya pemantulan tidak teratur, pemantulan pada permukaan benda pantulan tidak rata, sehingga sinar pantul terpantul kesegala arah dan tidak teratur.

b. Gambar Pemantulan Tidak Teratur
Cermin merupakan salah satu benda yang memantulkan cahaya. Berdasarkan bentuk permukaannya ada cermin datar dan cermin lengkung. Cermin lengkung ada dua macam, yaitu cermin cembung dan cermin cekung.

4. Cahaya dapat dibiaskan 

Cahaya yang memancar dari benda akibat memantulnya cahaya pada permukaan benda tersebut dari sumber cahaya. Misalnya, jika kamu melihat benda berwarna biru, artinya benda tersebut memantulkan cahaya berwarna biru. Cahaya yang sering kamu lihat merupakan cahaya tampak. Cahaya tampak sebenarnya tersusun atas semua warna pelangi. Jika sinar matahari menembus butiran air hujan, akan dibelokkan dan diuraikan menjadi tujuh warna. Tujuh warna tersebut antara lain, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Bagaimana dengan benda yang berwarna hitam dan putih? Benda akan tampak hitam jika benda tersebut menyerap semua warna cahaya. Benda akan terlihat putih jika benda tersebut memantulkan semua warna cahaya. Untuk lebih memahami warna cahaya.

No comments:

Post a Comment

see you