Wednesday, January 8, 2014

Melatih meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi adalah Kemampuan seseorang untuk fokus dalam sesuatu hal dan secara bersamaan mampu mengabaikan hal yang lain. Jadi jika kita hanya mampu fokus di tempat yang sepi itu bukan konsentrasi, karena fokus kalah dengan pengabaian.

Konsentrasi terdiri dari dua hal yaitu:
Mind Focus yaitu fokus dan konsentrasi pada level pikiran atau sadar pikir, sehingga mind fockus adalah kemampuan mengarahkan pikiran kita pada satu titik pemikiran yang kita inginkan dan otak sebagai pusat konsentrasi.
Heart focus yaitu fokus dan konsentrasi pada lebel emosi atau sadar rasa. Sehingga heart focus adalah kemampuan mengarahkan emosi kita pada satu titik emosi yang kita inginkan dan hati sebagai pusat konsentrasi
"Dengan Mind Fokus Kita akan Memiliki Kesetabilan Berpikir, dan Dengan Heart Focus Kita Akan Memiliki Kesetabilan Emosi"

Proses Latihan meningkatkan Konsentrasi


Karena kit menginginkan konsentrasi pada level pikiran maka yang kita latih konsentrasi adalah otot-otot halus pada otak kita dan otak ini merespon langsung panca indera kita, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan, dan pengecapan.

Dalam metode latiha ini, indera penglihatanlah yang akan menjadi Trigger otak kita untuk berkonsentrasi. Jadi mata kitalah sebagai inputan dalam melatih konsentrasi ini. Hasil latihan ini adalah jangkauan mata kita pun menjadi lebih luas  sehingga kita akan mampu menangkap banyak kata ketika membaca.


Injeksi sugesti positif
Dalam latihan konsentrasi ini otak akan memasuki level alpha, dimana pada level ini gelombang otak berada pada kondisi antar sadan dan bawah sadar (bengong) akibatnya kitamulai berbicara sendiri di dalam hati seperti kapan selesainya ni? Masih lama ga sih? Ada sebagainya, dan akhirnya mulai menghayal (daydraming). Pada saat menghayal itulah sugestikan yang baik-baik yang akan terjadi pada kita inginkan berulang-ulang. Pada kondisi inilah (saat menghayal) adalah kondisi terbaik untuk menginjeksikan sugesti positif kedalam alam bawah sadar kita. Dan jika dilakukan setiap hari berturut-turut dan dalam waktu lebih dari 80 hari. Maka, sugesti itu akan mantap menancap di alam bawah sadar kita.
 







1 comment:

  1. Thx utk infonya..bermanfaat sekali..mampir yuk ke http://elementmtb.com/konsentrasi-lebih-meningkat-dengan-gowes/

    ReplyDelete

see you