Sunday, April 14, 2019

Materi Zat Tunggal dan Campuran

Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan kita misalnya air, batu, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dikelompokkan menjadi benda padat, benda cair, dan benda gas. Berdasarkan komponen penyusunnya, materi dipbedakan atas zat tunggal dan campuran.





Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponeen penyusunnya hanya satu atau materi. zat tunggal dapat berupa unsur atau senyawa.
a. Unsur yaitu zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur yaitu unsur logan dan unsur nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. acdapun unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon
b. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula,
Zat Campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat materi. Berdasarkan sifatnya zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.
a. zat campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua atau lebih zat atau materi yang dapat menyatu secara merata. Contohnya sirop ( campuran air, gula, pewarna) larutan oralit (campuran air dan garam), udara (campuran gas-gas)
b. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna contohnya antara air dan kopi tumbuk, air dengan tanah, air dengan minyak (sumber : Buku tema 9 Benda-benda disekitar kita: Kemendikbud, 2017) 
Contoh Campuran

 

No comments:

Post a Comment

see you