Monday, July 22, 2019

Aktivitas yang memanfaatkan organ gerak




3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia (IPA)

Banyak aktivitas kita yang memanfatkan organ gerak. Contoh aktivitas manusia yang memanfaatkan organ gerak adalah bersepeda, berjalan, dan berlari. Melakukan aktivitas fisik/bergerak membuat badan sehat.

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Bersepeda memiliki beberapa manfaat yaitu :
1.      Mengencangkan otot-otot tubuh
2.      Menjaga kesehatan jantung
3.      Menjaga stamina dan daya tahan tubuh
4.      Menurunkan berat badan,
5.      Menurunkan resiko terkenapenyakit diabetes
6.      Mengurangi stres

3.1. Menentukan pokok pikiran dalam teks  lisan dan tulis (BI)

Menentukan ide pokok dapat dilakukan dengan membaca teks bacaan dengan seksama. Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Sebuah ide pokok letaknya pada kalimat utama.

Perhatikan paragraf berikut!
Bersepeda merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak-lemak di dalam tubuh kita yang menyebabkan kegemukan akan terbakar dan lambat laun akan hilang. Berat tubuh kita akan kembali menjadi ideal.
Ide pokok paragraf di atas adalah “Bersepeda merupakan olahraga uang dapat membakar kalori dalam tubuh”.

No comments:

Post a Comment

see you