Wednesday, November 20, 2019

Berlatih Membuat Kalimat Tanya

Tema 5 Subtema 2 Pb 4Tanggal 21 November 2019

Membuat Pertanyaan Teks Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor


Puncak adalah sebuah kawasan wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.



Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.

·         Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat! Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat.
·         Tuliskanlah dengan rapi pertanyaanmu, dan berikan tempat untuk menjawabnya!
·         Tukarkan daftar pertanyaanmu dengan teman lain yang ada di dalam kelas.
·         Jawablah pertanyaan temanmu dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar!
No.
Kata Tanya
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apa
Apa nama perkebunan di kawasan Puncak?
Perkebunan di kawasan puncak bernama PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas.
2.
Di mana
Di mana letak kawasan Puncak?
Kawasan Puncak terletk di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
3.
Berapa
Berapa jarak kawasan Puncak dari Jakarta?
Kawasan Puncak berjarak 70 km sebelah selatan Jakarta.
4.
Kapan
Kapan perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun?
Perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.
5.
Mengapa
Mengapa kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan?
Kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan karena  kawasan ini sejuk bahkan cenderung dingin.
6.
Bagaimana
Bagaimana kunjungan wisatawan di kawasan Puncak?
Kunjungan wisatawan di kawasan Puncak selalu ramai.

2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kamu lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!

Saya pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada petengahan bulan Juli tahun 2018. Di kawasan Candi borobudur tampak  sebuah ketampakan buatan yang sangat megah dan indah. Candi ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi serta sarat akan nilai filosofis. Kamipun mulai berjalan mengitari candi lalu mulai naik menuju tingkat paling atas. Dari puncak Borobudur saya dapat menyaksikan ketampakan alam yang berada di sekeliling candi. Bukit-bukit dan pegunungan berbaris seolah-olah mengelilingi candi tersebut, sungguh indah pemandangan di sekitar Candi Borobudur.



Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.

Kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia tentu tidak tersebar secara merata. Hal ini dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya alam tertentu di suatu wilayah. Persebaran sumber daya alam yang tidak merata akan menimbulkan saling ketergantungan antar wilayah untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Agar tidak terjadi perselisihan dalam pemanfaatan sumber daya alam maka dibutuhkan persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan dan kesatuan sumber daya alam yang ada dapat dimanfaatkan bersama.

b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Jika saja pengelolaan sumber daya alam tidak mengedepankan persatuan dan kesatuan maka akan menimbulkan beberapa masalah, diantaranya adalah terjadi ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan daerah yang memiliki sedikit sumber daya alam

c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.

Misalnya saja antara Provinsi Aceh dengan Provinsi Lampung. Provinsi Aceh memiliki sumber daya alam Minyak bumi dan Gas Alam yang begitu melimpah sementara Lampung memiliki sumber daya alam yang sedikit. Denggan adanya persatuan dan kesatuan ternyata kekayaan alam Aceh yang melimpah juga dapat dinikmati oleh masyarakat Lampung.

2. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian dengan penuh percaya diri.

No comments:

Post a Comment

see you