Wednesday, November 27, 2019

Tema 5 Subtema 3 Pb 2

Tema 5 Subtema 3 Pb 2 Rabu 27 November 2019

IPA
Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan tumbuh subur, tanaman padi pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tanaman padi pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi, misalnya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu hewan pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah adalah mangsa dari hewan yang lain, misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.
Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sebangkumu, buatlah beberapa pertanyaan berdasarkan pokok pikiran yang ada pada setiap paragraf dari bacaan tersebut. Usahakanlah untuk membuat dua atau lebih pertanyaan dari setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya yang berbeda. Catatlah pertanyaanmu di dalam tabel seperti contoh berikut ini. Berikan ruang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tukarkan tabelmu dengan tabel pertanyaan kelompok lain. untuk dijawab. Setelah selesai, kembalikanlah tabel tersebut. Pastikan kamu menuliskan jawaban dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar.
No.
Paragraf
Pertanyaan
Jawaban
1.
1
Kapan tumbuhan tumbuh subur?
Tumbuhan tumbuh subur pada musim hujan
Apa penyebab meningkatnya jumlah hewan atau konsumen
yang memakan padi ?
Penyebab meningkatnya jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi karena jumlah tanaman padi meningkat.


2.
2
Apa syarat rantai makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus ?
Rantai makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan


Bagaimana jika jika tidak ada padi?
Jika jika tidak ada padi tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan.
3.
3
Apa yang mepenyebabkan jaring-jaring makanan terganggu?
Jaring-jaring makanan akan terganggu jika salah satu rantai makanan terganggu
Mengapa perubahan-perubahan yang bersifat alami dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan
yang berarti?
Perubahan-perubahan yang bersifat alami dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti karena perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat



Pernahkah kamu melihat Tari Merak?

Ya, tari ini memang menceritakan tentang gerak-gerik dan perilaku burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina.

Keindahan bulu-bulu dan gerak laku binatang ini menjadi sumber inspirasi dalam Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat. Perhatikan gambar di samping. Keindahan bulu-bulu burung merak menginspirasi pencipta tari ini untuk membuat properti tari yang indah menyerupai keindahan bulu merak.


Properti tari ini merupakan salah satu ciri khas tarian. Pakaian penari memiliki motif seperti bulu merak, kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu merak yang berwarna hijau biru atau hijau hitam. Kain yang dipasang di tangan menggambarkan sepasang sayap merak yang indah. Demikian juga dengan mahkota yang dipakai para penari makin memperindah tarian ini. 


Pengaruh Letak Geografis Indonesia
terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat
 

Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini



Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia, sejak dahulu kala Indonesia tidak pernah sepi, khususnya oleh kapal-kapal yang membawa komoditas perdagangan dari satu negara ke negara lain. Tidak hanya itu, sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial.
Dari bacaan di atas, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu, carilah informasi penting dari paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.
Paragraf
Pikiran Utama
Informasi Penting
1
Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. 
  1. Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia.
  2. Sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial.
  3. Beragam produk unggulan perikanan tersebar di seluruh wilayah Nusantara.
2
Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris
  1. Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. 
  2. Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di luar negeri. 
  3. Potensi maritim dan agraris di Indonesia berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.
3
Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian.
  1. Jaringan komunikasi telah dibangun sehingga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. 
  2. Jaringan komunikasi memudahkan berbagai transaksi ekonomi
  3. Jaringan komunikasi juga membantu terbentuknya kesatuan bangsa
4
Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.
  1. Pemenuhan kebutuhan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi.
  2. Pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik.
  3. Pemerintah juga membangun sistem transportasi darat yang makin baik.

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskanlah kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Kesimpulanku :
Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris. Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian. Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.

Ayo Berkreasi
Bersama dengan kelompokmu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia. Terutama yang merupakan akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris. Informasi dapat kalian peroleh dari internet, koran, atau majalah. Buatlah dalam selembar kertas gambar A4 dan tulislah dengan rapi informasi uyang diperoleh. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas. Upayakan semua kelompok melihat hasil kegiatan dari semua kelompok.
Sektor
Dahulu Kala
Saat Ini
Ekonomi
Jaman dahulu kala bangsa Indonesia berada di bawah penjajahan bangsa lain sehingga ekonomi masyarakat tidak bisa berkembang dengan baik. Bahkan hampir semua sumber daya alam yang ada diekploitir oleh para penjajah.
Saat ini Indonesia penghasil terbesar di dunia untuk produk rumput laut dan tuna. Indonesia juga menjadi penghasil kepiting dan udang terbesar kedua setelah China. 
Sistem Komunikasi
Pada jaman dulu, selain dengan bahasa, komunikasi dapat dilakukan denag tanda-tanda seperti asap, api, bunyi-bunyian dan cahaya. 
Penggunanan handphone telah menyebar sampai ke pelosok desa. Hal ini mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi.
Sistem Transportasi
Sistem transportasi jaman dulu kala masih menggunakan peralatan sederhana yang masih menggunakan angin, tenaga hewan maupun tenaga manusia.
Saat ini dengan dibangunnya terminal-terminal pelabuhan, salah satunya Terminal Teluk Lamong yang merupakan terminal semi otomatis dan ramah lingkungan. Alat-alat, baik di sektor maritim dan agraris, banyak menggunakan listrik dan bersifat otomatis.

Wawasan Nusantara

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

Kesimpulan
Berdasarkan artikel tersebut, simpulkanlah tiga hal penting yang kamu pahami tentang bacaan tersebut. Tukarkan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu. Secara bergantian ceritakan apa yang dimaksud dengan kesimpulanmu tersebut seperti contoh berikut.
  1. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. 
  2. Pemahaman tentang keberadaan Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. 



No comments:

Post a Comment

see you