Monday, September 5, 2022

Tema 2 subtema 1 pb 1

  MATERI AJAR

HARI/TANGGAL    : SENIN, 5 SEPTEMBER 2022

TEMA                        : 2 UDARA BERSIH BAGI KEHIDUPAN 

SUBTEMA                 : 1

PEMBELAJARAN     : 1

MUATAN                     : IPA (3.2) DAN BAHASA INDONESIA (3.2)

Apa kabar anak sholeh dan sholeha ? Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT. Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Anak soleh dan solehah mari kita awali kegiatan belajar kita dengan berdoa. Yuuk angkat tangannya, tundukkan pandangannya..Kita baca doa bersama-sama.

“ROBBI ZIDNII ‘ILMAN WARZUQNII FAHMAA, WAJ’ ALNII MINASS-SHOLIHIIN”

Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah membaca teks siswa dapat membuat pertanyaan menggunakan kata tanya dengan tepat.

2. Setelah membaca teks siswa dapat menganalisis organ pernapasan yang digunakan oleh hewan dengan tepat.

Tema 2 Subtema 1 Pb 1 

Manfaat Udara Bersih Bagi Kesehatan
3.2 Mengklasifikasikan informasi yang di dapat dari teks ke dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
Dayu dan Ikan Hias
Dayu memelihara ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.
Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya apa yang di lakukan ikan-ikan itu?

Menggklasifikasikan Informasi menggunakan beberapa kalimat tanya. Contoh pertanyaan yang dapat dibuat dari teks “Dayu dan Ikan Hias  di atas adalah
Siapa yang memelihara ikan hias?
Dayu
Apa nama jenis ikan yang dipelihara?
Ikan mas koki
Dimana ikan hias itu dipelihara?
Di aquarium
Kapan aquarium dibersihkan?
Seminggu sekali
Kapan ikan hias itu diberi makan?
Setiap hari
Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan hiasnya?
Memperhatikan mulut ikan yang terbuka dan tertutup

Apa/Apakah: digunakan untuk menanyakan benda, keadaaan atau perbuatan.Informasi yang di dapat berupa benda, pengertian, penjelasan, dan penegasan.
Dimana: digunakan untuk menanyakan tempat peristiwa yang akan, sedang, dan telah terjadi.
Kapan: digunakan untuk menanyakan waktu peristiwa yang akan, sedang, atau yang telah terjadi. Informasi yang didapat seperti hari,tanggal atau jam
Mengapa: digunakan untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinyan suatu peristiwa. Informasi yang di dapat berupa keterangan alasan terjadinya sesuatu hal biasanya menggunakan kata karena atau sebab
Bagaimana: digunakan untuk menanyakan keadaan atau proses.

Pertanyaan tersebut disusun menjadi sebuah peta pikiran. Peta pikiran adalah sebuah peta yang menggambarkan rangkaian gagasan.

Cara kerja organ pernapasan pada hewan

3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

 Pernapasan pada hewan.
Hewan
Bernapas menggunakan
Skema Pernapasan
Cacing Tanah
Permukaan kulit
Kulit cacing harus selalu basah dan berlendir. Karena kulit cacing yang basah dapat mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida
Udara masuk  ke kulit – oksigen diikat oleh darah –terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida dan pembuluh darah – oksigen diedarkan ke seluruh tubuh karbondioksida keluar melalui kulit
Serangga
Trakea
Oksigen memasuki trakea melalui spirakel – oksigen diedarkan ke seluruh tubuh melalui trakea – karbondioksida dari sel akan mengalir ke trakeola dan dikeluarkan melalui lubang spirakel.
Reptil
Paru-paru
Udara masuk melalui hidung – lalu ke batang tenggorokan  - ke paru-paru
Burung
Paru-paru dan pundi-pundi udara
Kantong udara burung berfungsi untuk tempat penyimpanan udara, mencegah hilangnya panas tubuh, dan memperkeras suara. Saat tidak terbang burung menghirup udara sebanyak-banyaknya. Udara tersebut kemudian disimpan di kantong udara. Saat terbang burung menggunakan udara yang disimpan di kantong udara.
Udara masuk melalui hidung –masuk ke tenggorokan –sebagian udara masuk ke paru-paru sebagian masuk ke kantong udara – oksigen di paru-paru diikat oleh darah – terjadi pertukaran oksigen dipembuluh darah – oksigen diedarkan keseluruh tubuh- karbondioksida dikeluarkan melalui hidung.

Ikan
Insang
Air masuk melalui mulut – air mengalir ke insang – oksigen dalam air diikat oleh darah – terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam darah – oksigen diedarkan ke seluruh tubuh, karbondioksida dikeluarkan melalui insang
Amphibi
Paru-paru dan kulit
Insang bernapas menggunakan paru-paru
Katak juga dapat bernapas menggunakan kulit
Kulit katak selalu basah untuk memudahkan menyerap oksigen.
Mamalia
Paru-Paru
Mamalia bernapas dengan paru-paru, hidung pada mamalia dilengkapi dengan katup. Katup tersebut menghalangi air , pada saat mamalia menyelam untuk dapat masuk ke dalam organ pernapasannya



Latihan soal 

1. mengapa tubuh cacing selalu basah?
2. Apa alat pernapasan yang digunakan katak pada saat berenang di dalam air?
3. Jelaskan cara pernapasan burung pada saat terbang?
4. mengapa ikan lele mampu bertahan hidup di lingkungan yang berlumpur?

Berikut ini ink untuk penilaian harian muatan PKn dan SBdP ya mohon kiranya setelah mengerjakan bisa di scerenshot hasilnya dan dikirim dengan ibu guru 

1. Muatan PPKN

 

https://forms.gle/aoazSZzHZsG1Znk66


2. Muatan Sbdp

 

https://forms.gle/63BPLwgGvsCieBDz5



selamat mengerjakan dan jangan lupa bahagia 

No comments:

Post a Comment

see you