Tuesday, March 5, 2024

Materi Kelas 4 Kurikulum merdeka

 Hari/Tanggal                     : Selasa, 05 Maret 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS Bab 6                     : Indonesia Kaya Budaya

2. Pend. Pancasila             : Negaraku

3. Matematika       : volume benda

Capaian Pembelajaran IPAS

1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.



                                                
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat mendeskripsikan keragaman budaya dan kearifan lokal di daerahnya masing-masing. menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia, dan Mengenal kosa kata baru dan jelajah kata.

IPAS
Kearifan lokal adalah kumpulan nilai-nilai, norma, pengetahuan, dan tradisi yang terkandung dalam suatu komunitas atau masyarakat tertentu. Kearifan lokal erat kaitannya dengan kebudayaan.

 ciri-ciri kearifan lokal yaitu:
  1. Memiliki kemampuan mengendalikan;
  2. Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
  3. Mengakomodasi budaya luar;
  4. Memberi arah perkembangan budaya;
  5. Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.

Kearifan lokal berkaitan erat dengan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Masyarakat memiliki sudut pandang tersendiri terhadap alam dan lingkungannya dan mengembangkan cara-cara tersendiri untuk memelihara keseimbangan alam serta lingkungan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Fungsi dan manfaat kearifan lokal adalah:
  1. Pengembangan iptek;
  2. Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
  3. Pengembangan sumber daya manusia;
  4. Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
  5. Bermakna sosial
  6. Bermakna etika dan moral;
  7. Sebagai pengetahuan budaya.

Contoh kearifan lokal dalam bidang pemanfaatan sumber daya alam adalah Sasi Laut di Maluku. Sasi merupakan sebuah larangan untuk mengambil hasil alam tertentu. Larangan ini sebagai upaya pelestarian demi menjaga mutu dan populasi sumber daya alam tersebut. Saat ini, Sasi lebih bersifat hukum adat dibandingkan tradisi. Sasi digunakan sebagai cara mengambil kebijakan dalam pengambilan hasil laut dan hasil pertanian. Kebijakannya berupa penentuan masa jeda, yaitu masa dimana warga tidak boleh mengambil sumber daya dari laut dalam waktu tertentu dan di tempat yang telah ditentukan. Dengan adanya Sasi, warga pun lebih bijak dalam mengambil hasil laut, serta ekosistem laut pun tetap terjaga. Inilah salah satu kearifan lokal yang memiliki nilai etika dan moral terhadap alam.

Seiring berjalannya waktu, globalisasi, serta masuknya teknologi, maka kearifan lokal menghadapi tantangan-tantangan yang mengancam keberadaan dan kelestariannya. Berikut adalah cara menjaga kelestarian budaya, yaitu:
  1. Menggunakan bahasa daerah di rumah sesuai dengan asal daerah.
  2. Mempromosikan kekayaan budaya.
  3. Mengikuti kegiatan kebudayaan di lingkungan sekitar.
  4. Menggunakan produk lokal yang bermanfaat bagi masyarakat

Mari Mencari Tahu
Sebelum kalian mengenal warisan kebiasaan budaya di Indonesia, sebaiknya kita mengenal dahulu kebiasaan masyarakat di lingkungan terdekat kalian. Coba tanya kepada teman dan guru kalian kebiasaan yang dilakukan di keluarganya secara turun temurun. Lihatlah contoh pada tabel berikut lalu salin di buku kalian!
NamaPeranKebiasaan Lingkungan Keluarga yang Dilakukan Secara Turun-menurunManfaatParaf
RaniGuruMinum jamu kunyit asam setiap pagiAgar badan tetap sehat
AdiTemanBerbicara bahasa Jawa di rumahAgar bahasa daerah lestari
AgusTemanMemasak makanan khas di hari rayaAgar makanan tradisional tetap lestari
LaniTemanBersilaturahmi saat hari rayaAgar persaudaraan tetap terjaga
UdinTemanTradisi mitoniAgar janin dan ibunya memperoleh keselamatan
WawanTemanUpacara perkawinanAgar upacara tradisional tidak hilang



Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !

1. Bhineka Tunggal Ika mempunyai makna …

     A. 

2.   Aceh, Gayo, Alas, Batak, Nias, Melayu, Minangkabau adalah suku bangsa yang berada di pulau …

     A.  B.  D. 
Suku bangsa yang berasal dari Sulawesi di antaranya adalah suku ….
 
 
 
 
 Honai adalah rumah adat yang berasal dari daerah …
 
 
 
 

5.  Berikut adalah tari-tarian yang berasal dari Indonesia, kecuali …

 
 
 
Berikut suku bangsa yang bukan berasal dari pulau Jawa adalah …
 
 
 
 
Lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah di antaranya adalah ….
 
 
 
 
8. Melestarikan kesenian daerah dapat diusahakan dengan cara ….
 
 
 
 
9. Keanekaragaman budaya bangsa merupakan ….
 
 
 
 


10. Sebutkan lima (5) makanan tradisional Indonesia beserta daerah asalnya!



PENDIDIKAN PANCASILA


Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya serta agama. Beberapa perilaku harus ditampilkan sebagai bukti bangga sebagai anak Indonesia adalah :
  •  Belajar dengan rajin
  • Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
  • Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
  • Mengikuti upacara bendera
  • Mencintai buatan Indonesia
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
  • Menyukai lagu-lagu Indonesia,
  • Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.

KERJAKAN DI BUKU LATIHANMU! 

1.     Wilayah Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu ....

a.   Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik

b.   Samudra Hindia dan Samudra Pasifik

c.   Samudra Hindia dan Samudra Atlantik

d.   Samudra Atlantik dan Samudra Indonesia

2.     Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat diraih berkat adanya ...

a.     pemberian negara Jepang                           

b     senjata tradisional yang ampuh 

c.     persatuan dan kesatuan bangsa                   

d.    balas dendam terhadap penjajah

3.     Berikut yang bukan faktor pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ...

a. persamaan nasib

b. keinginan bersama untuk melepaskan diri dari penjajah

c. cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan

d.  wilayah Indonesia merupakan pemberian penjajah

4.     Rela menyerahkan sebagian tanah untuk kepentingan umum merupakan tindakan yang mencerminkan sikap ....

a.  rela berkorban          

b. toleransi                    

c. cinta tanah air            

d. sombong

5.     Sikap yang harus dihindari demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....

a.     rela berkorban

b.     cinta tanah air

c.     mempererat rasa persatuan dan kesatuan   

d.     bangga terhadap kebudayaan secara berlebihan

6.     Kekayaan alam yang ada di Indonesia harus dimanfaatkan untuk ....

a.     kebutuhan ekspor

b.     kesejahteraan para pejabat

c.     kesejahteraan para guru

d.     kesejahteraan masyarakat Indonesia

7.     Setiap warga memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk membela bangsa dan negara. Pernyataan tersebut merupakan makan kesatuan wilayah Indonesia dalam bidang....

a. politik                                                         

b. pertahanan keamanan          

c. ekonomi                                                      

d. sosial budaya

8.     Upacara adat memberikan sesaji di Gunung Bromo disebut ...

a. Kasada              

b. Sekaten                    

c. Ngaben                     

d. Subak

9.     Lagu daerah yang berasal dari Yogyakarta adalah ....

a. Bubuy Bulan           

b. Injit-injit Semut           

c. Suwe Ora Jamu         

d. Kicir-kicir

10.  Bangsa Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur. Kekayaan alam Indonesia yang terdapat di daratan dan lautan mengandung sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, contohnya ....

a. emas                      

b. tembaga                    

c. perunggu                   

d. pohon karet

11.  Kekayaan alam Indonesia menjadi modal dan milik seluruh bangsa.pernyataan tersebut merupakan makna kesatuan wilayah Indonesia dalam bidang ...

a. politik                     

b. agama                      

c. sosial budaya            

d. ekonomi

12.  Ancaman terhadap satu pulau milik bangsa Indonesia merupakan ....

a.     ancaman bersama bangsa Indonesia

b.     ancaman kepada penduduk pulau itu sendiri

c.     tantangan bagi TNI /POLRI

d.     tantangan bagi pemerintah untuk berdiplomasi

13.  Salah satu contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI adalah ....

a.     membolos sekolah                                     

b.     melanggar aturan sekolah   

c.     membedakan teman dalam pergaulan

d. memelihara kerukunan dengan sesama warga                     

14.  Berikut bukan termasuk tujuan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....

a.     memajukan kesejahteraan umum

b.     mencerdaskan kehidupan bangsa

c.     menciptakan persaingan dunia

d.   melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia 

15.  Perhatikan gambar berikut!

Kegiatan pada gambar diatas menunjukkan upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di lingkungan .....

a. keluarga                 

b. sekolah                     

c. masyarakat               

d. negara 



TTS  


Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

MATEMATIKA

Volume Kubus dan Balok
Kubus merupakan salah satu macam dari bangun ruang. 
volume kubus = r x r x r 
Contoh soal Tentukan volume kubus berikut!
Pembahasan
V = r x r x r
V = 23 cm x 23 cm x 23 cm
V = 12167 cm³

Volume Balok

Keterangan:

V = volume  balok.

p = panjang  balok.

l = lebar  balok.

t = tinggi  balok.




contoh soal 



Sebuah kolam berbentuk balok berukuran panjang 5 m, lebar 3 m, dan dalam 2 m. Tentukan banyak air maksimal yang dapat ditampung kolam tersebut.

Pembahasan:
Panjang kolam (p) = 5 m
Lebar kolam (l) = 3 m
Tinggi kolam (t) = 2 m
Volume kolam (V) = p x l x t
                               = 5 x 3 x 2
                               = 30
Jadi, banyak air maksimal yang dapat ditampung kolam tersebut adalah 30m³ atau 30.000 liter.
Hitunglah volume berikut!
1. 
a
b.


2.

3. 
4. 
5. 

No comments:

Post a Comment

see you