TEMA 6: Panas dan Perpindahannya
SUB 1 :
Suhu dan Kalor
Pembelajaran 3
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Meringkas teks
penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 Meringkas teks
penjelasan secara benar.
|
4.3 Menyajikan
ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan
visual.
|
4.3.1 menyajikan
ringkasan teks penjelasan secara benar.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.2 Menghargai
kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
2.2 Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.2 Memahami hak,
kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 Memahami makna
hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
|
4.2 Menjelaskan
hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.2.1 menjelaskan makna
hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
|
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Menganalisis
bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
3.2.1 mengidentifikasi
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
|
4.2 Menyajikan
hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
4.2.1 membuat laporan
hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan
lingkungan secara tepat dan jelas.
|
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah
bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk
memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu
memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?Apakah energi panas
diperuntukkan bagi semua orang?Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya?
Ayo Membaca
Untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya.
Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu
dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan
manusia berjalan sebagaimana mestinya.Lingkungan manusia terdiri atas
lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat.Lingkungan masyarakat tempat
kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Bagaimana
manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua
makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup
maupun dengan lingkungannya.Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk
hidup.Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena
alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Dst..
Bacalah
kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut
ini!
1. Apa
judul bacaan di atas?
Manusia
dengan Lingkungan Alam
2.
Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
•
Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
•
Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
•
Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
•
Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
•
Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi
3.
Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari
setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk
menjawabnya!
Mengapa
makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4.
Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
5. Apa
yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas
kepada teman sebangkumu.
Kesimpulan:
Makhluk
hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk
hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan
ilmu pengetahuan dan teknologi
Ayo Mencoba
Perhatikanlah
lingkungan sekitar tempat tinggalmu.Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas
tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan
terhadap lingkungan di sekitarmu.Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai
panduanmu.
1.
Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah
termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
2. Apa
pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal
|
Pekerjaan Utama Penduduk
|
Pegunungan
|
Petani
|
Dataran Tinggi
|
Petani
|
Dataran Rendah
|
Petani
|
Pantai
|
Nelayan
|
3. Apa
saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya?
Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat
dengan Alam
|
Hasil Interaksi dengan
Lingkungan Alam
|
Bercocok tanam
|
Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan
|
Menjadi nelayan
|
Mendapatkan berbagai jenis ikan
|
Memelihara hewan ternak sapi
|
Mudah mendapatkan susu dan daging
|
Melakukan penghijauan
|
Tersedianya sumber air bersih
|
4. Apa
kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah
yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus
mampu menyesuaikan diri..
Ayo Mencoba
Konvensi Hak-Hak Anak
Anak-anak
merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa.Oleh karenanya,
kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan.
Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan
harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan
berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik.Banyak anak
berasal dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan
pendidikan dan kesehatan.
Apa
saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak
dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak
Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul
kedua orang tuamu?Apakah kamu tahu asal usul keluargamu?Setiap anak berhak tahu
keluarganya dan identitas dirinya.
2. Hak
Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk
melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu.
Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan
secara baik tanpa kekerasan.
3. Hak
Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang
layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu
memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan
minuman yang layak.Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup,
karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang
anak.
4. Hak
Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi
anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan
usiamu.Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan
kehidupanmu sebagai seorang anak.
Berdasarkan
bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1.
Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna kata
tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
No.
|
Kata Sulit
|
Makna
|
1.
|
Konvensi
|
Permufakatan atau kesepakatan
|
2.
|
Ratifikasi
|
Pengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang,
perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional;
|
3.
|
Identitas
|
Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri:
|
4.
|
Diskriminasi
|
Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara
|
5
|
Eksploitasi
|
Pemanfaatan untuk keuntungan sendiri;
|
2.
Buatlah daftar hak anak yang kamu dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah
hak-hak tersebut di bawah ini!
• Hak
Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
• Hak
Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran.
• Hak
Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang
layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
• Hak
Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi
anak.
3.
Dari daftar yang kamu buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu
dapatkan dengan membuat tanda centang (√).
No.
|
Hak Anak
|
Ket.
|
1.
|
Hak Kelangsungan Hidup
|
√
|
2.
|
Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi,
eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
|
√
|
3.
|
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak
mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual,
moral, dan sosial.
|
√
|
4.
|
Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam
segala hal yang memengaruhi anak.
|
√
|
4.
Bagaimana kamu mendapatkan hak-hak tersebut?
No.
|
Hak Anak
|
Cara Mendapatkan
|
1.
|
Hak Kelangsungan Hidup
|
Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan
bergizi. Selalu memeriksakan kesehatan tubuh.
|
2.
|
Hak Perlindungan
|
Mematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan
patuh terhadap perintah orang tua.
|
3.
|
Hak Tumbuh Kembang
|
Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan
waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar.
|
4.
|
Hak Berpartisipasi
|
Mendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua.
menyampaikan pendapat dengan sopan,
|
Tahukah
kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap
warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak
yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan.Hal
ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia.
Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan
dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di
kemudian hari.
Setiap
anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak
formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah
mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut
Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa
adalah hak untuk:
- mendapat
perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh
pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti
program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan,
baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan
tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat
bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan
persyaratan yang berlaku;
- pindah
ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan
persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh
penilaian hasil belajarnya;
- menyelesaikan
program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat
pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
No comments:
Post a Comment
see you