TEMA 6: Panas dan Perpindahannya
SUB 1 :
Suhu dan Kalor
Pembelajaran 4
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Meringkas teks
penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 menguraikan
konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan
jelas.
|
4.3 Menyajikan
ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan
visual.
|
4.3.1 Menyajikan
konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan
jelas.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.2 Menghargai
kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
2.2 Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.2 Memahami hak,
kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 Memahami makna
kewajiban secara percaya diri.
|
4.2 Menjelaskan
hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.2.1 menjelaskan makna
kewajiban secara percaya diri.
|
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Menganalisis
bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
3.2.1 menganalisis
bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan secara tepat.
|
4.2 Menyajikan
hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
4.2.1 Menyajikan
hasil analisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan secara tepat.
|
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang
gambar-gambar di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat
tinggalmu?Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa
sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi
manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi
Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan
lingkungan alamnya.Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi
kebutuhannya.Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya.Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan
dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya. Dst..
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa
pertanyaan berikut!
1. Dapatkah
manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Manusia tidak
dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya
dari alam.
2. Jelaskanlah
dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi
di sekitarmu! Jawaban bisa bervariasi.
3. Sebutkan
dan jelaskanlah contoh banjir.
4. Apa
saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!
Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang
terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran
hutan karena kecerobohan manusia. interaksi manusia dengan lingkungan alamnya
yang merugikan manusia dan lingkungannya! Membuang sampah sembarangan menyebabkan
banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
5. Apa
saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!
Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang
terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran
hutan karena kecerobohan manusia.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram
berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah
pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut.Lalu tuliskanlah kata-kata
kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat
tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di
sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel
berikut untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan
Interaksi
|
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
|
Usaha untuk
Memperbaiki
|
Pertanian
|
Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah
|
Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
|
Perkebunan
|
Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan
|
Penggunaan musuh alami hama tanaman
|
Peternakan
|
Pembuangan limbah peternakan ke sungai
menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.
|
Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak,
pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan
|
Perikanan
|
Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran
lingkungan
|
Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang,
insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan.
|
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada
teman dalam kelompokmu.Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam
kelompok.Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil
presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari
kegiatan ini!
Kesimpulan ku:
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam
merupakan hak kita.Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu
memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan
Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu
dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak?Demikian
juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek,
kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan
tulisan-tulisan.Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu
tidak dapat belajar dengan baik. Dst..
Ayo Berdiskusi
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita
perlu mengetahui hak dan kewajiban kita.Sebelumnya kamu telah mengetahui
hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak.Bersama dengan teman
sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai
siswa.Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan
hak-hakmu.
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah
|
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah
|
Mendapatkan pendidikan dan pengajaran.
|
Mengikuti seluruh kegiatan sekolah
|
Menggunakan fasilitas pembelajaran
|
Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah.
|
Memperoleh bimbingan dan konsultasi
|
Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan
sekolah.
|
Hakmu sebagai Anak di Rumah
|
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah
|
Hak Mendapatkan Kasih Sayang
|
Membantu Orang Tua
|
Hak Mendapatkan Perlindungan
|
Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
|
Hak Mendapatkan Kesehatan
|
Membereskan Kamarnya
|
Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam
kelompok kecil yang terdiri atas empat orang.Buatlah beberapa pertanyaan
tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu.Catatlah
beberapa hal yang kamu anggap penting.Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna
kewajiban dari hasil diskusimu.
Kesimpulanku:
Kewajiban merupakan sesuatu yang harus
dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi. Kewjiban dan hak harus dilaksanakan
secara seimbang sehingga keharmonisan hidup akan terjaga.
No comments:
Post a Comment
see you