Wednesday, January 8, 2020

Panas dan perpindahannya Pb 4


TEMA 6: Panas dan Perpindahannya
 Tanggal 9 Januari 2020
SUB 1 : Suhu dan Kalor

Pembelajaran 4
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3    Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
3.3.1      menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.
4.3    Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
4.3.1      Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2    Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2    Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1      Memahami makna kewajiban secara percaya diri.
4.2    Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1      menjelaskan makna kewajiban secara percaya diri.

IPS
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2    Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
3.2.1      menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan secara tepat.
4.2    Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2.1      Menyajikan hasil analisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan secara tepat.

Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!

Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu?Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?

Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya.Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya. Dst..

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1.       Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
2.       Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu! Jawaban bisa bervariasi.
3.       Sebutkan dan jelaskanlah contoh  banjir.
4.       Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia. interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya! Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
5.       Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut.Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.


Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan
Interaksi
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
Usaha untuk
Memperbaiki
Pertanian
Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah
Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
Perkebunan
Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan
Penggunaan musuh alami hama tanaman
Peternakan
Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.
Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan
Perikanan
Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan
Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. 

Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu.Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok.Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.

Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Kesimpulan ku:
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita.Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.

Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.

Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak?Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan.Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik. Dst..

Ayo Berdiskusi
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita.Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak.Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa.Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.

Hakmu sebagai Siswa di Sekolah
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah
Mendapatkan pendidikan dan pengajaran.
Mengikuti seluruh kegiatan sekolah
Menggunakan fasilitas pembelajaran
Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah.
Memperoleh bimbingan dan konsultasi
Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.
Hakmu sebagai Anak di Rumah
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah
Hak Mendapatkan Kasih Sayang
Membantu Orang Tua
Hak Mendapatkan Perlindungan
Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
Hak Mendapatkan Kesehatan
Membereskan Kamarnya

Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang.Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu.Catatlah beberapa hal yang kamu anggap penting.Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari hasil diskusimu.

Kesimpulanku:
Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi. Kewjiban dan hak harus dilaksanakan secara seimbang sehingga keharmonisan hidup akan terjaga.

No comments:

Post a Comment

see you