ari/Tanggal : Kamis, 27 Juli 2023
Kelas : IV (Empat) A
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. IKM P5 menjadi istimewa karena penerapannya tidak terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran melainkan mempunyai porsi khusus dalam setiap alokasi jam mata pelajaran yang membuat peserta didik memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka dengan belajar dari teman mereka, guru, bahkan sampai pada tokoh masyarakat sekitar dalam menganalisis isu-isu hangat yang terjadi di lingkungan sekitar.
P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.
Itulah sekilas tentang projek penguuatan profil pelajar Pancasila.
Berikut kita simak lebih lanju lewat video ini:
https://www.youtube.com/watch?v=aibQlimb-VQ
LKPD KEGIATAN AWAL P5
PENGENALAN
AKTIVITAS 1
TANAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
Jenis kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri Waktu : 3 JP
Bahan : Tabel data tanaman di lingkungan sekitar
Peran guru : Fasilitator
Persiapan
1. Guru menyiapkan lembar kerja peserta didik berupa tabel tanaman
Pelaksanaan
1. Guru memulai projek dengan menanyakan tanaman apa yang mereka ketahui
2. Guru mengajak peserta didik untuk berkeliling, melihat tanaman apa saja yang ada di lingkungan sekolah
3. Setelah berkeliling, peserta didik kembali ke dalam kelas untuk berdiskusi tanaman apa saja yang ada di sekolah.
4. Peserta didik membuat daftar nama-nama tumbuhan.
5. Kemudian peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan.
6. Kemudian mereka tuliskan pada lembar kerja.
7. Kegiatan ini juga dapat dilakukan peserta didik di rumah dengan bantuan orang tua.
Jenis Tanaman | Bagian yang dapat dimanfaatkan | |
Kesimpulan: kegiatan pembelajaran P5 dapat berjalan dengan baik dengan persiapan yang matang dan terorganisir. kerjasama antara guru dan murid
No comments:
Post a Comment
see you