Hari/Tanggal : Selasa, 5 Februari 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS Bab 5 : Cerita Tentang Daerahku
2. Pend. Pancasila : Negaraku
4. Matematika : volume
Capaian Pembelajaran IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
Matematika
Mengukur volume dengan satuan tidak baku
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku
Ayo Mencoba
Buatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
- Kumpulkan botol minum dari setiap anggota kelompok.
- Siapkan alat ukur berupa gelas plastik berukuran sama.
- Ukur volume dari air minum di setiap botol minum.
- Tunjukkan volume air dari setiap botol dengan mewarnai batas air seperti pada gambar di bawah ini. contoh :
- Botol minum milik Dayu memiliki volume paling banyak.
- Botol minum milik Edo memiliki volume paling sedikit.
Membandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang memiliki volume lebih banyak!
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak!
Urutan volume : 3, 2 , dan 1
Urutkan mulai dari gelas yang memiliki volume paling banyak hingga volume yang paling sedikit!
Urutan gelas dari volume paling banyak hingga paling sedikit adalah : 3, 5, 2, 4, dan 1
Satu panci terisi penuh air setelah dituang 9 gelas satuan. Artinya, volume 1 buah panci setara dengan 9 gelas satuan.
Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, lingkari volume air yang lebih banyak!
No comments:
Post a Comment
see you