Kisi-kisi Agama Islam dan IPAS kelas 4 SD
1.Dalam surat At-Tiin Allah SWT, bersumpah demi ....
a. waktu, buah Zaitun, dan kota Madinah
b. buah Tiin, bukit Sinai, dan kota Makkah
c. buah Tiin, masa, dan waktu fajar
d. bukit Sinai, al-Qur'an, dan kota Makkah
Jawaban : B
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Segala perbuatan akan diadili oleh Allah SWT. dengan seadil-adilnya.
2) Umat muslim tidak pantas mendustakan hari akhir
3) Manusia sebaik-baik makhluk yang diciptakan Allah SWT.
4) Allah akan memasukkan manusia yang melanggar aturannya ke neraka.
Dari pernyataan tersebut yang merupakan isi kandungan surah At-Tiin ayat 4 adalah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban : C
3. Islam memerintahkan umatnya untuk memperbanyak silaturahmi dengan siapapun dan kapanpun, silaturahmi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dibawah ini, kecuali ....
a. saling berkomunikasi dengan baik
c. bertamu ke rumah teman
b. melaksanakan shalat di rumah
d. kerja kelompok membuat prakarya
Jawaban : B
4. Silaturhami termasuk akhlak mulia dan membawa berkah, berikut adalah keutamaan ketika menyambung tali silaturahmi, kecuali ....
a. menjadi kaya raya
c. memperpanjang umur
b. melapangkan rezeki
d. menjaga kerukunan dan persaudaraan
Jawaban : A
5. Iman kepada para rasul merupakan rukun iman yang ke ....
a. tiga
b. empat
c. lima
d. enam
Jawaban : B
6. Perhatikan teks bacaan dibawah ini !
Fatih sebagai ketua kelas diberi tugas oleh guru untuk mengumpulkan pekerjaan teman-temannya satu kelas. Fatih melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan tepat waktu. Dari bacaan tersebut diketahui perbuatan Fatih merupakan keteladanan dari sifat rasul yaitu ....
a. Shidiq
b. Amanah
c. Tabligh
d. Fathanah
7. Para rasul Allah SWT. adalah manusia-manusia pilihan yang memiliki kecerdasan diatas manusia normal, dan mustahil bagi seorang rasul itu bersifat ....
a. Kidzib
b. Khianat
c. Kitman
d. Baladah
Jawaban : D
8. Hukum menjawab salam bagi seorang muslim adalah ....
a. wajib
b. sunnah
c. makruh
d. haram
Jawaban : A
9. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Memperoleh pahala karena mendo'akan sesama
2) Merupakan sapaan ketika ada acara resmi
3) Sebagai ungkapan kasih sayang dan perhatian kepada sesama
4) Menjadi sarana pembeda antara muslim dan non muslim
Dari pernyataan diatas yang merupakan keutamaan dari mengucapkan salam adalah ....
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
Jawaban : B
10. Saat berjanji kamu harus membiasakan diri untuk mengucapkan ....
a. subhanallah
b. astaghfirullah
c. masya Allah
d. insya Allah
Jawaban : D
11. Perhatikan teks cerita berikut!
Pada hari minggu Lukman berjanji kepada Hakim untuk mengerjakan tugas kelompok bersama, setelah ditunggu berjam-jam Lukman tidak kunjung datang. Setelah Hakim menghampiri ke rumahnya, ibunya mengatakan bahwa Lukman sedang bermain futsal.
Dari cerita diatas Lukman adalah seorang munafiq karena dia berperilaku ....
a. benar
b. santun
c. ingkar
d. sombong
Jawaban : C
12. Shalat jum'at wajib bagi laki-laki dewasa, dilaksanakan secara berjamaah, tidak sah shalat jum'at yang dilaksanakan secara munfarid. Jumlah minimal jamaah dalam shalat jum'at adalah ....
a. 20 orang
b. 30 orang
c. 40 orang
d. 50 orang
Jawaban : C
13. Sebelum dilaksanakan shalat jum'at terlebih dahulu seorang khatib menyampaikan ....
a. adzan
b. iqamah
c. dzikir
d. khutbah
Jawaban : D
14. Shalat sunnah dhuha adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan karena keutamaannya, adapun waktu melaksanakan shalat dhuha adalah ....
a. setelah shalat subuh
b. sebelum shalat dhuhur
b. pada tangah malam sampai sebelum shalat subuh
d. pada pagi hari saat matahari setinggi tombak sampai menjelang shalat dhuhur
Jawaban : D
15. Dibawah ini adalah keutamaan menunaikan shalat tahajjud, kecuali ....
a. akan dipelihara dari segala macam mara bahaya
b. wajahnya berseri-seri ketika bangkit dari alam kubur nanti
c. akan dicintai oleh hamba Allah yang shaleh.
d. akan mendapat harta yang berlimpah.
Jawaban : D
Hukum mengerjakan shalat Jumat adalah ....
a. fardu 'ain
c. sunah
b. fardu kifayah
d. mubah
5. Berikut ini yang bukan merupakan syara wajib shalat Jumat adalah ….
a. Islam
b. balig
c. berakal
d. musafir
6. Orang yang mendapat keringanan untuk tidak melakukan shalat Jumat adalah ....
a. musafir
b. orang yang sedang sibuk bekerja
c. orang yang tidur
d. orang yang baru masuk Islam
7. Shalat Jumat sah apabila dilakukan ....
a. sebelum salat Zuhur
b. secara berjamaah
c. secara sendiri-sendiri
d. di rumah
8. Bermukim di daerah tempat tinggal salah satu dari ....
a. syarat wajib shalat Jumat
b. syarat sah shalat Jumat
c. rukun shalat Jumat
d. sunah shalat Jumat
9. Perhatikan syarat-syarat berikut!
(1) Beragama Islam.
(2) Laki-laki.
(3) Berakal sehat.
(4) Mandi.
Syarat wajib shalat Jumat ditunjukkan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (4)
b. (1), (3), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (1), (2), dan (3)
10. Perintah melaksanakan shalat Jumat terdapat dalam Al-Qur'an Surah ....
a. Al-Baqarah ayat 17
b. Al-Baqarah ayat 183
c. Al-Jumu'ah ayat 9
d. Ali 'Imran ayat 15
11. Shalat sunah yang tidak dikerjakan pada malam hari adalah shalat ....
a. Tahajud
b. Witir
c. Lail
d. Duha
12. Menurut Rasulullah saw. shalat sunah lebih utama dilakukan di ....
a. masjid, meski sendirian
b. masjid dengan berjamaah
c. mushala
d. rumah
13. Sebagian ibadah shalat sunah dianjurkanuntuk dikerjakan di rumah dengan maksud agar ....
a. rumahnya tidak sepi
b. suasana rumah tangga tenang dan damai
c. rumahnya sering didatangi orang
d. rumahnya tampak indah
14. Shalat sunah yang dikerjakan ketika matahari setinggi tombak hingga menjelang waktu shalat Zuhur disebut shalat ....
a. qabla Zuhur
b. pagi hari
c. Fajar
d. Duha
15. Perintah untuk mengerjakan shalat Tahajud dijelaskan dalam Surah ....
a. Al-Isra' ayat 79
b. Al-Baqarah ayat 79
c. Al-Ma'idah ayat 66
d. Al-Baqarah ayat 183
16. Di bawah ini bukan suku yang tinggal di Madinah adalah ....
a. suku Aus
b. suku Khazraj
c. bani Nadir
d. bani Tsaqif
17. Masjid Nabawi dibangun di atas tanah milik dua orang anak yatim yang bernama ....
a. Umar dan Amar
b. Kadir dan Dakir
c. Husain dan Hasan
d. Sahl dan Suhail
18. Berikut ini bukan usaha-usaha Nabi Muhammad saw, setelah berada di Madinah adalah ....
a. membangun masjid
b. membentuk pasukan
c. menyusun undang-undang
d. menerapkan perbudakan
19. Pernyataan berikut ini yang menjelaskan tentang kaum Muhajirin adalah ….
a. Kaum muslimin yang melakukan perdagangan ke tempat lain.
b. Kaum muslimin yang hidupnya suka berpindah-pindah.
c. Kaum muslimin yang tinggal menetap di Madinah.
d. Kaum muslimin Mekah yang hijrah ke Madinah.
20. Perang Bu'ats adalah perang antara suku Aus dan Khazraj, terjadi pada tahun ....
a. 620 M
b. 619 M
c. 618 M
d. 617 M
21. Berikut ini suku yang mendiami Madinah adalah suku ….
a. Qasi dan Mudar
b. Gassan dan Himyar
c. Qabus dan Hamdan
d. Aus dan Khazraj
22. Salah satu fungsi masjid pada masa dakwah Nabi Muhammad saw. Adalah sebagai ....
a. pusat peribadatan
b. pusat kegiatan ekonomi
c. pusat jual beli
d. tempat mengasuh anak
23. Setelah kaum Muhajirin tiba di Madinah, Abdurrahman bin Auf dipersaudarakan oleh Nabi Muhammad saw. dengan ....
a. Sa'ad bin Rabi
b. Mu'ad bin Jabal
c. Sa'ad bin Mu'az
d. Sa'ad bin Abi Waqqas
24. Pada tahun 622 Masehi terjadi peristiwa ....
a. Baiat Aqabah I
b. hijrah ke Habasyah
c. mendirikan Masjid Nabawi
d. Perang Bu'as
25. Sebelum datangnya Islam, perekonomian Madinah dikuasai oleh ....
a. kaum Yahudi
b. bani Salim
c. bangsa Mesir
d. bangsa Tartar
26. Penduduk Madinah yang kemudian menjadi kaum Ansar adalah ....
a. bani Nadir
b. bani Qainuqa
c. bani Quraizah
d. suku Aus dan Khazraj
27. Wilayah di padang pasir yang memiliki sumber air dan dapat dipergunakan sebagai lahan pertanian disebut ....
a. sahara
b. oase
c. gurun
d. jabal
28. Masjid Nabawi dibangun pada bulan ....
a. Rabilulawal tahun 2 Hijriah
b. Rabilulawal tahun 1 Hijriah
c. Muharram tahun 2 Hijriah
d. Muharram tahun 1 Hijriah
29. Perhatikan pemyataan-pemyataan berikut!
(1) Kaum Muhajirin dan Ansar dipersaudarakan oleh Nabi Muhammad.
(2) Kaum Muhajirin dan Ansar bersama-sama membangun Madinah dan mengembangkan agama Islam.
(3) Kepindahan kaum Muhajirin terjadi karena mendapat tekanan dan siksaan kaum kafir Quraisy.
(4) Antara Kaum Muhajirin dan Ansar terjadi persaingan dan selalu bermusuhan.
Pernyataan-pernyataan di atas yang benar adalah nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (4)
c. (1), (2), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
30.Kaum muslimin Mekah hijrah ke Madinah karena sikap kaum kafir Quraisy selalu ….
a. melindungi
b. menentang
c. membantu
d. menyayangi
31. Kedua anak yatim yang tanahnya didirikan Masjid Nabawi, yaitu Sahl dan Suhail diasuh oleh ....
a. As'ad bin Malik
b. Iyad bin Ganam
c. Asad bin Zarrah
d. Sa'ad bin Mu'az
32. Peperangan yang terjadi antara suku Aus dan Khazraj adalah Perang ….
a. Badar
b. Jamal
c. Bu'ats
d. Fijar
33. Sahabat yang pertama kali berangkat hijrah ke Madinah adalah ....
a. Ali bin Abi Thalib
b. Abdurahman bin Auf
c. Abu Salamah
d. Abu Bakar as-Siddiq
34. Kaum Muslimin Madinah yang menolong kaum Muslimin yang berangkat hijrah dari Mekah disebut kaum ....
a. Albab
b. Absar
c. Ahsan
d. Ansar
35. Suku Arab di Madinah sebelum Islam datang dan sekarang telah punah adalah suku ....
a. Ba’idah
b. Nadir
c. Saqif
d. Barbar
36. Piagam Madinah memuat ketetapan bagi ....
a. semua penduduk Madinah
b. kaum muslim di Madinah
c. kaum Muhajirin dan Ansar
d. suku Aus dan Khazraj
37. Berikut bukan suku bangsa Yahudi di Madinah adalah bani ....
a. Quraizah
b. Nadir
c. Quraisy
d. Qainuqa
38. Dalam Piagam Madinah, Nabi Muhammad saw. diakui sebagai ....
a. nabi Allah
b. rasul Allah
c. utusan raja
d. kepala negara
39. Bangsa Yahudi di Madinah menguasai kehidupan dalam bidang ....
a. politik
b. ekonomi
c. militer
d. kebudayaan
40. Dibuatnya Piagam Madinah adalah salah satu bukti bahwa Nabi juga memerhatikan orang-orang ….
a. kaya
b. nonlslam
c. pandai
d. bersalah
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Hukum mengerjakan shalat Jumat bagi laki-laki muslim dewasa yang tidak ada uzur adalah ………
2. Khotbah shalat Jumat dilaksanakan sebelum mengerjakan ................................................................
3. Salah satu amalan sunah ketika hendak mengikuti shalat Jumat adalah memakai ……………………
4. Shalat Jumat dilaksanakan secara …………………………………………………………………………
5. Jumlah rakaat shalat Duha dikerjakan paling sedikit adalah ……………………………………………
6. Masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw, di Madinah bernama …………………….
7. Perjanjian yang dibuat antara Nabi Muhammad saw, dan kaum Yahudi untuk menciptakan ketertiban dan keamanan dalam kehidupan masyarakat Madinah disebut ……………………….............
8. Sebelum datangnya Islam, kehidupan ekonomi di Madinah dikuasai oleh bangsa ………………........
9. Kaum muslim yang ikut hijrah ke Madinah disebut …………………………………………………...……
10. Kaum muslim asli Madinah yang menolong kaum Muhajirin ketika hijrah disebut kaum …………….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Sebutkan ketentuan seorang khatib!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
2. Apa yang dilakukan jamaah ketika khatib sedang berkhotbah?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
3. Sebutkan amalan-amalan sunah sebelum melaksanakan shalat Jumat!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
4. Jelaskan tata cara shalat duha!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
5. Jelaskan waktu mengerjakan shalat tahajud!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
6. Apa tujuan dibentuknya pasukan kaum muslimin?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
7. Bagaimana keadaan Kota Madinah sebelum Islam datang?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
8. Terdiri atas suku apa saja kaum Yahudi di Madinah?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
9. Apa tujuan Nabi Muhammad saw. membangun pasar kaum muslimin?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
10. Sebutkan isi Piagam Madinah!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………
Latihan soal Sumatif akhir Semester IPAS
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Untuk dapat menghargai peninggalan sejarah, kita terlebih dahulu kita wajib memahami ....
a. pelajaran sejarah
b. guru sejarah
c. peristiwa sejarah
d. jenis peninggalan sejarah
2. Ketika diangkat menjadi mahapatih, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang berisi ....
a. Gajah Mada akan menyatukan wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit
b. Gajah Mada akan setia kepada Raja Hayam Wuruk
c. Gajah Mada akan memeluk agama Hindu
d. Gajah Mada tidak akan melakukan pemberontakan
3. Kerajaan Sriwijaya mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan ....
a. Samaratungga
b. Balaputradewa
c. Sanggrama Wijaya
d. Dharmapala
4. Perhatikan gambar berikut ini !
Candi suci bercorak Buddha ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
5. Kerajaan Islam pertama di wilayah Indonesia adalah ....
a. Tarumanegara
b. Sriwijaya
c. Samudera Pasai
d. Kutai
6. Menjaga kebersihan dan keutuhan benda bersejarah ketika mengunjunginya termasuk perbuatan ….
a. menghargai peninggalan sejarah
b. menaati tata tertib
c. melestarikan benda bersejarah
d. mempelajari sejarah
7. Masjid Sunan Ampel merupakan salah satu bentuk peninggalan masa Islam. Masjid Sunan Ampel terdapat di Kota ....
a. Surabaya
b. Semarang
c. Ampel
d. Demak
8. Bukti bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam adalah terdapat ....
a. gedung sekolah
b. tempat pengeboran minyak
c. pasar swalayan
d. kendaraan bermotor
9. Persediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ....
a. melimpah ruah
b. banyak sekali
c. tersedia cukup
d. terbatas
10. Kondisi wilayah Indonesia sebagian besar merupakan daerah perairan, sehingga Indonesia disebut sebagai negara ....
a. maritim
b. kepulauan
c. agraris
d. kesatuan
11. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi hutan adalah...
a. menyimpan cadangan air
b. tempat hidup satwa liar
c. tempat wisata
d. pembangkit tenaga listrik
12. Perhatikan gambar berikut !
Kegiatan ekonomi seperti yang ditunjukkan pada gambar dilakukan masyarakat yang tinggal di daerah ....
a. pegunungan
b. pedalaman
c. pesisir
d. perkotaan
13. Berikut ini yang bukan merupakan pemanfaatan daerah pegunungan adalah untuk ....
a. pertanian
b. pariwisata
c. tempat peristirahatan
d. pelabuhan
14. Kekayaan alam yang belum dimanfaatkan disebut....
a. sumber daya alam
b. potensi sumber daya alam
c. kekayaan alam
d. kegunaan alam
15. Aspal merupakan salah satu hasil sumber daya alam tambang. Aspal dimanfaatkan manusia untuk ....
a. bahan bakar mesin disel
b. bahan baku pengerasan jalan
c. bahan bangunan
d. bahan pembuat benda kerajinan
16. Berikut ini salah satu dampak pudarnya kearifan lokal yang diakibatkan masuknya pengaruh buruk dari era globalisasi, yaitu ….
a. masyarakat makin tertib dan patuh pada aturan hukum yang berlaku
b. pendekatan kekeluargaan dalam tiap permasalahan lebih mudah dijumpai
c. semangat gotong royong di masyarakat makin memudar
d. pola hidup sederhana makin diminati dan diterapkan oleh masyarakat
17. Subak merupakan bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan irigasi sawah yang dilakukan oleh masyarakat petani di daerah ....
a. Bima
b. Bali
c. Boyolali
d. Bogor
18. Masyarakat Baduy dalam tinggal di lereng-lereng pegunungan dengan mata pencaharian sebagai peladang. Mereka melarang mengolah tanah dengan cangkul dan memelihara sapi atau kambing. Hal
ini tergolong dalam tipe kearifan lokal. yang berhubungan dengan ....
a. makanan
b. perumahan
c. produksi
d. keyakinan
19. Berbagai teknologi yang berkembang saat ini pada dasarnya memiliki potensi besar untuk merusak keseimbangan alam dan lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan dengan memperkuat ....
a. kebutuhan masyarakat
b. kemajuan teknologi
c. budaya global
d. kearifan lokal
20. Rumah adat di daerah Kalimantan dibuat dalam bentuk panggung. Hal tersebut bertujuan untuk ....
a. mencegah gangguan binatang buas
b. agar bernilai seni tinggi.
c. memanfaatkan kekayaan alam
d. agar menampung banyak orang
21. Gambar di samping merupakan rumah adat Suku ….
a. Batak
b. Toraja
c. Alor
d. Dayak
22. Kearifan lokal tidak muncul secara tiba-tiba, namun merupakan sebuah proses dari ....
a. hasil penelitian yang dilakukan secara berulang
b. cerminan dari kebiasaan masyarakat setempat
c. nilai tradisi yang menyatu dengan kehidupan masyarakat
d. nilai budaya yang telah ditinggalkan masyarakat
23. Kearifan lokal dapat digunakan untuk menjawab permasalahan sosial akibat adanya
globalisasi. Kearifan lokal pada dasarnya bersifat ....
a. modern
b. mistis
c. tradisional
d. kompleks
24. Para wisatawan dari luar negeri selalu kagum dengan budaya gotong royong dan sikap ramah penduduk Indonesia. Budaya gotong royong dan sikap ramah merupakan contoh dari ....
a. keunggulan penduduk Indonesia
b. kearifan lokal penduduk Indonesia
c. cermin tingkah laku penduduk Indonesia
d. daya tarik penduduk Indonesia
25. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan ritual yang diselenggarakan bagi anak yang akan belajar berjalan dan menginjak tanah untuk pertama kalinya. Ritual tersebut merupakan tradisi dari suku ....
a. Betawi
b. Sunda
c. Jawa
d. Bali
26. Nama upacara adat beserta pengertiannya yang benar adalah ….
a. Ngaben, yaitu pembakaran mayat dalam agama Hindu di Yogyakarta.
b. Tindik talingan, yaitu memasang anting-anting ke daun telinga anak perempuan masyarakat Jawa
Tengah.
c. Kasada, yaitu upacara mempersiapkan sesajen di Kawah Gunung Bromo.
d. Ngeyeuk seureuh, yaitu upacara pernikahan adat Jawa Timur.
27. Era globalisasi membuat arus budaya dari berbagai belahan dunia dengan bebas masuk ke Indonesia. Salah satu kewajiban generasi muda dalam menghadapi tantangan budaya dari
negara lain adalah ....
a. tidak peduli dengan budaya asing
b. melestarikan dan mengembangkan budaya daerah
c. mempelajari semua budaya asing karena lebih bagus
d. budaya kita lebih bagus jadi tidak perlu mempelajari budaya asing
28. Keragaman di Indonesia merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa. Sebagai manusia yang beriman kita wajib menjaga dan melestarikan anugerah keragaman tersebut. Berikut ini yang termasuk cara dalam melestarikan keragaman tersebut adalah ....
a. menyelenggarakan festival budaya Nusantara
b. mengunjungi objek wisata terkenal dari berbagai daerah
c. tidak mengunggulkan budaya sendiri dan meremehkan budaya lain
d. melakukan pembangunan di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal
29. Perhatikan gambar berikut !
Gambar tersebut menunjukkan bahwa ....
a. Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa
b. Indonesia terdiri dari berbagai daerah
c. Indonesia terdiri dari berbagai profesi
d. Indonesia terdiri dari berbagai wilayah
30. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Bahasa daerah.
(2) Adat istiadat.
(3) Sistem kekerabatan.
(4) Kesenian daerah.
Bentuk kebudayaan bangsa Indonesia ditunjukkan nomor ....
a. (1), (2), (3), dan (4)
b. (1), (2), dan (3)
c. (1) dan (2)
d. (1)
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Raja Kediri yang terkenal dengan ramalannya adalah …………………………………………………….
2. Kebanyakan prasasti yang ditemukan di Indonesia menggunakan bahasa …………………………….
3. Kegiatan mengunjungi makam merupakan tradisi peninggalan masa Islam. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah …………………………………………………………………………………………….
4. Kearifan local dapat juga disebut dengan istilah …………………………………………………………...
5. Keragaman budaya yang terjadi di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi …………………………………
6. Budaya berasal dari kata buddayah yang artinya ………………………………………………………….
7. Jamu merupakan bentuk kearifan lokal pada masyarakat Jawa yang berkaitan dengan kegiatan …..
8. Tradisi yang terkenal dari suku bangsa Nias adalah ………………………………………………………
9. Keanekaragaman budaya di Indonesia dapat kita lihat miniaturnya di …………………………………..
10. Wayang kulit adalah pertunjukan tradisional dari Jawa Tengah. Pertunjukan wayang kulit dilakukan oleh seorang …………………………………………………………………………………………..
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Mengapa peninggalan sejarah perlu dilestarikan?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………..
2. Jelaskan perbedaan antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………..
3. Apa saja bentuk kearifan lokal yang ada di masyarakat ?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………..
4. Bagaimana seharusnya kita memandang keragaman budaya di Indonesia?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………..
5. Berilah contoh kegiatan yang dilakukan untuk melestarikan budaya daerah!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………..
Pelajari juga : Soal PTS-STS 2 IPAS Kelas 4 Terbaru 👇
Kunci Jawaban Room I
1. c. peristiwa sejarah
2. a. Gajah Mada akan menyatukan wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit
3. b. Balaputradewa
4. b. 2
5. c. Samudera Pasai
6. c. melestarikan benda bersejarah
7. a. Surabaya
b. Semarang
8. b. tempat pengeboran minyak
9. d. terbatas
10. a. maritim
11. d. pembangkit tenaga listrik
12. c. pesisir
13. d. pelabuhan
14. b. potensi sumber daya alam
15. b. bahan baku pengerasan jalan
16. c. semangat gotong royong di masyarakat makin memudar
17. b. Bali
18. d. keyakinan
19. d. kearifan lokal
20. a. mencegah gangguan binatang buas
21. b. Toraja
22. c. tradisional
24. b. kearifan lokal penduduk Indonesia
25. c. Jawa
26. c. Kasada, yaitu upacara mempersiapkan sesajen di Kawah Gunung Bromo.
27. b. melestarikan dan mengembangkan budaya daerah
28. a. menyelenggarakan festival budaya Nusantara
29. a. Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa
30. a. (1), (2), (3), dan (4)
Kunci Jawaban Room II
1. Jayabaya
2. Sansekerta
3. ziarah
4. local wisdom
5. geografis
6. budi atau akal
7. menanam tanaman obat dan menggunakannya untuk pengobatan sejak dahulu
8. lompat batu
9. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
10. dalang
Kunci Jawaban Room III
1. karena peninggalan sejarah banyak manfaatnya bagi bangsa Indonesia baik di masa sekarang dan yang akan datang
2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis jumlahnya. Contoh tumbuhan, air , udara
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang suatu saat dapat habis jumlahnya. Contoh minyak bumi, batu bara
3. Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal.
4. kita harus memandang keberagaman itu sebagai kekayaan dan keindahan yang dimiliki bangsa Indonesia. Oleh karena itu kita harus menghargai keberagaman di Indonesia karena hal tersebut dapat menjadi kekuatan bangsa kita.
5. mempelajari tarian daerah, mengikuti lomba budaya daerah, mengikuti pentas seni di daerah sekitar
No comments:
Post a Comment
see you