Tuesday, May 21, 2024

Materi Kelas 4

 Hari/Tanggal                      : Selasa, 21 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong

2. Matematika                    : Analisa Data dan Peluang

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)
Matematika

Piktogram dalam matematika adalah suatu penyajian data dengan menggunakan gambar tertentu untuk mewakili banyaknya objek.
Piktogram sering disebut juga sebagai diagram gambar yang representasi datanya menggunakan simbol atau gambar. Jika diagram batang menggunakan kolom untuk menunjukkan suatu data, maka diagram gambar menggunakan gambar-gambar untuk menyimbolkan suatu data.
Piktogram memiliki tujuan yang sama dengan diagram pada umumnya, yaitu untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
Kerjakan Latihan Berikut !
Soal No.1
Perhatikan data benda yang ada di meja guru berikut ini!
Benda yang paling banyak ada di meja guru yaitu . . .
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga

Soal No.2
Perhatikan data mainan Nanda berikut ini!
Jumlah keseluruhan mainan yang dimiliki Nanda yaitu. . .
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18

Soal No.3
Perhatikan data buah Bu Heni berikut ini!
Buah milik Bu Heni yang jumlahnya paling sedikit yaitu . . .
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat

Soal No.4
Perhatikan data hewan yang ada di rumah Rudi berikut ini!
Hewan di rumah Rudi yang jumlahnya sama yaitu . .
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan

Soal No.5
Perhatikan data benda yang ada di kelas berikut ini!
Selisih banyaknya meja dan kursi di kelas yaitu . . .
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6

Soal No.6
Perhatikan data olahraga yang disukai siswa kelas IV berikut ini!
Banyak siswa kelas IV yang menyukai bulu tangkis yaitu. . .
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa

Soal No.7
Perhatikan data hewan peliharaan siswa SD Tunas Harapan berikut ini!
Banyak siswa SD Tunas Harapan yang memelihara ayam yaitu . . .
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa

Soal No.8
Perhatikan data warna kesukaan siswa berikut ini!
Banyak siswa yang menyukai warna hijau yaitu. . .
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa

Soal No.9
Perhatikan data buah kesukaan siswa berikut ini!
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa

Soal No.10
Perhatikan data makanan kesukaan siswa kelas V berikut ini!
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa

jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi



1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ...

a. Tropis
b. Agraris
c. Subtropis
d. Subagraris


2. Kegiatan ekonomi yang umum dikerjakan masyarakat pedesaan adalah ...

a. Pertanian
b. Industri
c. Polisi
d. TNI


3. Kegiatan ekonomi berikut yang bergerak dalam bidang jasa adalah .......
 a. Petani garam
b. Peternak ikan
c. Tukang cukur
d. Nelayan

4.  Aktivitas ekonomi yang banyak dilakukan penduduk di pesisir pantai adalah ...

a. Nelayan
b. Karyawan
c. Petani
d. Buruh


5. Kegiatan konsumsi sering dikaitkan dengan ...

a. Memakai barang
b. Mencapai kemakmuran
c. Menghasilkan barang
d. Menyalurkan barang


6.  Jenis pekerjaan berikut ini yang menghasilkan jasa adalah ...

a. Petani
b. Nelayan
c. Dokter gigi
d. Peternak


7. Kegiatan berikut ini yang termasuk distribusi adalah ...

a. Perusahaan membuat barang untuk dipakai dalam negeri
b. Pabrik tekstil mempekerjakan beberapa karyawan baru
c. Pabrik sepatu mengekspor beberapa produknya ke Jepang
d. Perusahaan batik membuat baju batik


8. Berikut contoh pekerjaan yang menghasilkan barang adalah ...

a. Dokter
b. Guru
c. Sopir
d. Pengrajin


9.  Pusat industri banyak ditemukan di wilayah ….

a. perkotaan
b. pegunungan
c. pedesaan
d. pesisir


10.  Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ....
a. tropis
b. agraris
c. subtropis
d. sub agraris


11. Aturan yang berlaku pada suatu wilayah disebut....

a. norma

b. tulisan

c. pengumuman

d. petunjuk



12. Aturan tidak tertulis dan diakui sebagai hal yang baik untuk dilakukan disebut....

a. hukum

b. budaya

c. adat istiadat

d. himbauan



13. 


Adat istiadat yang ditunjukkan pada gambar tersebut berasal dari daerah....

a. Aceh

b. b. Bali

c. Lombok

d. Papua


14. 


Terdapat petugas adat di Bali yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban wilayah secara umum sehingga upacara adat yang diselenggarakan dapat berjalan dengan tertib dan aman. Petugas tersebut dinamakan....

a. sulinggih

b. satpam

c. pecalang

d. sesepuh



15. Masyarakat Baduy di Provinsi Banten, memiliki aturan memisahkan wilayah Baduy Dalam dan Baduy Luar. Salah satu aturannya yaitu di wilayah Baduy Dalam, masyarajat tidak boleh....

a. menggunakan alat elektronik

b. memiliki hewan ternak

c. saling menyapa

d. keluar pada malam hari





No comments:

Post a Comment

see you