Wednesday, May 15, 2024

Materi kelas IV

 Hari/Tanggal                      : Rabu, 15 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Bahasa Indonesia         : Sehatlah Ragaku 

Capaian Bahasa Indonesia

   1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.



Bahasa Indonesia

kita akan belajar menemukan dan menyimpulkan informasi dari teks yang berbeda. Membandingkan dua teks dapat dilakukan dengan cara menentukan persamaan dan perbedaan kedua teks.

simak video berikut!




Bandingkan informasi pada teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita” dengan teks visual “Air dan Tubuh Kita”. 

Apakah ada informasi yang sama? Sebutkan. 
Informasi yang sama :
Pentingnya Air bagi Tubuh KitaAir Bagi Tubuh Kita
Agar organ tubuh bisa bekerja maksimal.Melindungi organ-organ penting
Menyerap zat-zat yang diperlukan tubuhMembantu tubuh menyerap energi
Membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukanMembuang kotoran
Minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kitaMembantu mengantarkan zat gizi dan oksigen ke seluruh tubuh
Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas airTerdiri dari air : Otak (75%) Darah (83%) Tulang (22%) dan Otot (75%)

Apakah ada informasi yang bertentangan? Sebutkan. 
Tidak ada

Teks mana yang lebih kalian sukai? Sebutkan alasannya. (Contoh)
Teks yang saya sukai adalah Teks Visual Air Bagi Tubuh Kita karena pada teks tersebut disajikan secara lebih ringkas.

Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang. Carilah informasi tambahan tentang pentingnya air bagi tubuh kita. Contohnya sebagai berikut. 
  1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
  2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
  3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
  4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi

1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
Air merupakan salah satu kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Anda memerlukan air untuk bermacam-macam keperluan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berikut ciri air putih yang aman untuk diminum.
  • Tidak Berwarna. Air yang aman dikonsumsi akan terlihat tidak berwarna dan jernih. Apabila warnanya tidak wajar seperti keruh atau kecokelatan, sebaiknya jangan dikonsumsi.
  • Memiliki rasa tawar ketika diminum. 
  • Air Tidak Memiliki Bau. Air minum yang baik itu tidak memiliki aroma apapun.
  • Bebas Bakteri. Bakteri yang buruk dari kasus air mineral adalah pathogen yaitu jenis mikroba yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.
  • Memiliki Suhu Normal. Air mineral yang baik tidak boleh terpapar suhu panas atau dingin secara ekstrim. Hal ini menyumbang beberapa indikasi yang membuat kualitas air berkurang seperti penguapan dan pembekuan.

2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
Dalam sehari, kita disarankan untuk konsumsi air putih setidaknya sebanyak 8 gelas. Salah satu air yang penting kita konsumsi adalah air putih. Kunggulan air putih dibandingkan jenis air lainya adalah :
  • Mencegah dehidrasi. Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. 
  • Menjaga kesehatan sendi dan otot. Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. 
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit.

3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
Tujuan dari merebus air adalah untuk membunuh mikroorganisme atau kuman yang mungkin ada dalam air. Air yang belum dimasak mengandung mikrobiologi atau kuman penyebab berbagai penyakit dan bahan kimia berbahaya lainnya.

4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi
Untuk keperluan air minum, maka sumber air baku yang dapat digunakan untuk kebutuhan air minum dapat terdiri dari mata air, air permukaan (sungai, danau, waduk, dll.), air tanah (sumur gali, sumur bor) maupun air hujan.
  • Air hujan merupakan sumber air utama di bumi. Walaupun pada saat pretisipasi merupakan air yang paling bersih, air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfer. 
  • Air Permukaan. Air permukaan yang meliputi badan-badan air semacam sungai, danau, telaga, waduk, rawa, air terjun, dan sumur permukaan, sebagian besar berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. 
  • Air Tanah. Air tanah (ground water) berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaanbumi yang kemudian mengalami penyerapan ke dalam tanah danmengalami proses filtrasi secara alamiah. 


Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Perhatikan penggalan cerita berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 1 - 3)
Ira Tidak Takut

Ira menggenggam tangan Mama erat-erat. Gedung di depannya tampak menyeramkan. "Setelah ini kita makan piza kan, Ma ...," bisik Ira.

"Halo, Ira! Apa kabar hari ini?" "Apa kabar kura-kura?" "Ira sudah siap?" Orang-orang itu menyapa Ira.
"Kura-kura tidak mau disuntik hari ini!" jawab Ira

Namun, dokter itu tetap ingin memeriksa si kura-kura.

Kata dokter, sel darah merah si kura-kura sudah berkurang. Darah kura-kura harus ditambah. Kita menyebutnya ditransfusi. Kalau tidak, si kura-kura akan tetap lemas dan mual.

Tapi, disuntik itu sakit, kan? Kata dokter, sakitnya hanya sebentar. Tidak sampai sepuluh hitungan. Dia meminta Ira mencoba menyuntik sambil berhitung.

Satu ... dua ... tiga ... empat ... lima ... enam ... tujuh ... delapan ... sembilan ... sepuluh! Hanya sepuluh? Selesai?
Wah, hebat! Kura-kura tidak takut! Kalau begitu, Ira juga tidak takut!

Dokter mengingatkan Ira untuk berhitung sampai sepuluh! Selama ditransfusi nanti, Ira boleh menonton film kesukaannya. Satu ... dua ... tiga ... empat ... lima ... enam ... tujuh ... delapan ... sembilan ... sepuluh!

Wah, Ira merasa lebih segar.

Sekarang sudah selesai! Bulan depan, Ira akan kembali lagi untuk transfusi.

Soal No.1
Tokoh utama pada cerita di atas adalah . . .
A. Ira
B. Kura-kura
C. Dokter
D. Mama Ira

Soal No.2
Permasalahan yang dihadapi tokoh utama pada cerita di atas yaitu. . .
A. sel darah kura-kura berkurang
B. sel darah Ira berkurang
C. kura-kura takut disuntik
D. Ira takut disuntik

Soal No.3
Makna kata transfusi pada kutipan cerita di atas yaitu . . .
A. pemasukan darah kepada yang memerlukan
B. pemberian obat dalam darah manusia
C. pengeluaran darah menuju kantong
D. proses metabolisme yang berupa urine

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut!

Informasi berikut yang sama dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi
B. waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari
C. air putih membantu kelancaran pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan
D. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain

Soal No.5
Perhatikan ilustrasi ciri-ciri air yang bersih berikut!
Informasi berikut yang bertentangan dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. air yang berbau tidak sehat untuk diminum
B. hindari minum air yang zat padat terlarutnya banyak
C. air panas termasuk air yang sehat untuk diminum
D. minum air yang jernih dan tidak berasa agar tubuh sehat

Soal No.6
Perhatikan ucapan berikut!
(1) Aku sudah sarapan tadi pagi
(2) Aku melihat bus sekolah hari ini
(3) Kakiku sakit sekali
(4) Sepertinya kakiku terkilir

Ucapan di atas yang termasuk opini ditunjukkan oleh nomor yaitu...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

Soal No.7
Berikut informasi yang termasuk fakta yaitu...
A. Aku rasa penyakitku cukup parah
B. Sebaiknya kalian tidak memandangku, supaya tidak ketularan.
C. Pasti nanti dokter memberiku antibiotik
D. Dokter memeriksaku dengan sinar-X

Soal No.8
Paragraf yang ide pokoknya berada di akhir paragraf disebut. . .
A. paragraf deduktif
B. paragraf induktif
C. paragraf campuran
D. paragraf argumentatif

Soal No.9
Perhatikan paragraf berikut!
Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca.

Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. campuran
B. deduktif
C. induktif
D. prosedurak

Soal No.10
Perhatikan paragraf berikut!
Di samping itu, minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kita. Secara sederhana, metabolisme adalah proses tubuh mencerna makanan/minuman yang kita konsumsi, menyerap zat-zat yang diperlukan tubuh, lalu membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan. Sisa ini dikeluarkan melalui keringat, urine, atau feses. Proses ini akan lebih lancar jika kita mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. prosedural
B. deduktif
C. campuran
D. induktif

1 comment:

see you