Hari/Tanggal : Selasa, 14 Mei 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Diagram Batang
2. IPAS BAB 6 : Membangun Masyarakat Beradab
Capaian Pembelajaran:
Matematika
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah: dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang, menginterpretasikan data dalam bentuk diagram batang,
Matematika
Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)
Berikut ini video tentang cara menafsirkan dan menyajikan diagram batang.
Asyiknya Mencoba
Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas IV sampai kelas VI SD Nusantara 05
- Petani ada 25 orang.
- Nelayan ada 15 orang.
- Penjahit ada 8 orang.
- Wirausaha ada 13 orang.
- Pedagang ada 12 orang.
- Tentara ada 6 orang.
- Polisi ada 2 orang.
- Guru ada 6 orang.
- Buruh ada 15 orang.
Asyiknya Berlatih
Perhatikan diagram batang di samping! Data Golongan Darah Siswa SD Nusantara 03
Pertanyaan
a. Berapa siswa yang memiliki golongan darah A?
b. Berapa siswa yang memiliki golongan darah B?
d. Berapa siswa yang memiliki golongan darah O?
e. Golongan darah yang banyak dimiliki siswa adalah ...
f. Berapa banyak siswa yang ada pada diagram batang di atas?
2. Perhatikan gambar diagram batang berikut!
a. Berapa siswa yang mendapat nilai 60?
b. Berapa siswa yang mendapat nilai 70?
c. Berapa siswa yang mendapat nilai 75?
d. Berapa siswa yang mendapat nilai 80?
e. Berapa siswa yang mendapat nilai 85?
f. Berapa siswa yang mendapat nilai 90?
g. Berapa siswa yang mendapat nilai 95?
h. Berapa siswa yang mendapat nilai 100?
i. Berapa siswa yang mendapat nilai di atas 75?
j. Berapa siswa yang nilainya kurang dari 75?
Menyajikan data dalam bentuk
piktogram
Kerjakan Latihan Berikut !
Soal No.1
Perhatikan data benda yang ada di meja guru berikut ini!Benda yang paling banyak ada di meja guru yaitu . . .A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga
Soal No.2
Perhatikan data mainan Nanda berikut ini!Jumlah keseluruhan mainan yang dimiliki Nanda yaitu. . .A. 6
B. 13
C. 15
D. 18
Soal No.3
Perhatikan data buah Bu Heni berikut ini!Buah milik Bu Heni yang jumlahnya paling sedikit yaitu . . .A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat
Soal No.4
Perhatikan data hewan yang ada di rumah Rudi berikut ini!Hewan di rumah Rudi yang jumlahnya sama yaitu . .A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan
Soal No.5
Perhatikan data benda yang ada di kelas berikut ini!Selisih banyaknya meja dan kursi di kelas yaitu . . .A. 1
B. 3
C. 5
D. 6
Soal No.6
Perhatikan data olahraga yang disukai siswa kelas IV berikut ini!Banyak siswa kelas IV yang menyukai bulu tangkis yaitu. . .A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa
Soal No.7
Perhatikan data hewan peliharaan siswa SD Tunas Harapan berikut ini!Banyak siswa SD Tunas Harapan yang memelihara ayam yaitu . . .A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa
Soal No.8
Perhatikan data warna kesukaan siswa berikut ini!Banyak siswa yang menyukai warna hijau yaitu. . .A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa
Soal No.9
Perhatikan data buah kesukaan siswa berikut ini!Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa
Soal No.10
Perhatikan data makanan kesukaan siswa kelas V berikut ini!Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa
Pendidikan Pancasila
Kerjakan Latihan berikut!
1. Setiap warga negara Indonesia harus berpikir dan memandang NKRI sebagai suatu wilayah yang.....
A. Terpecah belah
B. Berbeda
C. Utuh
D. Terpisah satu sama lain
A. Terpecah belah
B. Berbeda
C. Utuh
D. Terpisah satu sama lain
2. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti.....
A. Perpecahan dalam perbedaan
B. Keanekaragaman harus dipersatukan
C. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua
D. Perbedaan menimbulkan perpecahan
3. Istilah Bhinneka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karangan....
A. Mpu Tantowi
B. Mpu Tan Malaka
C. Mpu Tantular
D. Mpu Tangerang
4. Kemerdekaan bangsa Indonesia diraih berkat adanya persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan dari Pancasila sila ke....
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
A. Pemerintahannya kuat
B. Sumber daya alamnya melimpah
C. Rakyatnya bersatu
D. Persenjataannya lengkap
6. Kita dapat menghargai budaya suku lain dengan cara....
A. Menonjolkan budaya sendiri
B. Memusuhi teman dari suku lain
C. Mengejek penampilan kesenian daerah lain
D. Menikmati pertunjukan seni suku lain
7. Sikap saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan......
A. Harga diri daerah
B. Martabat bangsa
C. Persatuan bangsa
D. Kecintaan kepada daerah
8. Istilah gotong royong di daerah Jawa disebut....
A. Sambatan
B. Ammosi
C. Ngayah
D. Gemohing
9. Permainan berikut yang membutuhkan kerja sama antar anggota adalah.....
A. Kelereng
B. Panjang pinang
C. Petak umpet
D. Layang-layang
10. Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional karena bahasa Indonesia berfungsi sebagai.....
A. Bahasa ibu
B. Bahasa resmi
C. Bahasa persatuan
D. Bahasa sehari-hari
IPAS
A. Perpecahan dalam perbedaan
B. Keanekaragaman harus dipersatukan
C. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua
D. Perbedaan menimbulkan perpecahan
3. Istilah Bhinneka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karangan....
A. Mpu Tantowi
B. Mpu Tan Malaka
C. Mpu Tantular
D. Mpu Tangerang
4. Kemerdekaan bangsa Indonesia diraih berkat adanya persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan dari Pancasila sila ke....
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
A. Pemerintahannya kuat
B. Sumber daya alamnya melimpah
C. Rakyatnya bersatu
D. Persenjataannya lengkap
6. Kita dapat menghargai budaya suku lain dengan cara....
A. Menonjolkan budaya sendiri
B. Memusuhi teman dari suku lain
C. Mengejek penampilan kesenian daerah lain
D. Menikmati pertunjukan seni suku lain
7. Sikap saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan......
A. Harga diri daerah
B. Martabat bangsa
C. Persatuan bangsa
D. Kecintaan kepada daerah
8. Istilah gotong royong di daerah Jawa disebut....
A. Sambatan
B. Ammosi
C. Ngayah
D. Gemohing
9. Permainan berikut yang membutuhkan kerja sama antar anggota adalah.....
A. Kelereng
B. Panjang pinang
C. Petak umpet
D. Layang-layang
10. Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional karena bahasa Indonesia berfungsi sebagai.....
A. Bahasa ibu
B. Bahasa resmi
C. Bahasa persatuan
D. Bahasa sehari-hari
IPAS
Awas di hukum
Setiap peraturan dibuat untuk menciptakan lingkungan yang tertib, rukun, dan harmonis. Diharapkan juga agar dapat mengurangi terjadinya perselisihan dan pertengkaran sehingga tujuan dapat tercapai. Untuk melestarikan sebuah norma maupun mengikat sebuah peraturan tertulis, manusia membuat sebuah sanksi bagi pelanggar norma maupun peraturan tertulis. Sanksi tersebut memiliki tujuan utama yaitu untuk membuat pelanggar jera sehingga tidak mengulang kembali perbuatannya. Selain itu, sanksi dibuat agar dipatuhi dan dan ditaati.
Tahukah kalian, syarat mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) diberikan pada usia berapa tahun? Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi syarat utama untuk mendapatkan SIM. Coba tanyakan pada orang dewasa di sekitar kalian, apakah mereka memiliki KTP dan SIM? Mengapa semua orang dewasa memiliki KTP, namun tidak semua memiliki SIM? Tentu saja karena berkaitan dengan peraturan.
Peraturan dibuat oleh negara dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan yang tertib. Untuk membuat SIM ada aturan batas usia minimal. Tujuannya adalah untuk membatasi agar pengemudi kendaraan bermotor merupakan orang yang sudah bisa bertanggung jawab secara hukum.
Begitu pun peraturan yang ada di rumah, sekolah, dan di tempat tinggal kita. Semua bertujuan untuk menciptakan ketertiban. Ketertiban menciptakan hidup menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman untuk beraktivitas. Dengan kata lain, ketertiban menciptakan masyarakat yang beradab.
Kosakata Baru
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu identitas diri yang dimiliki oleh warga negara Indonesia ketika menginjak usia 17 tahun.
Belajar Lebih Lanjut
Apa yang akan terjadi jika sebuah wilayah atau tempat tidak memiliki aturan? Mungkin saja kehidupan masyarakat menjadi tidak teratur. Setiap orang akan melakukan segala sesuatu yang mereka inginkan. Oleh karena itu norma perlu dibuat agar:
- Terciptanya kehidupan harmonis di dalam masyarakat;
- Sebagai petunjuk dalam bersikap dan bertindak;
- Sebagai pengontrol sikap dan tindakan manusia;
- Sebagai alat pelindung masyarakat.
Namun, terkadang masih saja terlihat seseorang yang melakukan pelanggaran terhadap aturan. Oleh karena itu, sanksi bertujuan untuk membuat orang yang melanggar aturan menjadi jera. Adapun beberapa sanksi bagi seseorang yang melakukan pelanggaran norma maupun peraturan tertulis.
Kosakata Baru
jera: kapok atau tidak ingin melakukan hal itu lagi.
1. Sanksi pelanggaran norma;
a. dikucilkan;
b. merasa malu;
c. penyesalan.
2. Sanksi pelanggaran peraturan tertulis;
a. hukuman denda;
b. hukuman penjara.
No comments:
Post a Comment
see you