Thursday, November 28, 2024

Kisi-kisi Matematika dan Seni musik

Hari/Tanggal : Jumat, 29 November 2024

SUMATIF AKHIR SEMESTER 1 (Ganjil)                            

                                    

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga anak-anak bu guru semuanya dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah  Alhamdulillah hari ini memasuki hari keempat pelaksanaan kegiatan Sumatif Akhir Semester ganjil. 
Mata pelajaran SAS hari ini adalah matematika dan seni musik
Adapun tujuan sumatif Akhir semester hari ini adalah peserta didik dapat menyelesaikan soal Sumatif Akhir Semester dengan baik dan benar

KISI-KISI MATEMATIKA
1. Membaca dan menulis lambang bilangan cacah sampai 10.000
2. Mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000
3. Membandingkan bilangan cacah
4. Menentukan hasil penjumlahan bilangan cacah sampai 10.000
5. Menentukan hasil pengurangan bilangan cacah sampai 10.000
6. Menentukan bilangan kelipatan
7. Menentukan faktor suatu bilangan
8. Mengidentifikasi pecahan berdasarkan gambar yang diarsir
9. Membandingkan pecahan
10. Menentukan pecahan senilai
11. Menjumlahkan pecahan
12. Menentukan pecahan dalam bentuk persen(%)
13. Menentukan pola gambar 
14. Menentukan pola bilangan

Contoh soal
1. Adit selalu berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Dia harus berjalan sejauh 4.236       meter. Jarak antara rumah Adit dengan sekolah dibaca. . .
A. empat ribu dua ratus tiga puluh enam
B. empat ribu dua puluh tiga enam
C. empat ribu dua ratus tiga enam
D. empat ribu dua puluh tiga ratus enam

2. Tuliskan bilangan seribu lima ratus dua puluh empat dalam bentuk angka!
 A. 1.524        B. 1.542            C. 1.254                        D. 1.425            
  (Jawaban: A)

3.    Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar: 3.245, 3.421, 3.142, 3.524. 
A. 3.142, 3.245, 3.421, 3.524 
B. 3.524, 3.421, 3.142, 3.245 
C. 3.142, 3.524, 3.245, 3.421 
D. 3.245, 3.421, 3.524, 3.142 
Jawaban: A

4. Perhatikanlah gambar berikut ini!
Urutan ketinggian gunung dari paling kecil ke paling besar yaitu . . .
A. gunung B, gunung A, gunung C
B. gunung C, gunung A, gunung B
C. gunung A, gunung B, gunung C
D. gunung B, gunung C, gunung A

4. Perhatikan kedua bilangan berikut!

     8.523 .... 8.287

Tanda perbandingan yang tepat pada dua bilangan tersebut yaitu...
A. >
B. ≥
C. <
D. =

5. Hasil dari  444 + 529 =. . .

A. 942
B. 952
C. 963
D. 973

6. Hasil dari  723 − 282 =. . .

A. 441
B. 451
C. 541
D. 551

7. 

Bentuk pecahan dari gambar di atas yaitu. . .
A. 
12

B. 
13

C. 
14

D.  1/5


8. Perhatikan pecahan berikut!
17
 . . . . 
19
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu ....A. >
B. ≥
C. <
                                                                              D. = 

9. Perhatikan pecahan berikut!

119
112
113


Urutan pecahan dari paling terkecil yaitu...
A. 
119
113
112

B. 
112
113
119

C. 
113
119
112

D. 
119
112
113

 
 
10.  Pecahan yang nilainya sama dengan 
34
 yaitu. . .


11. Perhatikan pecahan 6/10 , jika dibuat  desimal, maka









A. 0,6B. 0,06
C. 0,9
D. 0,09

12. 0,85 = ...

A. 58%
B. 70%
C. 80%
D. 85%


POLA GAMBAR DAN POLA BILANGAN
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . . .
A. 12
B. 13
C. 14
D. 15

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 14
B. 15
C. 16
D. 18

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . . .
A. 13
B. 14
C. 15
D. 16

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 17
B. 18
C. 19
D. 21

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . . .
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11

Soal No.6
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . .
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.9
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . .
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3

Soal No.10
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . .
A. 16
B. 11
C. 10
D. 9

Soal No.11
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 21
B. 22
C. 23
D. 24

Soal No.12
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 36
B. 37
C. 38
D. 39

Soal No.13
8, 16, . . ., 32, 40
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .

A. 18
B. 20
C. 24
D. 27

Soal No.14
13, 21, 29, 37, . . .
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .

A. 42
B. 43
C. 44
D. 45

Soal No.15
Di suatu gedung pertemuan terdapat beberapa baris kursi, pada baris paling depan terdapat 10 kursi, sedangkan pada baris kedua terdapat 13 kursi, baris ketiga terdapat 16 kursi. Banyak kursi pada baris keenam yaitu. . .
A. 22
B. 25
C. 27
D. 29

Soal No.16
Perhatikanlah gambar berikut!
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 22
B. 23
C. 24
D. 25

Soal No.17
45, 39, 33, 27, . . .
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .

A. 20
B. 21
C. 22
D. 23

Soal No.18
99, 92, . . . , 78
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .

A. 82
B. 83
C. 85
D. 87

Soal No.19
Pabrik elektronik memproduksi kulkas selama setahun. Pada bulan januari memproduksi 80 kulkas, pada bulan februari 76 kulkas, pada bulan maret 72 kulkas. Pabrik tersebut memproduksi kulkas pada bulan juni sebanyak . . .
A. 52
B. 54
C. 58
D. 60

Soal No.20
Dani ditugaskan menata buku oleh Pak Guru. Pada rak pertama, Dani menata 24 buku, pada rak kedua menata 21 buku, pada rak ketiga menata 18 buku. Banyak buku yang ditata oleh Ali pada rak kelima yaitu. . .
A. 12
B. 15
C. 16
D. 17

KISI- KISI SENI MUSIK
1. Irama dan alat musik ritsmis
2. Nada dan alat musik melodis
3.Nama-nama alat musik dan cara memainkan alat musik ritmis
4. Menentukan not angka pada lagu
5. menentukan interval tangga nada mayor
6. menentukan lagu yang menggunakan tangga lagu diatonis minor
7. menentukan banyak ketukan dalam sebuah not
8. menentukan asal daerah alat musik tradisional
9. mengidentifikasi contoh lagu dengan birama 4/4
10. membandingkan jenis ansamel sejenis dan campuran
11. pengertian tempo
12.  menentukan simbol not angka

Berikut adalah soal-soal seni musik kelas 4 SD berdasarkan Kurikulum Merdeka:

Soal Pilihan Ganda

  1. Irama dan alat musik ritmis
    Apa fungsi utama alat musik ritmis dalam sebuah lagu?
    a. Menghasilkan melodi
    b. Menjaga tempo dan irama
    c. Mengatur nada tinggi
    d. Memberikan harmoni

  2. Nada dan alat musik melodis
    Alat musik yang termasuk ke dalam alat musik melodis adalah...
    a. Drum
    b. Pianika
    c. Marakas
    d. Kendang

  3. Nama-nama alat musik ritmis dan cara memainkannya
    Berikut ini adalah alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul:
    a. Gitar
    b. Pianika
    c. Drum
    d. Flute

  4. Menentukan not angka pada lagu
    Jika dalam sebuah lagu terdapat not angka 2 . 3 . 5, angka 5 dibunyikan dengan...
    a. Nada pendek
    b. Nada panjang
    c. Nada sedang
    d. Nada tinggi

  5. Menentukan interval tangga nada mayor
    Interval nada dari C ke E pada tangga nada mayor adalah...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

  6. Menentukan lagu yang menggunakan tangga nada diatonis minor
    Lagu berikut ini yang menggunakan tangga nada diatonis minor adalah...
    a. "Naik-naik ke Puncak Gunung"
    b. "Gundul Pacul"
    c. "Indonesia Pusaka"
    d. "Nina Bobo"

Soal Isian Singkat

  1. Menentukan banyak ketukan dalam sebuah not
    Not setengah memiliki berapa ketukan?

  2. Menentukan asal daerah alat musik tradisional
    Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah mana?

  3. Mengidentifikasi contoh lagu dengan birama 4/4
    Sebutkan satu contoh lagu yang menggunakan birama 4/4!

  4. Membandingkan jenis ansambel sejenis dan campuran
    Jelaskan perbedaan ansambel sejenis dan ansambel campuran!

Soal Essay

  1. Pengertian tempo
    Jelaskan pengertian tempo dalam musik!

  2. Menentukan simbol not angka
    Perhatikan lagu berikut:

1 . 2 . 3 3 . 2 . 1 |
5 - - 5 |

Tuliskan simbol not angka berdasarkan panjang pendek bunyinya!

Semoga soal-soal ini bermanfaat untuk pembelajaran siswa kelas 4 SD! 

No comments:

Post a Comment

see you