Hari/ Tanggal : Rabu/ 20 November 2024
Mata Pelajaran : Matematika
Matematika : Pecahan
TP: Peserta didik mampu mengidentifikasi pola gambar dan pola bilangan
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Mari kita baca dan cermati rangkuman materi hari inii.
Fase B Berdasarkan Elemen :
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Bilangan | Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
Aljabar | Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. |
Pengukuran | Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah. |
Geometri | Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan. |
Analisis Data Dan Peluang | Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan) |
MATEMATIKA
Pola bilangan dibedakan menjadi dua, yaitu pola bilangan membesar dan pola bilangan mengecil.
Contoh pola bilangan membesar, yaitu 3, 5, 7, 9, 11, dan seterusnya.
Kalau contoh bilangan mengecil, yaitu 11, 9, 7, 5, 3.
Setelah membaca materi ini, kita diharapkan dapat menemukan pola bilangan membesar dan mengecil.
Selain itu, kita juga bisa membuat pola bilangan membesar dan mengecil.
Berikut cara menentukan dan membuat pola bilang membsar dan mengecil.
"Ada dua pola bilangan, yaitu pola bilangan membesar dan pola bilangan mengecil."
Menentukan dan Membuat Pola Bilangan
Terdapat pola bilangan 2, 4, 6, 8, ....
Berdasarkan pola bilangan tersebut, dapatkah kalian menentukan pola bilangan ke-5?
berikut ini link materi pembelajaran dapat di unduh di link berikut ini : Buku Matematika kelas IV Pola gambar dan pola bilangan
Materi Pola gambar dan pola bilangan
untuk memahami materi lebih lengkap simaklah video berikut ini:
latihan :
Pilihan Ganda
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . . .
A. 12
B. 13
C. 14
D. 15
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 14
B. 15
C. 16
D. 18
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . . .
A. 13
B. 14
C. 15
D. 16
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 17
B. 18
C. 19
D. 21
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . . .
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . .
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya benda pada pola berikutnya yaitu. . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . .
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
Perhatikan gambar berikut!
Banyak benda yang sesuai dengan pola gambar di atas yaitu. . .
A. 16
B. 11
C. 10
D. 9
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 21
B. 22
C. 23
D. 24
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 36
B. 37
C. 38
D. 39
8, 16, . . ., 32, 40
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 18
B. 20
C. 24
D. 27
13, 21, 29, 37, . . .
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 42
B. 43
C. 44
D. 45
Di suatu gedung pertemuan terdapat beberapa baris kursi, pada baris paling depan terdapat 10 kursi, sedangkan pada baris kedua terdapat 13 kursi, baris ketiga terdapat 16 kursi. Banyak kursi pada baris keenam yaitu. . .
A. 22
B. 25
C. 27
D. 29
Perhatikanlah gambar berikut!
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 22
B. 23
C. 24
D. 25
45, 39, 33, 27, . . .
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 20
B. 21
C. 22
D. 23
99, 92, . . . , 78
Bilangan yang tepat untuk mengisi pola bilangan di atas yaitu . . .
A. 82
B. 83
C. 85
D. 87
Pabrik elektronik memproduksi kulkas selama setahun. Pada bulan januari memproduksi 80 kulkas, pada bulan februari 76 kulkas, pada bulan maret 72 kulkas. Pabrik tersebut memproduksi kulkas pada bulan juni sebanyak . . .
A. 52
B. 54
C. 58
D. 60
Dani ditugaskan menata buku oleh Pak Guru. Pada rak pertama, Dani menata 24 buku, pada rak kedua menata 21 buku, pada rak ketiga menata 18 buku. Banyak buku yang ditata oleh Ali pada rak kelima yaitu. . .
A. 12
B. 15
C. 16
D. 17
No comments:
Post a Comment
see you