Hari/Tanggal : Selasa, 7 Januari 2024
Kelas : IV
Mata Pelajaran :
1. Matematika
2. Pendidikan Pancasila
3. IPAS
4. Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran
Matematika
Capaian Pembelajaran IPAS:
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
Capaian Pembelajaran Pendidikan pancasila :
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Pendidikan Pancasila
1. | Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal .... | |
A. | 17 Agustus 1945** | |
B. | 17 Agustus 1946 | |
C. | 18 Agustus 1946 | |
D. | 17 Agustus 1946 | |
Pembahasan : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 | ||
2. | Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk lepas dari .... | |
A. | kekayaan | |
B. | kekuatan | |
C. | penjajah** | |
D. | kemandirian | |
Pembahasan : Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad bangsa Indonesia lepas dari penjajah. | ||
3. | Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum .... | |
A. | ekonomi | |
B. | pidana | |
C. | nasional** | |
D. | perdata | |
Pembahasan : Proklamasi menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional | ||
4. | Tujuan NKRI termuat pada pembukaan UUD 1945 pada alinea .... | |
A. | pertama | |
B. | kedua | |
C. | ketiga | |
D. | keempat** | |
Pembahasan : Tujuan NKRI termuat pada pembukaan UUD 1945 pada alinea keempat | ||
5. | Perhatikan beberapa pernyataan berikut! (1) Batas teritorial. (2) Batas landas kontinental. (3) Batas lempeng benua (4) Batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE Batas laut wilayah Indonesia ditunjukan dengan nomor …. | |
A. | (1), (3), dan (4) | |
B. | (1), (2), dan (4)** | |
C. | (1), (2), dan (3) | |
D. | (2), (3), dan (4) | |
Pembahasan : Batas laut wilayah laut Indonesia adalah Batas teritorial, Batas landas kontinental, dan Batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE | ||
6. | Perhatikan batas-batas wilayah Indonesia berikut! (1) Australia (2) Timor Leste (3) Malaysia (4) Samudra Hindia (5) Samudra Pasifik Batas daratan wilayah Indonesia di sebelah selatan ditunjukan pada nomor …. | |
A. | (1), (2), dan (3) | |
B. | (2), (3), dan (4) | |
C. | (1), (4), dan (5) | |
D. | (1), (2), dan (4)** | |
Pembahasan : Batas-batas wilayah Indonesia di sebelah selatan adalah Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia. | ||
7. | Belanda melakukan agresi Militer II pada tanggal ... | |
A. | 17 Agustus 1948 | |
B. | 23 Oktober 1948 | |
C. | 19 Desember 1948** | |
D. | 1 Januari 1948 | |
Pembahasan : Belanda melakukan agresi Militer II pada 19 Desember 1948. | ||
8. | Mr. Syafrudin Prawiranegara diberi mandat untuk menjalahkan pemerintahan dengan membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di daerah .... | |
A. | Padang** | |
B. | Bandung | |
C. | Jakarta | |
D. | Medan | |
Pembahasan : Mr. Syafrudin Prawiranegara membentuk PDRI) di Padang (Sumatera Barat) | ||
9. | Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945 berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya.... | |
A. | pembelaan negara** | |
B. | pendidikan nasional | |
C. | kesejahteraan rakyat | |
D. | keamanan nasional | |
Pembahasan : Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945 berbunyi “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. | ||
10. | Perhatikan beberapa hal berikut! (1) Merupakan panggilan sejarah (2) Perlunya memiliki wawasan kebangsaan (3) Pendidikan yang berkarakter (4) Pendidikan berbasis keluarga (5) Menjaga keutuhan wilayah negara Beberapa hal yang dapat dibangun dan dibudidayakan untuk menjaga keutuhan dari Negara Indonesia ditunjukan nomer .... | |
A. | (1), (2), dan (3) | |
B. | (2), (3), dan (4)** | |
C. | (1), (4), dan (5) | |
D. | (1), (2), dan (4) | |
Pembahasan : Beberapa hal yang dapat dibangun dan dibudidayakan untuk menjaga keutuhan NKRI adalah perlunya memiliki wawasan kebangsaan, pendidikan yang berkarakter, dan pendidikan berbasis keluarga. |
Pengukuran luas menggunakan satuan tidak baku merupakan salah satu materi yang terdapat dalam buku Matematika SD kelas 4 Kurikulum Merdeka.
Mengukur luas permukaan benda bisa dilakukan dengan menggunakan satuan tidak baku.
Satuan tidak baku adalah satuan pengkuran yang menunjukkan hasil yang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Hal ini disebabkan satuan luas yang digunakan berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
"Satuan tidak baku adalah satuan pengukuran yang menunjukkan hasil yang tidak sama."
Cara Mengukur Luas Menggunakan Satuan Tidak Baku
Cara mengkur luas menggunakan satuan tidak baku bisa menggunakan benda-benda yang memiliki ukuran yang sama sebagai berikut.
1. Uang kertas.
2. Kertas origami.
3. Kartu dengan tema.
Setelah menemukan benda dengan ukuran yang sama, berikut cara mengukur luas permukaan benda menggunakan satuan tidak baku.
Misalnya orang A mengukur luas meja belajar menggunakan uang kertas, sedangkan orang B mengukur luas meja belajar menggunakan kertas origami.
Orang A menutupi permukaan meja belajar dengan uang kertas tanpa celah.
Setelah dihitung, jumlah uang kertas yang menutupi permukaan meja belajar tanpa celah sebanyak 50 uang kertas.
Satuan uang kertas dapat disebut satu satuan luas (1 uang kertas = 1 satuan luas).
Selanjutnya orang B mengukur meja belajar menggunakan kertas origami dengan menutupi semua permukaan meja tanpa celah menggunakan kertas origami.
Setelah dihitung, jumlah uang kertas yang menutupi permukaan meja belajar tanpa celah sebanyak 50 uang kertas.
Satuan uang kertas dapat disebut satu satuan luas (1 uang kertas = 1 satuan luas).
Selanjutnya orang B mengukur meja belajar menggunakan kertas origami dengan menutupi semua permukaan meja tanpa celah menggunakan kertas origami.
Setelah dihitung, jumlah total kertas origami yang menutupi permukaan meja belajar tanpa celah sebanyak 25 kertas origami.
Satuan kertas origami juga bisa disebut dengan satu satuan luas (1 keras origami= 1 satuan luas).
Meja belajar yang sama memiliki luas berbeda karena satu satuan luas yang digunakan untuk mengukur meja belajar berbeda, yaitu orang A menggunakan uang kertas dan orang B menggunakan kertas origami.
Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa satuan tidak baku seperti uang kertas dan kertas origami menunjukkan hasil pengukuran yang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Uang kerta dan kertas origami memiliki panjang dan lebar yang berbebeda, sehingga menghasilkan luas meja belajar yang berbeda-beda.
"Uang kertas, kertas origami, dan kartu dengan tema merupakan contoh satuan tidak baku.
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar BAB 5 Bertukar atau Membayar terdapat kegiatan Menulis Prosedur Menabung di Bank. Tujuan kegiatan ini adalah melalui kegiatan menuliskan cara menabung di bank, peserta didik dapat menulis teks prosedur dengan baik.
- Tujuan yang ingin dicapai dari prosedur tersebut;
- Persyaratan dan perlengkapan yang dibutuhkan; dan
- Langkah-langkah yang dilakukan.
- Menggunakan kalimat perintah;
- Menggunakan kata kerja aktif;
- Berisi langkah-langkah yang urut; dan
- Menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan/langkah
- Datang ke Bank Tujuan yang Dipilih. Untuk mengurus administrasi pembuatan rekening ini sebaiknya datang langsung ke bank, terutama jika Anda menabung di bank konvesional bukan bank digital. Dengan begitu proses pembuatan rekening bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih lokasi bank yang paling dekat dengan tempat tinggal.
- Mengambil Nomor Antrian. Setelah datang ke bank ambillah nomor antrian, biasanya satpam di bank tersebut akan membantu Anda dalam mengambil nomor antrian tersebut. Setelah membawa nomor antrian, silahkan tunggu sampai nama Anda dipanggil oleh Customer Service (CS) bank untuk proses pembuatan rekening tersebut.
- Proses Membuka Rekening. Setelah giliran Anda dipanggil, customer service akan meminta Anda mengisi formulir pembuatan rekening. Di tahapan ini, perhatikanlah dengan baik penjelasan dari customer service mengenai produk dan jenis-jenis tabungan yang akan Anda pilih. Termasuk keuntungan dan fasilitas yang akan Anda dapat. Pembuatan rekening ini bersamaan dengan pembuatan kartu ATM.
- Memilih Produk Tabungan yang Sesuai. Setelah itu CS akan memberikan pilihan produk tabungan apa saja yang bisa Anda pilih, dan apa saja keuntungan dari masing-masing tabungan tersebut. Jika CS sudah menjelaskan produk tabungan tadi, kini saatnya untuk Anda memilih produk tabungan apa yang Anda butuhkan. Fitur lainnya selain ATM ketika membuka rekening ini cukup beragam, misalnya internet banking dan mobile banking yang akan memudahkan Anda dalam proses transfer uang.
- Pilihan Cara Menabung di Bank. Setelah berhasil membuat nomor rekening, Anda bisa menabung di bank dengan berbagai cara. Berikut pilihannya : menggunakan slip setoran, melakukan transfer, dan ATM setor tunai.
No comments:
Post a Comment
see you